Thread: MIOM

Subscribe to this Thread
  1. #1
    `beBe's Avatar
    Join Date
    Oct 9, 2007
    Location
    Jakarta, Indonesia
    Posts
    482
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default MIOM

    bu mod..maap ya klo da ad thread ini sebelum nya.. tp kayanya belum kok.. hehe

    tremans, bagi2 donk info apa aj yg kalian tau ttg MIOM ini..
    cc gw kena nih Hidden Content uda 5cm an besarnya.. 2mg dpn mw k malay operasi..

    tapi kan katanya MIOM ini nempel di rahim ya?? nah, cc gw baru mo married th dpn.. dia takut banget. dan gw jg kasian banget sama dia..
    ad yg bisa rekomen mgkn dokter2 bagus di malay? thanks before..
    juga info apapun deh ttg MIOM ini yah .. tq...

  2. #2
    Beryl Frey's Avatar
    Join Date
    Oct 25, 2007
    Location
    yellowmellowland
    Posts
    1,172
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default RE: MIOM

    Hi bebe , bbrp temenku ada yg kena (temen2 gw ini sdh merit mua),

    temen A, tetap bs hamil walopun ada miom, jd janinnya hidup berdampingan dg miom selama didlm rahim, br pas melahirkan dicaesar skalian miomnya dibuang.
    temen B, lamaa bgt ga bs hamil krn ada miom, tp dia ga diOP, cm ditreatment aja, sampe skr blom bs hamil ..
    temen C, ada miom jg, trus akhirnya diOP, tp sampe skr blom hamil jg.

    Jd kesimpulan yg bs kuambil, kl uk.miomnya ga terlalu besar diameternya, biasa dokter ga saranin OP dulu (takut kl rahim diapa2in ntar malah susyah hamil),
    tp kl miom emang makin membesar, ya mo ga mo diOP.
    mungkin ccmu diameter miomnya sdh gede y?

    Udah pernah nyoba ke pengobatan alternatif kaya sinshe gitu ga? Byk yg miomnya bs mengecil tuh.
    Ato kl ga minta second opinion ma dokter kandungan laen Hidden Content

  3. #3
    Topaz chelinx's Avatar
    Join Date
    Sep 21, 2007
    Location
    Market Plaza
    Posts
    2,967
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default RE: MIOM

    dear bebe

    gue mantan penderita Miom
    menurut gue ,cc elo gak usah takut utk di operasi..krn sekarang operasinya udah ringan dan gak konvesional seperti jaman dulu...gue operasi cuma perlu waktu 1 jam krn sekarang udah ada metode operasi namanya laparaschopy ..perut kita cuma dimasukin alat di 3 titik yg sdh diberi tanda sama dokter..waktu gue operasi miom dan kista..gue masuk malam rabu..jumat pagi sdh plg dan seninnya sdh bs ke PIM :P

    dokter yg menangani gue canggih banget..gimana enggak..ada pasiennya yg kata dokter ginekologi lainnya harus diangkat rahimnya krn miomnya sdh sebesar bola kasti..tapi sama dokter ini miom pasien itu bisa di angkat tanpa di angkat rahimnya..
    dokter gue ini namanya Dokter Prof Wahyuhadisaputra ..dia praktek di rs Bunda menteng..tiap hari kamis dan jumat dr jam 4 sore sd selesai sama hari sabut pagi jam 8 pagi sampe selesai,kalau kesana harus janjian..krn yg ngantri banyakkk banget,dokternya ramah..dan dia salah satu kolege dokter ginekologi gue sebelumnya.cc elo bisa ty sama dia sampe puas..dia menangani pasien..bisa 1 pasien =1/2 jam..jadi bener-bener sama dia di observasi utk tahu detail ttg penyakit kita.

    Menurut pendapat gue..setelah gogle di internet dan diskusi dgn dokter..miom berukuran kecil atau besar harus di angkat...tdk ada istilah medis miom itu bisa mengecil..krn semakin di biarkan miom akan semakin membesar apalagi kalau di dalam tubuh kita hormon esterogennya terlalu tinggi,kalau di biarkan miom itu dapat menyebabkan kesakitan amat sangat waktu sedang haid dan jg dapat menyebabkan tekanan ke saluran kemih
    ooh iya nanti habis operasi Miom cc elo jg harus di biopsi..biasanya data ini dibutuhkan..utk mengetahui jenis benjolannya..kebetulan di perut gue masih byk benjolan2x lain seperti jerawat tapi tdk ganas namanya endometrosis jenis benjolannya dan tdk akan kambuh lagi asal gue menjaga pola makanan..gue disarankan dokter krn hormon esterogen gue tinggi (faktor keturunan) utk byk mengkonsumsi daging..menghindar makanan mengandung kacang kedelai seumur hidup Hidden Content

    eeh cc elo kenapa harus ke Malaysia?? disini dokternya udah byk yg bagus loh...utk dokter ginekologi,darah and bedah..indonesia sdh ada dokter bagus dan di negara lain mrk mengakuinya...

    soal gak bisa hamil habis operasi...bukan salah miomnya..tapi bisa saja pola makanannya yg kurang benar..sok tau ya gue hehehe
    gak kok..pasien dokter gue rata-rata habis operasi Miom bisa hamil kok..kalau gue belum hamil bukan krn faktor gue habis operasi..kebetulan suami py masalah dgn darahnya (faktor keturunan lagi) gitu deh

  4. #4
    Citizen mir@cle's Avatar
    Join Date
    Sep 7, 2007
    Location
    ___
    Posts
    1,759
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default RE: MIOM

    bebe...temen ku baru2 ini dioperasi miom. gejalanya yang haid ga berenti2 dan kalo haid bisa banyak banget. berhubung dia kurus sekali, dia bisa kerasa ada benjolan di perut bawahnya kalo diraba. akhirnya dia periksa ke dokter kandungan (karena dia belum married, jadi pemeriksaan hanya USG saja). baru diketahui kalo miom nya udah 13cm besarnya. awalnya, dia masih berusaha buang miom ini tanpa operasi. jadi dikasih obat supaya berhenti haid (temporary). tapi bukannya berhenti haid, dia malah sampe pendarahan gitu. akhirnya dia operasi di singapore (seperti operasi caesar, karena dia belom married) dan sekarang masih tahap pemulihan.

    menurut dokter2 yang dia datangi, miom ini bisa terjadi pada siapa pun dan tanpa sebab yang pasti. tapi dokter nya dia menyarankan supaya dia cepet punya anak setelah married nanti/ga boleh tunda punya baby. ga jelas juga kenapa...mungkin dikuatirkan akan susah punya baby kalo ditunda terlalu lama.

    betul kata chelinx deh. sekarang di indo banyak kok dokter2 kandungan bagus yang uda ahli tentang miom ini. tapi kalo elo mau coba yang di malaysia, temen nyokap gue pernah operasi miom di penang...ISLAND HOSPITAL namanya. hope the best for your sis..

  5. #5
    Topaz chelinx's Avatar
    Join Date
    Sep 21, 2007
    Location
    Market Plaza
    Posts
    2,967
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default RE: MIOM

    nah itu dia...kalau udah ketauan py miom tapi gak buru-buru diangkat
    salah satu efek jeleknya bisa haid gak berhenti dalam sebulan..ada temen gue tau-tau pendarahan aja..dia gak sadar ada miom padahal dia harusnya udah aneh pas tau kalau per 2 minggu selalu haid lagi
    kalau ada miom selain periode haid kita jarak siklusnya gak 21 hari or 1 bulan..darah yg keluar bisa seperti orang melahirkan..kalau gejala di gue..gue gak pernah haid lebih dr 2x dalam sebulan..tapi kalau haid pertama perut gue melilit seperti mules mau melahirkan..padahal waktu gadis gak pernah sakit kalau lagi haid..sebenarnya kalau curiga harus periksa..dasar gue cuek bebek :P
    memang setelah di angkat miom harus py anak..menurut dokter dan literatur gue baca..dokter dapat melihat lagi apakah ada pertumbuhan/perkembangan baru miom pasca operasi..kalau ada bisa diangkat..kalau tdk ada..berarti rahimnya bersih
    krn kata dokter miom bisa kambuh lagi bukan dalam hitungan bulan tapi tahun.

  6. #6
    Beryl Syita's Avatar
    Join Date
    May 31, 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,078
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default RE: MIOM

    bebe, nyokap gue juga punya miom kok. ketauannya waktu menjelang hamil gue, hmm, sekitar 19 atau 20 tahun yang lalu lah. terus dibawa ke dokter, kata dokternya enggak bermasalah jadi enggak perlu diangkat. nyokap gue dikasi obat tapi sama dokternya, gue enggak tau sih obat apaan itu. tapi nyokap gue emang oon, dia pikir itu obat udah mengandung kontrasepsi. ternyata malah sebaliknya, ada kandungan penyuburnya gitu deeh. jadilah gue si anak kebablasan :P :P

    terus setelah gue dilahirkan, ternyata si miom itu enggak ikut keluar. tapi enggak ngeganggu pertumbuhan janin juga soalnya gue tetep lahir sehat 3.8 kg Hidden Content . sampai sekarang sih tuh miom masi ada dan alhamdulillaah enggak ngeganggu apa-apa tuh Hidden Content

  7. #7
    Platinum
    Join Date
    Sep 14, 2008
    Location
    ~ Djakarta City ~
    Posts
    116
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: MIOM

    Aku mo ikutan sharing, mudah2an bermanfaat buat temen2 sekalian , mengenai miom yg berada di luar rahim/ jauh dr rahim.

    aku ada miom , tepatnya nov 2007 sampe skrg blm di operasi ( memang ga di saranin & dr info lain) . awalnya ga ada gejala apa2 . justru kebalikan dr tulisan di atas kalo yg bilang miom bisa mens ga berhenti2. justru waktu awal ketauan gue miom krn 1 bln ga mens2 ( biasa rutin ) . nah krn ga mens2 itu daku konsul ke dokter di RS Pluit (Dr. Andrie Ronggani, sp.OG), ama dia di USG , dr situ keatuan ada miom letaknya di luar rahim , ama dokter gak di saranin OP cuman di kasih obat namanya LEGRES ( antioksidan).

    Lanjut....
    besoknya daku cr 2nd opinion ke RS Family di Pluit juga, konsul ama Dr. Tjien Ronny Sp.OG, sama juga hasilnya ada miom sebesar 3mm . sama juga ga disaranin OP, malah ga di kasih obat apa2.
    malah gue yg ngotot mau operasi , malah dokter dgn santainya cmn pd bilang ga perlu operasi .malah dia cerita ttg pasien2nya yg ada miom. ada yg pasiennya punya miom udah segede kepalan tangan masih bisa hamil , baru di ambil barengan ama caesar.
    dokternya bilang sih ga boleh stres krn kalo stres malah memicu pertumbuhan miom. emang sih aku baca di google kalaw Terbentuknya Miom berawal dari gangguan fungsi syaraf yang disebabkan gangguan hormon estrogen serta emosi yang tak stabil. Gangguan fungsi syaraf ini selanjutnya akan menyebabkan kesalahan bentuk otot di dalam rahim atau uterus.

    Jujur ya waktu tau gue ada miom sejak saat itu juga jd imsomnia , dunia rasanya runtuh .. hehe . sedih banget deh rasanya , mana sendirian tinggal jauh dr ortu. Untung masih banyak temen2 aku yg kasih support dr mereka juga aku jd tau banyak ttg miom & search di google tentunya. Dan sejak saat itu juga aku ga mau stressan lagi , ga mau merasa sakit. berpikiran positif aja. meyakinkan diri gue sendiri bahwa gue itu sehat.
    sampe skrg aku hidup normal aja, miom masih ada , dan enggak ngeganggu apa2 , mens juga rutin tanggalnya, paling mulur 2 hari dan berhenti tepat pd waktunya pula.


    lanjut ...sekilas ttg miom.
    yg aku tau Hampir tiap wanita sebenarnya punya bakat adanya miom dalam tubuhnya, namun ukurannya beda2.
    Pada orang2 tertentu miom tersebut cenderung membesar, tergantung kondisi tiap orang & hal2 yang memicunya. Pemicu membesarnya miom itu secara garis besar ada 3 : Stress, Makanan, & Polusi .
    Untuk miomnya sendiri ada yang ga terlalu bermasalah, dalam arti letaknya jauh dari rahim dan berukuran kecil.

    sekian.
    Last edited by MayChan; Dec 13, 2008 at 03:32 PM.

  8. #8
    Emerald naboolicious's Avatar
    Join Date
    Mar 29, 2008
    Location
    Indonesia
    Posts
    627
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: MIOM

    yang sabar yah, MayChan Hidden Content

    btw, mao nanya... gejala yg sampe detik ini kamu rasain ada nggak???

    aku juga mao sharing dikit nih...

    1. tanteku yg tinggal di Medan juga habis operasi miom, rahimnya diangkat. tapi katanya gejalanya malah kayak org sakit ginjal.

    2. seminggu kemudian, giliran tanteku yg tinggal di sebelah rumah, operasi miom juga... rahimnya diangkat Hidden Content . kalo tanteku ini karena parno... makanya dia periksa ke dokter, cuma buat ceki2 doank. ehhh nggak taunya beneran ada miom...plus kista malah.
    We are selling "SUPERFOOD"
    IG @nomnomplate
    Blogshop : www.nomnomsuperfood.blogspot.com

  9. #9
    Platinum
    Join Date
    Sep 14, 2008
    Location
    ~ Djakarta City ~
    Posts
    116
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: MIOM

    naboolicious, thx say buat sharing & supportnya.

    sampai saat ini aku ga ngerasa apa2 , sakitpun enggak. malah aku raba2 di bag perut juga ga terasa apa2.yahh kayak normal aja .

    rencananya sih awal bulan dpn mau kontrol lg ke dokternya, doain ya temans.

    Oh ya dr info yg aku dgr miom ini akan mengempes dgn sendiri setelah kita monopause , trs waktu itu sempet tanya dokter kalo udah di angkat miom apa bisa tumbuh lagi ? dokter jawab Bisa, olah krn itu mungkin dokter2 t4 aku konsul tdk menyarankan operasi ya ???

  10. #10
    Citizen aizhiteroe's Avatar
    Join Date
    Jul 10, 2008
    Location
    Never ending traffic
    Posts
    1,666
    Mentioned
    4 Post(s)

    Default Re: MIOM

    nykp gua juga ada miom neh... tp dia ga mau OP... ada yg bisa kasi saran ga gmn?? pengobatan alternatif ato obat apa yg dah terbukti ampuh geto ngecilin??? n bener ga waktu menopause miomnya tar ilang ndiri??? coz yg gua denger jg geto... thanks
    Sometimes something better left unspoken

  11. #11
    Emerald naboolicious's Avatar
    Join Date
    Mar 29, 2008
    Location
    Indonesia
    Posts
    627
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: MIOM

    wish you all the best, MayChan...

    btw, kalo emang nggak ada efek apa2... yah emang mending nggak usah dioperasi yah...

    emang kalo dioperasi, rahimnya juga kudu diangkat yah??? apa krn dokternya tanteku aja yg kurang canggih y?? Hidden Content
    We are selling "SUPERFOOD"
    IG @nomnomplate
    Blogshop : www.nomnomsuperfood.blogspot.com

  12. #12
    Permanent Resident mioo's Avatar
    Join Date
    Jun 27, 2008
    Location
    jkt
    Posts
    911
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: MIOM

    Ikutan sharing.....
    Gw terdeteksi punya miom pada saat usg hamil anak pertama. Waktu itu ukurannya 2.5cm. Seiring pertumbuhan bayi, miom gw juga ikut membesar, tapi tidak membahayakan, karena lama" dia "kegencet" sama si baby. Hamil anak kedua juga dilihat miom itu masih ada, taoi Dr gw tidak nyaranin untuk operasi. Dilihat selama ini gw nggak ada keluhan, kalau mens teratur, tidak sakit dan durasinya normal 6-7 hari...
    Ya mudah"an sih sampai nanti tidak ada apa" ya....terakhir kontrol miom ini agak membesar sedikit, tapi gw lupa jadi berapa cm.......
    la lala laa...

  13. #13
    Topaz Gabrielle's Avatar
    Join Date
    Nov 15, 2008
    Location
    Sydney
    Posts
    2,957
    Mentioned
    1 Post(s)

    Default Re: MIOM

    Hidden Content Originally Posted by naboolicious Hidden Content
    emang kalo dioperasi, rahimnya juga kudu diangkat yah??? apa krn dokternya tanteku aja yg kurang canggih y?? Hidden Content
    ngga harus diangkat. mami gue berkali2 dulu dikuret miomnya, tapi ngga angkat rahim. tapi karena udah keseringan dikuret, trus pertimbangan udah umur dan udah ada anak 3 akhirnya rahimnya diangkat juga...

  14. #14
    Beryl yqt7supergirl's Avatar
    Join Date
    May 9, 2008
    Location
    Jakarta Utara
    Posts
    1,336
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: MIOM

    Girls Miom n endometrium sama gak sih?
    Open For Share SK-II Products : Stempower Ess | Whitening Source Clear Lotion | Whitening Spot Specialist | Skin Refining Treatment | Facial Clear Solution and SK-II Products Travel Size Hidden Content

  15. #15
    Topaz Gabrielle's Avatar
    Join Date
    Nov 15, 2008
    Location
    Sydney
    Posts
    2,957
    Mentioned
    1 Post(s)

    Default Re: MIOM

    beda dong say yqt, miom mah tumor sing nempel di rahim/oto rahim yang dari awal kita bicarain disindang, kalo endometrium ya nama keren dinding rahim kita. seenggaknya itu yang gue inget dari pelajaran kelas IPA dulu.

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Forum Jump