BPJS Kesehatan

Thread: BPJS Kesehatan

Page 1 of 69 1 2 3 11 51 ... LastLast
Results 1 to 15 of 1031
  1. #1
    Resident
    Join Date
    Jun 16, 2013
    Posts
    264
    Mentioned
    17 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Health Insurance

    Thread ini untuk membahasa program BPJS Kesehatan
    Hidden Content
    -Moderator


    Dah bbrp yg nanya ttg BPJS, tp blm ada yg review.. Yg udah daftar, pliss reviewnya ya..

    Important information from the thread:

    Hidden Content Originally Posted by rere Hidden Content
    Gue sudah daftar lewat BRI, soalnya kalo daftar online memang bisa tapi lama nunggu email konfirmasinya.

    Jadi setelah baca online bahwa daftarnya bisa di BRI, gue mampir aja ke BRI deket kantor. Ini terjadi sekitar 1.5 bulan yang lalu ya..... waktu itu kayaknya gue yg pertama mau daftarin BPJS. Awalnya customer servicenya aja gak tau caranya gimana, trus mereka usaha banget sampe datengin kantor BPJS segala. Butuh beberapa minggu bolak-balik (kalo gue sempet dan inget), tapi ya sudahlah, toh satu gedung. Akhirnya sudah berhasil mendaftarkan nyokap, ade dan pembantu gue Hidden Content

    Kalo mau daftar via bank (BRI, BNI dan Mandiri), cukup bawa KTP asli. Tapi harus e-KTP ya, karena nanti yang dipake nomer identitas di e-KTP itu. Kalo domisili beda dengan KTP, bawa surat keterangan domisili juga. Nanti pihak Bank akan masukin data kita, termasuk juga memilih tempat pelaksana jasa kesehatan tingkat 1 terdekat dengan alamat/domisili kita. Abis itu, dapet deh nomer anggota BPJS kita, dan tinggal bayar di teller.

    Bukti bayar itu yang harus dibawa ke kantor BPJS Kesehatan untuk bikin kartu. Enaknya kalo sudah bayar duluan, nggak perlu pake antri ambil nomer segala. Ada jalur khusus untuk peserta yang tinggal urus kartu.

    Yang diperluin buat urus kartu BPJS:
    - Bukti bayar bank
    - Copy kartu keluarga
    - Pas foto 3x4, 1 aja
    - Copy KTP aja buat jaga2
    Ngurus kartu bisa diwakilkan kok, gak usah dateng sendiri.

    Di kantor BPJS, tinggal isi formulir, trus nunggu kartunya dicetak. Total pengalaman ngurus kartu di kantor BPJS (gue di Jaktim) sekitar 1 jam saja. Mayan banget deh, dengan ngurus pendaftaran via Bank, gak perlu ngantri dari pagi.



    Hidden Content Originally Posted by lil_diamond Hidden Content
    barusan denger berita tentang KIS di metroTV jadi interested nih gugling tentang KIS..
    Mau nambahin yg udah diposting sama @Hidden Content di atas :

    Hidden Content

    Adapun Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Akmal Taher mengatakan kelebihan Kartu Indonesia Sehat terkait dengan penambahan pelayanan. Jaminan Kesehatan Nasional, kata dia, hanya melayani pengobatan atau kuratif. Sedangkan Kartu Indonesia Sehat juga menanggung preventif alias pencegahan penyakit.Akmal mengatakan tambahan pelayanan itu misalnya padaalat kontrasepsi. Pada Jaminan Kesehatan Nasional, metode yang ditanggung hanya sebagian alat kontrasepsi, seperti IUD, tubektomi, dan vasektomi. Namun, dengan Kartu Indonesia Sehat, semua layanan ditanggung pemerintah.
    Hidden Content Originally Posted by fan Hidden Content
    Titik terang hub BPJS n KIS, cuma ganti nama aja n sedikit ada perbaikan (KIS cakupannya lbh besar). Buat org yg kepo, ntar buntut2nya jd polemik, ini dibilang program pem lama bukan pem baru. Tapi setidaknya udah clear buat sy.

    Hidden Content .

    JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Nila Djuwita A Moeloek mengatakan bahwa Kartu Indonesia Sehat sama saja dengan Kartu Jaminan Kesehatan yang ada saat ini. Menurutnya hal itu hanya sebatas perubahan nama saja dari Kartu BPJS.

    "Iya jadi itu kartunya saja Kartu Indonesia Sehat, programnya tetap JKN (Jaminan Kesehatan Nasional," ujar Nila setelah rapat terbatas terkait program KIS di Kantor Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Jumat (30/10/2014).

    Sementara itu Direktur Bina Upaya Kesehatan Kemenkes Akmal menjelaskan lebih rinci mengenai KIS. Meskipun KIS hanya perubahan nama dari kartu BPJS sebelumnya, KIS memiliki cakupan yang lebih luas dari program BPJS.

    "Data (JKN) sekarang kan data rumah tangga, ini cakupan diperluas lewat KIS. Kenapa gelandangan dulu gak dapet (layanan BPJS) karena memang tidak tercakup dalam rumah tangga itu, ini semua penyempurnaan dari ini semua," kata dia.

    Nantinya KIS akan di launching langsung oleh Presiden Jokowi dan akan disalurkan melalui kantor pos di lima titik di Jakarta pada 3 November 2014. Pada tahap pertama sampai akhir 2014 itu, KIS akan dibagikan ke 19 provinsi. Sedangkan provinsi lainnya akan disalurkan pada tahap selanjutnya.
    Hidden Content Originally Posted by bukanagent Hidden Content
    @Hidden Content

    Kalo mau pake bpjs nya... Ya ke faskes satu dulu. Kalo nombok, pake as swasta reimburse

    Kalo dirujuk ke rs umum, pake bpjs lagi, minta naek kelas vip, lalu claim ke as swasta

    Tapi kalo penyakitnya ringan banget dan costnya kira2 rendah, limit askes swasta masih banyak (5juta per tahun), pake as swastanya aja langsung di rs swasta or dokter umum (reimburse)

    Kalo pake as swasta dulu baru claim ke bpjs sulit krn bpjs limit dalam rupiah kekecilan buat nambal kekurangan swasta...sedangkan sebaliknya "comprehensive cover" nya bpjs dapat diandalkan buat berbagai obat dan tindakan medis (bukan dihitung dalam rupiah tp pake standard INACBG's),baru kekurangannya ditambal pake as swasta yg dalam rupiah limitnya okei

    Pastikan cek ricek obat obatan yang dipakai dan tindakan medis apa aja yang mau dilakukan agar kedua asuransi bisa dipake optimal dan ga nombok lagi

    Hidden Content
    Jakarta - Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah salah satu program Presiden Joko Widodo yang telah direncanakan sejak masa kampanye. Hari ini, kartu tersebut diluncurkan bersama dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera dan Kartu Simpanan Keluarga Sejahtera (KSKS).

    KIS berfungsi sebagai kartu jaminan kesehatan, yang dapat digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis di fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjutan, sesuai dengan kondisi penyakit yang diderita penerima KIS. KIS merupakan perluasan dari program Jaminan Kesehatan Nasional yang diluncurkan pemerintah sebelumnya, yaitu pada 1 Januari 2014.

    Apa manfaat Kartu Indonesia Sehat dan perbedaannya dengan program jaminan kesehatan yang selama ini sudah berlaku? Berikut adalah penjelasan dari BPJS Kesehatan berdasarkan rilis yang diterima detikcom, Senin (3/11/2014).

    Apa perbedaan antara Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan BPJS Kesehatan?

    Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah Nama untuk Program Jaminan Kesehatan SJSN (JKN) bagi penduduk Indonesia, khususnya fakir miskin dan tidak mampu serta iurannya dibayarkan oleh pemerintah. BPJS Kesehatan adalah Badan Hukum Publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan SJSN (JKN). Jadi, KIS adalah program sementara BPJS Kesehatan adalah badan yang ditugaskan untuk menjalankan program tersebut.

    Apakah perbedaan antara Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Jaminan Kesehatan SJSN (JKN)?

    Secara kuantitas, sasaran peserta mengalami peningkatan yaitu sebanyak 1,7 juta jiwa yang berasal dari Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) untuk tahap awal. Secara kualitas, manfaat upaya kesehatan masyarakat juga tercakup di dalamnya selain manfaat upaya kesehatan perseorangan.

    Apakah semua jaminan kesehatan sebelumnya akan diganti?

    Kartu Askes, Kartu Jamkesmas, Kartu JKN-BPJS Kesehatan, KJS, e-ID BPJS Kesehatan masih tetap berlaku dan dapat dipergunakan untuk mendapatkan Jaminan Kesehatan SJSN (JKN). Untuk peserta baru yang berasal dari fakir miskin dan tidak mampu, secara bertahap akan diterbitkan KIS.

    Apakah mereka yang telah mendapat Kartu Indonesia Sehat (KIS), dapat segera memperoleh jaminan kesehatan?

    Iya, peserta yang sudah mendapat KIS dapat memperoleh manfaat jaminan kesehatan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku.

    Apakah prosedur pelayanan KIS sama dengan program jaminan kesehatan sebelumnya?

    Prinsipnya sama, tetap menggunakan sistem rujukan berjenjang. Untuk kontak pertama, peserta memperoleh pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dimana yang bersangkutan terdaftar. Jika perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut, maka dapat dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan. Dalam kondisi gawat darurat medis, peserta dapat langsung memperoleh pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan.

    Saat launching hari ini, berapa jumlah masyarakat yang mendapat KIS?

    Dalam acara launching ini, akan dibagikan KIS kepada 2.775 jiwa dari masyarakat fakir miskin dan tidak mampu dan 50 orang dari Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). 2.775 jiwa tersebut adalah 600 Kepala Keluarga beserta anggota keluarganya.

    Apakah hanya 2.775 jiwa dari masyarakat fakir miskin/tidak mampu dan 50 orang dari PMKS yang mendapatkan KIS tersebut?

    Untuk tahap awal, mereka yang mendapatkan KIS adalah Keluarga yang mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Simpanan Keluarga Sejahtera (e-money), dan Kartu Indonesia Pintar. Adapun mereka yang berasal dari PMKS, angka 50 orang tersebut adalah tahap awal launching, selanjutnya akan dibagikan kepada PMKS sesuai data yang akan diberikan oleh Kementerian Sosial.

    sumber : Detik.com
    Last edited by Lena; Dec 2, 2014 at 11:31 PM. Reason: Moved posts, create new thread

  2. #2
    Resident
    Join Date
    Jun 2, 2010
    Location
    Yogyakarta
    Posts
    259
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Health Insurance

    Iya nih ak jg penasaran sama BPJS, tp lum ada yg bisa sharing ya?
    Ak baru tau infonya sedikit2, ini copas dari status dosenku di fb:

    "Bagi yg belum terdaftar, kunjungi kantor Badan
    Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan
    (sebelumnya bernama kantor PT ASKES) terdekat mulai 2
    Jan 2014 mendatang.Setiap penduduk wajib utk menjadi
    peserta JKN. Yg perlu disiapkan: (1) fotokopi KTP & KK,
    (2) pasfoto berwarna ukuran 3 X 4 sebanyak 2 lembar.
    Setelah itu, bayar iuran yg sesuai dng pelayanan
    kesehatan yg diinginkan, yakni iuran per bulan masing-
    masing Rp 25.500 utk mendapatkan layanan kelas 3, Rp
    42.500 utk layanan kelas 2, dan Rp 59.000 utk kelas 1.
    Bila ingin dirawat di VVIP atau VIP jg bisa; tinggal bayar
    biaya 'cost-sharing' sisanya pada saat perawatan sakit.
    Dng membayar iuran JKN berarti menjalankan prinsip
    kegotongroyongan."Peserta yg mampu dpt membantu yg
    tdk mampu, peserta yg berisiko rendah dpt membantu
    peserta yg berisiko tinggi, dan peserta yg sehat dpt
    membantu yg sakit. SEBARKAN YA..... AYO DAFTAR dan
    DAFTARKAN KELUARGA ANDA SEBELUM SAKIT, JANGAN
    LUPA KARYAWAN DAN PEMBANTU DI RUMAH JG
    BISA....({})Info lebih lanjut hubungi Halo Askes (BPJS)
    500400, Halo Kemkes 500567, sehat negeriku.

  3. #3
    Newcomer cashmere's Avatar
    Join Date
    Jan 17, 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    75
    Mentioned
    15 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Health Insurance

    nicka_pr setau gw sih, kalo lo bukan breadwinner ga perlu lah ikut asuransi jiwa, karena fungsi utamanya kan buat cover kebutuhan hidup orang2 yang ditinggalkan.
    kalo askes semua orang harusnya punya, imho. banyak kok askes yang pure tanpa asji, cuman emang susah-susah gampang minta ke agen karena suka ditawarin macem2..

    ibu gunawan, uniqjbr gw secara otomatis langsung ikut dalam BPJS karena pekerjaan siihh Hidden Content tapi kalo punya budget lebih, mending ikutan yang swasta punya. bukannya gak mendukung program pemerintah sih, tapi karena baru diterapin pelaksanaannya di lapangan juga masih belom memuaskan. temen2 gw yang dokter masih bingung euy ngurusin pasien BPJS

  4. #4
    Permanent Resident maysella's Avatar
    Join Date
    Apr 19, 2010
    Location
    jakarta
    Posts
    881
    Mentioned
    44 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default

    @cashmere
    Km pns ya mak?
    Sekedar sharing aja, kemarin baru kejadian sama sodara temen aku sendiri yg kerja jd pns. Aku stujuu sm mak cashmere kalau ada uang lebih mendingan nabung di swasta, krn sodaranya teman aku itu pns dan dia masuk rs saat askes uda ganti ke bpjs, tp malah pihak rs nya yg ga mau resiko jdnya dia tetap diminta dp segala, akirnya malah ga di cover lho. Dy sampe blg untuk claimnya seperti perlu keajaiban untuk keluar. Padahal notabenenya kan bpjs hrusnya lebi works untuk pns, kalau mereka aja yg susah gimana masyarakat yg umum. Soalnya kita beli asuransi kdg sukka terbuai muurah dsb, tp kalauu pd saat kita claim susah dan malah ga kuar, ga ada gunanya jg toh Hidden Content

  5. #5
    Newcomer cashmere's Avatar
    Join Date
    Jan 17, 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    75
    Mentioned
    15 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Health Insurance

    maysella
    iya mak, aku pns. berhubung suamiku wiraswasta dia nyari asuransi sendiri buat kita berdua. sebelum jadi BPJS askesnya sih fine-fine aja, tapi secara aku lagi hamil dan rutin ke dokter ya bok, tak maulah aku melahirkan dengan coverage minimum ala BPJS itu..

  6. #6
    Immigrant
    Join Date
    Nov 3, 2013
    Posts
    204
    Mentioned
    104 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Health Insurance

    Cashmere, kebetulan aku jg pns. Setauku kalo bpjs fasilitas tergantung golongan. Jadi kalo gol.3 ke atas dapet kelas 1. Kalo mau vip or vvip bayar selisihnya.. Saran aku siy dimanfaatin aja bpjs nya sampe batas maksimal baru sisanya di pakein askes swasta..

  7. #7
    Resident meli_amelia's Avatar
    Join Date
    Feb 28, 2011
    Location
    Bandung
    Posts
    466
    Mentioned
    101 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Health Insurance

    cashmere, aku juga pns. dulu lahiran SC di rs yang tidak bekerja sama dengan askes. Pas keluar, aku minta rincian biaya bermaterai plus surat diagnosa dokter (knapa harus dilakukan SC). Setelah akte lahir keluar, berkas2 tsb dibawa ke askes. lumayan dapat penggantian 4,3juta.
    tp kalo ga mau nombok banyak, lebih baik berobat di rs yang bekerjasama bpjs aja ya.
    you are everything and everything is you...

  8. #8
    Resident meli_amelia's Avatar
    Join Date
    Feb 28, 2011
    Location
    Bandung
    Posts
    466
    Mentioned
    101 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Health Insurance

    Menurutku bpjs lumayan. Banyak yg dicover. Kuncinya ribet dan sabar. Rawat di rs swasta yg bekerjasama dgn bpjs memang masih diminta deposit, ntar pas keluar, baru keluar itung2an harus nambah berapanya. Kalo rawat ke rumah sakit pemerintah bisa sampe gratis tapi musti ribet urus surat2 rujukan dan sabar antri Hidden Content . Sebanding ya dengan murahnya.

  9. #9
    MarketPlaza Certified Seller NewcomerElite Citizen lucy's Avatar
    Join Date
    Jun 9, 2008
    Location
    bintaro
    Posts
    3,939
    Mentioned
    803 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Health Insurance

    Bulbul, mertua gw pensiunan PNS, dia ada askes / BPJS. awal maret ini dia kena thypus, tadinya ga mau opname, tp krn kondisinya memburuk, jd kita bawa ke UGD paviliun kartika RSPAD, emang uda langganan disitu.
    katanya sih kl di RSPAD nya ga usah deposit, kl ga salah disitu full ditanggung. tp kita minta di paviliun kartika, ambil kelas VIP, awalnya deposit 2jt aja (murah mengingat bokap gw waktu sakit jantung bolak balik msk RS, deposit rata2 minta 10-20jt ya)
    trus seminggu disana, total abis 19jt an. pas mau pulang, diminta deposit lg 8jt. jd gw bayar total 10jt.
    katanya nanti setelah diitung dikabarin uangnya lebih apa kurang. beberapa hari kemudian ditelp, kurang skitar 1jt. jd ditanggung 8jt an. mayan sih mnrt gw ya.

  10. #10
    MarketPlaza Certified Seller NewcomerElite Citizen lucy's Avatar
    Join Date
    Jun 9, 2008
    Location
    bintaro
    Posts
    3,939
    Mentioned
    803 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Health Insurance

    Ladies, sorry kalo pertanyaan nya silly.
    BPJS itu boleh buat siapa aja atau khusus PNS dan org tidak mampu ya?
    Kalo mertua gw kan punya krn memang dulu PNS. Dan gw pikir selain itu hanya utk yg tidak mampu.
    Tp kalo memang bole buat siapa aja, mayan jg ya buat jaga2.

  11. #11
    Gold
    Join Date
    Mar 21, 2013
    Posts
    86
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Health Insurance

    BPJS itu boleh untuk siapa aja, jika mampu ya bayar premi tiap bulan :
    rawat inap kelas 1 : 59.500/bulan
    kelas 2 : 45.500/bulan
    kelas 3 : 25.500/bulan

    rekanan rumah sakitnya terbatas dan ngga bisa pilih dokter, tp lumayan buat jaga-jaga

  12. #12
    Resident
    Join Date
    Oct 17, 2013
    Posts
    257
    Mentioned
    155 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Health Insurance

    Tambahan untuk bpjs ya...
    Tarif kelas itu hanya berlaku untuk amenities ya, obat2 tetep generik dan obat2nya juga sangat terbatas. Biaya rawat sesuai paket diagnosis (sesuai dengan tarif Ina cbg's). Nah yang jadi masalah biasanya di paket ini kalau untuk RS Pemerintah mungkin nggak masalah kita akan dirawat sampai sembuh tapi bila dirawat di RS swasta (yang kerjasama dg bpjs ya) bila plafon paket sdh habis maka semua tergantung kebijaksanaan RS apakah akan dirujuk atau ditarik iur biaya.
    Yang menguntungkan dari bpjs adalah siapapun bisa masuk jadi mereka yang punya per existing condition sangat diuntungkan
    Kelemahan yang lain kita tidak bisa langsung ke RS ya harus melalui rujukan Puskesmas atau dokter keluarga

  13. #13
    Resident
    Join Date
    Oct 17, 2013
    Posts
    257
    Mentioned
    155 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Health Insurance

    Sebenarnya kepesertaan bpjs ini wajib untuk semua WNI bertahap sampai th 2019. Premi seumur hidup dan ada denda 2% per bulan bila terlambat bayar

  14. #14
    Resident ibu gunawan's Avatar
    Join Date
    Dec 6, 2009
    Location
    pekanbaru
    Posts
    340
    Mentioned
    23 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Health Insurance

    tambahan buat BPJS..
    gw uda bpjs yang kelas 1. kemaren suami maghnya kumat..uda ke klinik yang ditunjuk..tapi ga ada perubahan, setelah 3 hari kita balik lagi ke klinik dan minta rujukan ke RS swasta yang ditunjuk..
    di RS dilayani cepet dan obat memang generik. cuma pas ke adminnya kita kena biaya umum..saya tanya kenapa jawabannya karena pasien datang kurang dari jam 9 malam (termasuk tidak emergency) dan pasien tidak menunjukkan gejala darurat seperti demam 40 derajat, hilang kesadaran dan tidak ditemukan indikasi berbahaya..
    Syakeela Ayesa

    Personal Blog

  15. #15
    Quartz
    Join Date
    Nov 23, 2013
    Location
    cianjur
    Posts
    306
    Mentioned
    4 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Health Insurance

    hai mak mak baru mau asuransi sblumnya blum pernah nih hehe
    mau tanya kalo BPJS itu 1asuransi BPJS untuk 1 keluarga , atau cuma berlaku untuk 1org aja ya perlindungannya ? Maap nih mash buta banget sama yg ke beginian ,..

Page 1 of 69 1 2 3 11 51 ... LastLast