Results 46 to 60 of 77
-
Aug 22, 2016, 10:50 AM #46
- Join Date
- Nov 10, 2010
- Posts
- 2
- Mentioned
- 0 Post(s)
- Tagged
- 0 Thread(s)
Re: All about Online Business with Veritrans
Luar biasa! Informatif skali thread nyaaa. Makasih Veritrans udah berbagi ilmu.
-
Oct 18, 2016, 03:00 PM #47
- Join Date
- Oct 18, 2016
- Location
- Bekasi
- Posts
- 7
- Mentioned
- 0 Post(s)
- Tagged
- 0 Thread(s)
Re: All about Online Business with Veritrans
Wah pas banget pas lagi kepikiran jualan online dan buka thread ini, semoga aja bisa segera terwujud dan ilmu2 nya bs di terapkan nanti. Thanks Veritrans buat ilmunya Hidden Content Hidden Content
-
May 15, 2017, 03:51 PM #48
- Join Date
- May 15, 2017
- Location
- Indonesia
- Posts
- 22
- Mentioned
- 0 Post(s)
- Tagged
- 0 Thread(s)
Veritrans now becomes Midtrans!
Hi all!
Veritrans is back with fresher and new name Hidden Content
Sejak 20 Oktober 2016, Veritrans secara resmi berganti nama menjadi Midtrans. Midtrans adalah sebuah leading payment getaway startup di Indonesia yang membantu untuk memberikan kemudahan transaksi pembayaran online bagi para pelaku bisnis online dan customer. Midtrans saat ini telah dipercaya untuk mengelola berbagai macam perusahaan e-commerce di Indonesia seperti Garuda Indonesia, Tokopedia, Bukalapak, Berrybenka, dan masih banyak lagi.
Midtrans saat ini terus berkembang dan memiliki beberapa produk yang dapat membantu Anda untuk dapat meningkatkan penjualan bisnis online. Here are our products:
1. Payment Service
Sebuah layanan halaman pembayaran yang dapat mempermudah para pelaku E-commerce untuk menerima, mengelola, dan mengirim pembayaran online dengan mudah dan aman melalui berbagai macam metode pilihan pembayaran seperti bank transfer, credit card, e-wallet, direct debit, dan over the counter.
2. Risk Management (AEGIS)
Sistem untuk mendeteksi pembayaran yang mencurigakan melalui AEGIS, sebuah Pattern Detection System Midtrans dengan memanfaatkan teknologi terbaru yang mengkombinasikan manusia dan mesin pintar untuk dapat menganalisis dan mengelola risiko.
3. Chat Commerce (Prism)
Sebuah layanan sistem chat commerce yang dapat membantu bisnis Anda dalam memberikan kemudahan berbelanja bagi customer dan meningkatkan transaksi melalui interaksi aktif dengan para customer. Let's convert chats to transactions!
Check our services on Hidden Content and let’s grow your online business together with us!
-
May 15, 2017, 04:11 PM #49
- Join Date
- May 15, 2017
- Location
- Indonesia
- Posts
- 22
- Mentioned
- 0 Post(s)
- Tagged
- 0 Thread(s)
Re: All about Online Business with Veritrans
Halo @Hidden Content
Thank you for your question!
Midtrans saat ini dapat memfasilitasi pembayaran melalui credit card, bank transfer, direct debit, e-wallet, dan over the counter. Kami dapat diintegrasikan dengan berbagai macam platform e-commerce seperti woocommerce, magento, shopify, sirclo, wordpress, dan lain-lain.
Fee pun dapat dibebankan kepada customer. Untuk lebih jelasnya boleh pm ke kami no hape yang bisa di hub?
-
May 15, 2017, 04:40 PM #50
- Join Date
- May 15, 2017
- Location
- Indonesia
- Posts
- 22
- Mentioned
- 0 Post(s)
- Tagged
- 0 Thread(s)
Re: All about Online Business with Veritrans
Untuk penentuan harga barang bekas dapat dilihat dari beberapa macam aspek nih, yaitu:
1. Kondisi Barang Bekas
Ini adalah faktor utama dalam menentukan harga barang bekas yang akan kamu jual. Kondisi ini dapat dilihat dari kondisi fisik maupun fungsi dari barang kamu. Apabila kondisi barang semakin baik maka harga pun akan bisa semakin tinggi.
2. Keunikan Barang
Langkah selanjutnya adalah kamu harus menilai apakah barang yang akan kamu jual ini memang masih banyak beredar di pasaran atau ternyata sudah jarang ditemukan lagi. Apabila memang barang yang kamu jual itu unik dan langka, maka nilai barang bekas kamu pasti memiliki nilai yang lebih tinggi.
3. Survey Harga Pasaran
Salah satu hal yang paling penting adalah membandingkan harga jual barang bekas yang serupa sehingga kamu mengetahui berbagai macam range harga barang yang ingin kamu jual dalam berbagai macam kondisi. Survey ini dibutuhkan untuk menghindari kamu memasang harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Saat ini sudah banyak website-website penjualan barang bekas yang dapat kamu kunjungi untuk dapat membandingkan harga seperti OLX, Prelo, Carrousel, dan lain-lain.
Semoga jawabannya dapat membantu yaaaa!
- - - Updated - - -
Halo Frenchie!
Saat ini sudah banyak aplikasi atau website e-commerce yang dapat memfasilitasi kamu untuk dapat mengembangkan bisnis online, seperti Tokopedia, Bukalapak, dan website e-commerce lainnya Hidden Content
- - - Updated - - -
Hello Celrish!
Please feel free to ask us about online business. Sukses terus untuk rencana-rencana kedepannya yaaa Hidden Content
-
May 17, 2017, 11:32 AM #51
- Join Date
- May 15, 2017
- Location
- Indonesia
- Posts
- 22
- Mentioned
- 0 Post(s)
- Tagged
- 0 Thread(s)
How to Pick a Perfect Name for Your Online Stores
Hi Para Womenpreneur!
Well, tidak dapat dipungkiri ya bahwa salah satu yang paling sulit dalam memulai bisnis online adalah pemilihan nama. Yes! Nama menjadi sangat penting karena selain memunjukkan brand identitas, nama toko online dapat membantu brand tersebut untuk semakin dikenal di tengah pasar persaingan yang ketat. So, today Midtrans will share to you several tips on picking a perfect name for your Online Stores!
1. Pilihlah nama yang singkat dan sederhana
Menamai toko online anda dengan sesuatu yang singkat dan sederhana adalah keharusan agar namanya mudah diingat dan mudah diucapkan. Hal ini sangatlah penting untuk menghindari ambiguitas dan merupakan satu cara membuat toko online anda dapat dengan mudah dipromosikan melalui mulut ke mulut. Terlebih lagi, pada saat brand toko online anda sudah besar, nama tersebut akan diucapkan berulang-ulang di radio atau video.
2. Pilihlah nama yang unik dan relevan dengan produk yang ditawarkan
Jangan menggunakan kata umum yang sering digunakan. Gunakanlah angka bila diperlukan agar lebih spesifik. Hal ini berlaku terutama untuk toko online di Instagram atau toko online di Facebook karena semakin unik nama toko online anda akan semakin mudah dicari oleh konsumen. Relevansi dengan produk yang ditawarkan juga merupakan hal yang tak kalah penting sehingga orang akan otomatis tahu produk yang anda jual hanya dengan mendengar nama toko online anda.
3. Cek nama tersebut di google
Di dunia yang sudah semakin berkembang ini, hampir semua hal dapat dicari melalui Google. Carilah nama yang anda inginkan di google dan lihatlah hasilnya. Hal ini untuk memastikan bahwa nama tersebut tidak terkait dengan hal-hal yang tidak baik atau memiliki makna yang kurang baik dalam bahasa apapun.
4. Pastikan anda bisa memberi trademark pada nama ini
Jika anda serius ingin mengembangkan brand perusahaan anda bahkan hingga ke kancah internasional, anda harus memeriksa USPTO.gov terlebih dahulu untuk melakukan pengecekan dan memastikan kalau nama tersebut belum pernah di trademark sebelumnya dimanapun juga. Karena apabila kalian menggunakan nama yang sudah ditrademark, ada kemungkinan toko online anda bisa dituntut oleh pemilik trademark yang bersangkutan.
Jadi, apakah sudah ada inspirasi untuk nama online store kalian? Yuk pada share nama online storenya di forum ini yaa!
Source: Blog Shopify, Startupbisnis
-
May 22, 2017, 10:44 AM #52
- Join Date
- May 15, 2017
- Location
- Indonesia
- Posts
- 22
- Mentioned
- 0 Post(s)
- Tagged
- 0 Thread(s)
Bagaimana cara meningkatkan penjualan online Anda?
Hello, Ladies!
Jika saat ini Anda sedang memimpikan memiliki toko online dengan omset milyaran rupiah, berikut Midtrans berikan beberapa tips cara bagaimana untuk meraih impian Anda dengan meningkatkan penjualan!
Meningkatkan jumlah pengunjung pada website
Pada umumnya jumlah penjualan yang minim disebabkan oleh jumlah pengunjung yang sedikit pada toko online Anda. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:
Memasang iklan. Anda bisa mulai menggunakan layanan PPC (Pay per Click) yang disediakan oleh Google & Facebook untuk mengiklankan barang-barang yang anda jual. Selain itu, Anda juga bisa mengiklan di space yang disediakan oleh online media yang sesuai denga target audience Anda.
Social media. Manfaatkan social media (Facebook, twitter & Instagram) untuk memperkenalkan brand & produk-produk Anda. Social buzzer dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah fans & followers, sehingga setiap promosi yang Anda lakukan di social media akan mecapai audience yang lebih luas.
Bergabunglah di komunitas. Beberapa jenis barang akan lebih laku jika Anda bisa memasarkan langsung ke komunitas tertentu. Seperti: spare parts kendaraan bermotor, tas branded, paket wisata alam, dll. Dengan promosi langsung ke komunitas-komunitas tersebut, Anda akan mencapai audience yang lebih tertarket
Meningkatkan rata-rata setiap pembelian
Jika toko online Anda memiliki variasi produk yang banyak, strategi ini akan sangat efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:
Cross selling product. Anda dapat memberikan rekomendasi barang lain yang relevan kepada customer yang hendak membeli barang tertentu. Misalnya: Rekomendasi membeli screen protector iphone atau case iphone untuk customer yang sedang membeli iphone.
Discount bundle. Anda bisa memberikan potongan harga untuk customer, jika customer tersebut membeli dalam jumlah yang lebih banyak atau jika dia membeli bundle produk tertentu.
Discount volume. Selain secara bundling, discount juga bisa diberikan secara volume untuk meningkatkan rata-rata pembelian. Misal: Discount 15% untuk customer dengan minimal pembelian sebesar Rp 300.000,-
Menambah lini produk yang Anda jual
Strategi ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan di toko online Anda. Karena dengan lini produk yang Anda jual, customer akan memiliki lebih banyak pilihan.
Perluas lini produk yang ada. Anda bisa mulai dengan menganalisa barang-barang yang laku di toko online Anda atau pesaing, lalu tambahkan brand, warna atau ukuran baru ke toko online Anda.
Tambahkan lini produk baru. Cara ini dapat dilakukan dengan menambah jenis produk yang berbeda dari yang sudah ada. Tetapi lebih baik jika tambahan produk baru tersebut masih memiliki target audience yang sama. Misal: Jika saat ini Anda menjual produk fashion seperti baju, celana, dress & accessories, anda bisa menambahkan produk-produk kecantikan.
Permudah customer anda dalam bertransaksi
Perbaiki flow website. Salah satu alasan utama customer batal bertransaksi adalah flow pembelian yang terlalu panjang. Pastikan bahwa proses pembelian customer tidak lebih dari 7 step, dari customer memilih barang hingga selesai membayar.
Perbanyak channel pembayaran. Channel pembayaran yang bervariasi akan memudahkan customer untuk melakukan pembayaran. Beberapa Hidden Content adalah kartu kredit, mandiri clickpay, CIMB Clicks, BCA Klikpay & Bank transfer. Integrasi dengan masing-masing metode pembayaran sangat dimudahkan dengan adanya Midtrans.
Menaikan tingkat kepercayaan. Kepercayaan terhadap toko online Anda sangatlah penting. Beberapa cara dapat anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan tersebut, misal : menunjukan testimoni pelanggan, menunjukan kontak & lokasi kantor secara jelas, menggunakan payment gateway yang terpercaya.
Selain menerapkan cara-cara di atas, perlu diingat juga bahwa setelah Anda menerapkan strategi tersebut, Anda perlu mengukur seberapa besar dampak strategi tersebut terhadap penjualan di toko online Anda.
Selamat mencoba!
Source : Hidden Content
-
May 26, 2017, 11:58 AM #53
- Join Date
- May 15, 2017
- Location
- Indonesia
- Posts
- 22
- Mentioned
- 0 Post(s)
- Tagged
- 0 Thread(s)
Tips Meningkat Kepercayaan Pembeli pada Toko Online
Hi, Ladies!
Bagi sebuah toko online, memperoleh kepercayaan dari pelanggan sangatlah penting. Survey menunjukan factor kepercayaan menjadi hambatan orang bertransaksi online. Tanpa kepercayaan dari pelanggan, kelangsungan toko online tidak akan bertahan.
Berikut Midtrans akan memberikan beberapa cara untuk membuat kepercayaan pembeli terhadap Toko Online kamu meningkat!
1. Gunakan web design yang professional
Design website toko online sangatlah penting karena bisa mempengaruhi kesan pertama pelanggan terhadap toko online Anda. Logo, design theme dan warna harus disesuaikan dengan target pasar toko online Anda. Carilah referensi beberapa referensi toko-toko online di Indonesia, seperti Blibli, Berrybenka, Lazada dll untuk mengetahui design yang mereka gunakan.
Tak kalah penting, pastikan semua data di dalam website harus dienkripsi untuk menghindari kebocoran data dan juga gunakan ‘Privacy Policy’ yang menjanjikan pelanggan bahwa data mereka terjaga saat berbelanja di toko online Anda.
2. Cantumkan identitas toko online
Detail mengenai toko online sebaiknya dicantumkan, mulai dari alamat email, nomor telepon dan informasi lainnya agar pelanggan merasa yakin tentang legalitas toko online Anda. Kalau perlu, cantumkan juga akun Facebook & twitter yang terhubung dengan toko online Anda, untuk menunjukan kredibilitas toko online Anda.
3. Buat pelanggan anda puas dengan layanan yang diberikan
Ada beberapa cara untuk memastikan kepuasan pelanggan seperti membuat refund policy, mengirim barang tepat pada waktunya dan memberikan produk garansi pada pelanggan. Tidak hanya itu, toko online juga sebaiknya harus cepat tanggap dalam menghadapi complain dari pelanggan. Bahkan setelah transaksi terjadi, alangkah baiknya jika menghubungi pelanggan anda dan tanyakan apakah mereka puas dengan layanan yang diberikan. Dengan begitu toko online dapat senantiasa mengembangkan layanan yang diberikan. Tips ini tidak hanya berlaku untuk toko online yang sudah memiliki website, melainkan juga berlaku untuk toko online di Facebook maupun toko online di Instagram karena pelayanan yang baiklah yang akan membuat pelanggan kembali menggunakan layanan Anda di kemudian hari.
4. Integrasi dengan Online Payment Gateway yang terpercaya
Pelanggan akan enggan berbelanja apabila pada saat melakukan pembayaran via online, mereka tidak yakin dengan sistem pembayaran yang digunakan. Apalagi di jaman sekarang ini, dimana kecurangan transaksi online sering terjadi, pelanggan tidak akan mau mengambil resiko tersebut. Bagi toko online yang sudah terintegrasi dengan layanan pembayaran online, alangkah baiknya jika logo provider payment gateway dicantumkan agar meningkatkan kepercayaan pembeli.
Mudah kan? Yuk tingkatkan kepercayaan pembeli Toko Online-mu dan tingkatkan penjualan Hidden Content
Sumber: Hidden Content , Riyadbank
-
May 29, 2017, 03:53 PM #54
- Join Date
- May 15, 2017
- Location
- Indonesia
- Posts
- 22
- Mentioned
- 0 Post(s)
- Tagged
- 0 Thread(s)
Keuntungan Memiliki Sistem Pembayaran Online di Toko Onlinemu!
Hello Ladies!
Okay kalau sebelumnya Midtrans menjelaskan nih beberapa cara untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap Toko Online kamu, sekarang Midtrans akan menjelaskan pentingnya menggunakan sistem pembayaran online untuk Toko Online mu.
Jadi, Sistem pembayaran adalah salah satu komponen penting dari sebuah Toko Online. Bayangkan betapa nyaman dan mudahnya apabila pelanggan dapat melakukan pembayaran toko online secara langsung tanpa perlu ke ATM. Secara tidak langsung, menyediakan fasilitas pembayaran online adalah salah satu cara meningkatkan penjualannya di toko online dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Tidak hanya mempermudah pelanggan, pemilik toko online juga lebih mudah untuk melakukan rekonsiliasi pembayaran yang sudah diterima.
Berikut ini ada beberapa keuntungan memiliki sistem pembayaran online di toko online:
1. Transaksi jual beli yang lebih aman
Untuk menyediakan layanan pembayaran online, tentunya website anda harus terlebih dahulu terintegrasi dengan online payment gateway tertentu. Ketika pelanggan melakukan pembayaran online, dana tersebut akan otomatis masuk ke akun toko online. Dengan begitu resiko finansial anda sebagai pemilik toko online akan berkurang dan anda tidak perlu khawatir lagi tentang kecurangan transaksi karena online payment gateway umumnya dilengkapi dengan sistem pendeteksi fraud.
2. Pelanggan dapat membayar dengan lebih banyak cara
Semakin banyak cara alternatif untuk membayar, tentunya akan semakin fleksibel bagi pelanggan saat berbelanja. Sistem pembayaran online tentunya akan menyediakan beberapa fasilitas pembayaran online seperti kartu kredit, pembayaran online yang mengunakan layanan direct debit dari bank tertentu seperti Mandiri ClickPay, CIMB Clicks, e-Pay BRI, BCA Klikpay dan juga bank transfer.
Pembayaran kartu kredit juga mengijinkan pelanggan untuk melakukan promosi cicilan barang yang mereka beli, terutama untuk barang yang berharga mahal. Oleh karena itu, dengan menyediakan layanan seperti ini, penjualan tentunya akan meningkat.
3. Meningkatkan kepercayaan pelanggan
Dengan terintegrasi dengan online payment gateway yang terpercaya, pelanggan akan merasa lebih yakin saat berbelanja. Mereka tidak lagi takut untuk memberikan nomor kartu kredit mereka saat berbelanja online di website tersebut.
Jadi bagi kamu yang sudah memiliki toko online di Facebook, toko online di Instagram atau toko online di website sendiri, pastikan pelanggan Anda bisa melakukan pembayaran online pada saat berbelanja. Yuk share disini siapa aja yang Toko Onlinenya sudah menerapkan sistem pembayaran online! Hidden Content )
Sumber: Hidden Content , Hidden Content , Hidden Content
-
Jun 2, 2017, 11:02 AM #55
- Join Date
- May 15, 2017
- Location
- Indonesia
- Posts
- 22
- Mentioned
- 0 Post(s)
- Tagged
- 0 Thread(s)
Tips Menetukan Harga Produk di Toko Onlinemu!
Hi Ladies!
Salah satu kegalauan saat kita hendak memulai bisnis toko online kita tentu saja dalam penentuan harga. Harga produk tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu faktor penentu apakah customer akan berbelanja di toko online kamu. Berikut Midtrans akan memberikan beberapa tips yang dapat membantu kamu untuk menentukan harga produk. Yuk, dibaca!
Lalu, bagaimana cara menetapkan harga produk? Ketahuilah poin-poin di bawah ini:
1. Biaya yang Dikeluarkan
Dasar dari bisnis yang baik adalah ketika kamu dapat menutupi biaya produksi dan mendapatkan profit sebelum dijadikan harga akhir. Kamu perlu tahu berapa banyak biaya yang kamu keluarkan, kemudian ketika menambahkan margin keuntungan, kamu juga perlu tahu berapa banyak unit yang perlu dijual untuk menghasilkan keuntungan.
2. Target Pendapatan
Kamu harus memiliki target pendapatan untuk dapat menentukan seberapa banyak keuntungan yang ingin didapatkan dari bisnis. Tentukan target pendapatan serta biaya untuk produksi, pemasaran, dan penjualan produk, lalu tetapkan berapa harga per produknya. Estimasikan juga jumlah produk yang akan kamu jual tahun depan. Kemudian bagi target pendapatan kamu dengan jumlah target penjualan kamu. Sekarang, kamu dapat melihat berapa harga jual yang dibutuhkan untuk mencapai target pendapatan dan keuntunganmu.
3. Pesaing
Jangan tiru pesaing kamu, tapi kenalilah gerak-gerik mereka. Jangan menghabiskan terlalu banyak energi untuk mereka, tetapi dengan mengikuti mereka, kamu bisa mendapatkan ide bagus, tips, petunjuk, bahkan informasi tentang pelanggan juga.
4. Pelanggan
Memahami pelanggan itu penting. Diskon yang kamu berikan bisa membantu atau bahkan berbahaya bagi produk kamu, tergantung pada produk yang Anda jual. Tidak ada salahnya jika menanyakan ke pelanggan untuk memberikan idenya mengenai harga produk Anda. Hal ini dapat memberikan pencerahan untuk Anda juga.
5. Pasar
Kamu harus mencari faktor luar yang akan memengaruhi permintaan produk di masa depan. Faktor-faktor ini mungkin sederhana seperti pola cuaca jangka panjang atau undang-undang yang dapat memengaruhi masa depan penjualan produkmu.
6. Harga
Komponen kunci lain dalam menentukan harga produk yang tepat adalah terus memantau harga dan profitabilitas secara teratur. Kamu harus tahu sejauh mana setiap produk yang Kamu jual berkontribusi untuk mencapai tujuan Kamu dalam mendapatkan uang setiap bulannya.
“Fungsi + Manfaat yang diperoleh = Nilai”. Sejauh Anda bisa menciptakan nilai bagi pelanggan, dia akan dengan senang hati membayarnya. Itu dia kunci dalam menentukan harga produk toko onlinemu Hidden Content
Sumber: Hidden Content
-
Jun 5, 2017, 11:47 AM #56
- Join Date
- May 15, 2017
- Location
- Indonesia
- Posts
- 22
- Mentioned
- 0 Post(s)
- Tagged
- 0 Thread(s)
Tips Mengambil Foto untuk Produk Toko Onlinemu
Hello Ladiespreneur!
Setelah menentukan harga produkmu, salah satu hal yang amat penting untuk dapat mendorong customer untuk membeli produkmu adalah foto produk. Foto produk menjadi salah satu penentu apakah pengunjung jadi membeli produk Anda atau tidak. Sehingga tidak heran kebanyakan pemilik toko online berinvestasi untuk membuat foto produk mereka sejelas mungkin.
Tetapi tenang aja, sebelum kamu menghabiskan uang untuk membayar photographer profesional atau menyewa kamera DSLR untuk mengambil foto produk, kamu juga memanfaatkan smartphone mu untuk dapat mengambil foto produk dengan lebih praktis namun tidak kalah kualitasnya. Nah, sekarang Midtrans akan memberikan beberapa tips bagaimana cara untuk mengambil foto produk yang menarik dengan hanya menggunakan smartphone.
1. Gunakan smartphone Anda sebagai kamera
Sebagian besar smartphone yang berada di pasaran sudah memiliki kamera berkualitas baik. Jika kamu salah satunya, maka Anda memiliki alat pengganti DSLR. Apapun merk smartphone kamu, pastikan memiliki pengaturan auto focus dan menghasilkan kualitas foto dengan besaran megapixel maksimum.
2. Aksesoris smartphone
Beberapa aksesoris yang direkomendasikan adalah backdrop, meja, pengaturan lighting, tripod dan lensa.
1. Backdrop
Gunakan backdrop putih atau abu-abu muda sebagai background foto produk kamu untuk menghasilkan kualitas foto yang bersih dan hasil yang konsisten. Selain warna, kamu juga harus memastikan backdrop yang kamu gunakan bersih & rata. Kamu dapat membuat backdrop sendiri dengan menggunakan dinding, kertas, papan busa dan masih banyak lagi. Backdrop yang baik mampu mempercepat kerja post-produksi.
2. Meja
Gunakan meja untuk memudahkan kamu ketika mengambil foto. Tergantung dengan peralatan yang kamu pilih, kamu juga dapat menjadikan meja sebagai salah satu properti dalam pengambilan foto.
3. Cahaya
Banyak sekali pilihan untuk menggunakan lighting dalam proses pengambilan foto produk, namun yang paling mudah dan murah adalah cahaya natural. Atur produk dan peralatan dekat dengan jendela besar untuk mendapatkan cahaya cukup dalam frame. Jika cahaya natural sulit untuk dicari, coba gunakan lampu yang lebih besar namun hal ini harus disesuaikan dengan besaran objek foto kamu.
4. Stabilisasi gambar
Stabilitas dalam pengambilan gambar sangatlah penting untuk memastikan hasil gambar yang tajam. kamu dapat menggunakan alat bantu seperti tripod. Meskipun smartphone kamu memiliki pengaturan untuk menstabilkan gambar, namun jika kamera bergoyang sedikit maka akan menghasilkan gambar yang blur.
5. Lensa
Lensa bukanlah hal yang wajib kamu miliki. Jika kamu memerlukan kualitas zoom yang tinggi dan menciptakan gambar mikro maka kamu dapat menggunakan lensa tambahan untuk smartphone kamu.
3. Pilih aplikasi yang tepat
Banyak sekali aplikasi untuk smartphone kamu yang dirancang membantu smartphone kamu memaksimalkan potensi kameranya. Sebagai panduan memilih, kamu dapat memperhatikan review atau rating aplikasi yang akan kamu gunakan.
1. Shooting
Sebaiknya gunkan aplikasi kamera yang terdapat dalam smartphone kamu. Jika hasilnya tidak memuaskan kamu dapat menambahkan aplikasi dalam smartphone kamu. Seperti aplikasi Android Camera Zoom FX yang menempati urutan pertama di aplikasi kamera untuk smartphone Android kamu. Atau iPhone Camera+ yang mampu meningkatkan kemampuan smartphone kamu ketika mengambil gambar.
2. Editing
Setelah pengambilan gambar selesai dilakukan, Anda dapat melakukan editing terhadap hasil foto tersebut. Adobe photoshop Express adalah aplikasi editing gambar untuk android dan iPhone Anda yang mudah dan cepat digunakan. Photoshop touch lebih baik dan canggih dibandingkan dengan versi express yang merupakan tiruan dari photoshop versi desktop.
Cara mengambil foto dengan smartphone
Persiapan
Hidden Content
Setelah menyiapkan aksesoris dan aplikasi untuk smartphone Anda. Tutorial ini menggunakan iPhone 5S menggunakan aplikasi Camera_ dan edit gambar menggunakan Photoshop Express serta menyimpan gambar menggunakan Dropbox.
Hidden Content
1. Sempurnakan lighting
Pertimbangkan menggunakan lighting sekitar kamu dan memilih pengaturan studio menggunakan cahaya sebanyak mungkin. Kamu dapat menggunakan cahaya alam dari jendela untuk pengaturan lighting kamu untuk hasil yang natural serta menggunakan backdrop dari papan untuk memantulkan cahaya terhadap objek foto kamu.
2. Atur meja dan background
Setelah lighting dipersiapkan, kini saatnya mengatur meja, backdrop, produk dan tripod. Gunakan kertas gulung sebagai background untuk pengambilan foto anting di bawah ini. Selain menghasilkan lighting yang cukup juga memudahkan pengaturan anting dalam mengambil foto.
3. Ambil posisi dan stabilkan posisi smartphone
Untuk foto objek berukuran kecil, tripod digunakan untuk mengatur smartphone berjarak satu langkah dari objek foto. Dengan menggunakan lensa tambahan, kamu dapat menghasilkan gambar yang tajam melalui kemampuan zoom lensa tersebut.
4. Perhatikan details ekstra
Sebelum kamu memotret produk Anda pastikan produk bersih dari cacat, kotoran bahkan label harga. Debu dan cacat dapat dihilangkan ketika post produksi, namun menghindari kecacatan dapat menghemat waktu kamu lebih banyak.
Pengambilan foto
Pada saat pengambilan foto, pastikan kamu menyesuaikan aplikasi kamera dan pengaturan kamera di smartphone kamu seperti zoom, fokus, exposure dan lain-lain. Lihat dan perhatikan gambar yang kamu ambil apakah membutuhkan cahaya lebih atau terlalu banyak cahaya dalam kamera.
Ketika kamu sudah mengatur setting atau pengaturan kamera dan aplikasi kamu, saatnya kamu mengambil foto produk kamu.
Hidden Content
Proses editing
Untuk menghasilkan foto yang menakjubkan butuh proses editing yang tepat dengan menggunakan fitur crop & straighten, sharpen, contrast, shadow dan vibrance. Namun jika kamu menginginkan kepraktisan, kamu dapat mengirimkan foto kamu untuk proses editing ke pihak outsourcing untuk keperluan bisnis kamu.
Selamat mencoba!Last edited by Midtrans; Jun 5, 2017 at 11:57 AM.
-
Jun 7, 2017, 01:46 PM #57
- Join Date
- May 15, 2017
- Location
- Indonesia
- Posts
- 22
- Mentioned
- 0 Post(s)
- Tagged
- 0 Thread(s)
Tips Menulis Deskripsi Produk Yang Menjual
Hi Ladies!
Wah tidak kerasa ya sudah pertengahan minggu. Well, kembali Midtrans akan memberikan tips-tips dalam memulai bisnis e-commercmemu.
Oke, setelah kemarin kita membahas terkait dengan bagaimana cara mendapatkan foto yang menarik untuk produk. Salah satu elemen penting yang tidak bisa dilupakan saat berjualan online adalah deskripsi produk. Bayangkan kamu seorang calon pembeli yang akan membeli sebuah laptop 13-inch. Biasa impresi pertama akan sebuah produk adalah dari gambar produk tersebut. Langkah berikutnya kamu pasti akan mencoba melihat brand & membaca deskripsi laptop tersebut untuk memastikan harga & spec laptop tersebut sesuai dengan harapanmu. Deskripsi produk yang jelas dapat membantu pembeli untuk semakin yakin membeli produk jualanmu! Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk membuat sebuah deskripsi produk yang menjual:
1. Who? - Untuk siapa produk ini dibuat? target market bisa gender, usia, lifestyle, dll.
2. What? - Informasi yang harus dimasukkan adalah, ukuran, warna, berat, materi, berbagai fitur & fungsi.
3. Where? - Dimana produk tersebut akan digunakan? seperti indoor/outdoor, di mobil atau di dalam rumah.
4. When? - Kapan produk tersebut akan digunakan? seperti seasonal, setiap hari, kesempatan tertentu.
5. Why? - Apakah produk tersebut berguna, lebih baik dari kompetitor, review dari pembeli lain.
6. How? - Bagaimana cara menggunakan produk tersebut? Tidak semua produk memerlukan penjelasan ini, tetapi jika kamu menjual produk elektronik, kamu harus menyediakan penjelasan ini.
Setelah mengetahui konten yang harus ada dalam deskripsi produk, step selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara menyampaikannya.
Kebanyakan customer hanya melakukan scanning text, sehingga formula yang tepat untuk deskripsi produk adalah:
{Paragraf singkat} + {daftar specs dalam bentuk poin} = {deskripsi produk yang menjual}
Berikut adalah contoh penulisan produk deskripsi yang tepat:
Hidden Content
Hal terakhir yang perlu kamu ingat adalah, customer akan membaca deskripsi produk tersebut. Jadi, pastikan font terbaca dengan jelas, hindari penggunaan huruf kapital pada semua kata dan gunakan tanda baca & tata bahasa yang benar Hidden Content )
Sumber: Hidden Content
-
Jun 9, 2017, 10:58 AM #58
- Join Date
- May 15, 2017
- Location
- Indonesia
- Posts
- 22
- Mentioned
- 0 Post(s)
- Tagged
- 0 Thread(s)
Strategi Branding untuk Bisnis Online
Hallo Ladies!
Tidak terasa sudah sampai di penghujung minggu ini. Sudah ada rencana apa nih untuk weekend ini? Well, kalau belum ada rencana apa-apa, mungkin kamu bisa mengisi weekendmu dengan memikirkan strategi branding yang jitu untuk toko onlinemu. Setelah kemarin Midtrans sudah memberikan tips untuk bagaimana 'menampilkan' produkmu, sekarang Midtrans akan memberikan beberapa strategi bagaimana dapat membuat branding untuk dapat mendorong loyalitas dari customer terhadap produkmu Hidden Content
Pernahkah kamu melihat seseorang yang sedang kehausan ingin membeli air minum dan meminta penjual memberikannya Aqua? Itulah contoh dari bagaimana suatu strategi branding sangat efektif dilakukan. Aqua sebenarnya adalah nama merek produk bukan nama dari produk yang dijual, namun sebagian besar orang menyebut produk air putih kemasan sebagai Aqua meskipun bukan Aqua yang diberikan oleh si penjual. Fenomena tersebut membuktikan bahwa customer telah memiliki loyalitas yang sangat tinggi terhadap produk tersebut. Akan tetapi seringkali customer mengabaikan loyalitas mereka terhadap suatu produk jika ada produk lain yang lebih murah.
Untuk menghindari hal tersebut terjadi pada bisnis toko onlinemu, berikut ini adalah 4 strategi branding yang dapat kamu terapkan pada online shopmu:
1. Temukan Nilai Jual yang Unik dari Produkmu
Menemukan nilai jual yang unik dari produk kamu merupakan langkah dasar dalam penyusunan strategi branding. Tujuannya adalah untuk membedakan brand produk kamu dari kompetitor dan menarik customer untuk membeli Produk yang kamu jual harus unik sehingga mudah dikenal dan diingat oleh customer.
Selain dari produk, Anda bisa menciptakan keunikan tersendiri dari website ecommercemu. Keunikan dari segi website akan menciptakan diferensiasi dibandingkan website ecommerce lain, walaupun barang yang dijual sejenis.
2. Bedakan Brand Produkmu dari Segi Kualitas Produk
Untuk membangun loyalitas customer, kamu perlu membuat suatu produk yang dikenal berkualitas. Jika kamu membuat suatu produk yang tidak berkualitas, jangan harap kamu akan mendapatkan customer yang loyal. Lebih parah lagi, kamu mungkin akan menerima banyak komplain dari customer di berbagai media sosial. Akan tetapi jika kamu mampu secara konsisten membuat suatu produk yang dikenal berkualitas, kamu akan mendapatkan banyak customer yang setia. Terlebih lagi jika produk kamu sudah dikenal sebagai produk yang wajib dibeli untuk memenuhi kebutuhan hidup seseorang (“buy it for life”), kamu tidak perlu takut kehilangan customer.
3. Personalisasi Customer Experience
Contoh dari personalisasi customer experience yaitu dengan melakukan kustomisasi package produkmu. Riset juga diperlukan untuk memastikan bahwa kamu melakukan pemasaran ke orang yang sesuai dengan identitas brand online shopmu. Baik produk fisik maupun produk branding kamu harus dibuat sedetil mungkin sebagai upaya untuk melakukan personalisasi customer experience.
4. Tunjukan Apresiasi kepada Customermu
Tunjukkan rasa terima kasih kamu kepada siapapun yang telah menjadi customermu. Sebagai contoh dengan pengadaan program loyalty yang dapat membuat customer merasa bahagia telah menjadi customer kamu atau dengan mendonasikan sebagian hasil penjualan kamu dalam bentuk program charity terkait dengan produk yang dijual. Dengan demikian, customer akan merasa lebih dekat dengan kamu dan produkmu akan semakin dikenal luas oleh masyarakat.
Jadi sudah tau kan weekend ini mau ngapain? Hidden Content
Sumber: Hidden Content
-
Jun 12, 2017, 07:20 PM #59
- Join Date
- Jan 1, 1970
- Posts
- 0
- Mentioned
- Post(s)
- Tagged
- Thread(s)
Re: All about Online Business with Veritrans
Nice info,butuh guidance agar bisnis online shop bs berjalan & berkembang
-
Jun 14, 2017, 01:37 PM #60
- Join Date
- May 15, 2017
- Location
- Indonesia
- Posts
- 22
- Mentioned
- 0 Post(s)
- Tagged
- 0 Thread(s)
Re: All about Online Business with Veritrans
Setiap harinya Midtrans akan memberikan tips dan trick buat menjalankan bisnis online. Feel free loh kalau ada yang mau kamu tanyakan Hidden Content