Preeclampsia - Page 3

Thread: Preeclampsia

Page 3 of 27 FirstFirst 1 2 3 4 5 13 ... LastLast
Results 31 to 45 of 400
  1. #31
    Silver
    Join Date
    Oct 16, 2011
    Posts
    19
    Mentioned
    1 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Preeclampsia

    Sodaice,

    Pernah tanya sama obgynku katanya semangka kurang efektif utk nurunin tekanan darah.

  2. #32
    Permanent Resident
    Join Date
    Feb 20, 2010
    Location
    Jakarta Timur,Indonesia
    Posts
    822
    Mentioned
    44 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Preeclampsia

    temans, sebenarnya aku rada takut share di form ini..bukan takut bagaimana..hanya takut teringat kembali dan nangis lagi dan memang harus kuat2in mental...
    bagi teman2 yang kehamilannya beresiko tinggi seperti ada penyakit jantung bawaan, diabetes, hamil di usia yg di atas 35, punya riwayat hipertensi, mengidap HIV, ITP,dsb...di harapkan konsultasi ke SPOG yang ambil sub spesialis Kehamilan Resiko Tinggi, biasanya di belakang nya gelarnya SPOG-KFM (Konsultan Fetomaternal)
    Saya sendiri, ketika hamil kedua ditangani oleh spog biasa, yang akhirnya kehamilan saya diterminasi ketika umur 5 bulan karena saya pre eklampsia dengan trombosit yang rendah, sampai transfusi TC...dan itu pun mereka panggil ahli nya dari RSCM untuk memutuskan harus diapakan saya ini, karena saya sudah 15 harian tidak membaik kondisinya...coba dari awal saya ke obgyn yg tepat...sudahlah nanti nangis lagi...
    Klinik Fetomaternal ada di jalan kimia 5, Noroyono Wibowo, Yuditiya Purwosunu, Yudianto adalah termasuk ahli feto yang diperhitungkan...salah satu dari mereka yg dipanggil u/putusin kasus aku kemarin...

    ---------- Post added at 10:29 AM ---------- Previous post was at 10:27 AM ----------

    oh ya, ibu dengan pre eklampsia masih bisa kok hamil dengan baik dan sehat, contohnya dengan pantang raw protein, no msg, pemberian terapi obat yang tepat...dan biasanya obgyn feto yang tahu penanganannya...

  3. #33
    Newcomer
    Join Date
    Jul 29, 2013
    Posts
    36
    Mentioned
    9 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Preeclampsia

    Dear Moms....
    Baru ketemu thread ini, dan sepertinya merasa harus ikut shring juga....
    Sekarang saya sedang hamil 16w, anak ke-2.
    Kondisi pre-eclamsia, saya alami ketika saya hamil anak pertama thn 2008. Saat itu saya hamil, termasuk tidak rewel ya...muntah2 hanya 1 minggu saja, dan selebihnya saya bisa makan apa saja. Yg saya ingat saat hamil anak pertama ini, saya suka sekali makan udang.
    Saya tidak merasakan hal2 yg aneh2 saat hamil (baca : ngidam, pusing, dll). Saya juga rajin kontrol ke dokter obgyn, waktu itu saya pake dokter Ovy dari permata cibubur (maaf bu Mod sebut nama). Berat badan saya memang naik sih cuma karena hamilnya tidak rewel jadi saya tidak panik sama sekali, saya ingat saat usia hamil 12w, saya sudah naik 5kg (sedangkan sekarang usia 16w, 3 kg aja kaya susah diajak naik).
    Dan saat kontrol usia kandungan 36w, tiba2 dokter tertegun melihat wajah saya, dilihat kaki dan tangan saya, lalu dia minta susternya cek ulang tensi saya, dan ternyata tensi saya saat itu 140/... Kemudian si dokter Ovy ini minta saya cek urin, dan ternyata sudah +2, dan langsung minta saya stay di RS karena besok jam 6 pagi saya sudah harus siap di R.Operasi untuk di-cesar, saya ingat saat itu antara bingung, senang karena akan segera melihat bayi saya, pokoknya campur aduklah rasanya.
    Saat stay di RS beberapa jam sesudahnya saya tidak merasa ada yg aneh, bahkan saya sempat bercanda dengan para suster...tapi kejadian tidak menyenangkan mulai terjadi ketika habis maghrib, tiba2 kepala saya pusing sekali...sehingga saya harus sering memanggil si suster, tidak tahu obat apa yg disuntikkan ke infus saya, pokoknya setelah saya merasa pusing dan memanggil si suster, dia lalu memasukkan cairan injeksi ke infus saya, baru kemudian sakit kepala itu berangsur2 hilang...kejadian itu berulang terus sampai shubuh.
    Alhamdullilah operasi ceasar berjalan lancar, bayi saya lahir pas 36w, BB : 2.9, panjang : 48. Sekarang usia Darrel sudah 4y4m. Saya sempat trauma untuk hamil lagi...cuma akhirnya saya memutuskan hamil juga. Mohon do'anya ya ibu2 agar kehamilan saya yg ke2 ini sehat2....berhubung saya sudah pindah tempat tinggal, saya sekarang komtrol ke RS Her***a dekat rumah, cuma bulan depan mau ke dr Ovy lagi sih, masih bingung nih mau lahiran dimana..karena rumah-Cibubur jauh dan macet banget ya jakan sekarang....

  4. #34
    Citizen LannyDoankz's Avatar
    Join Date
    Jul 31, 2012
    Location
    Bandung
    Posts
    1,571
    Mentioned
    1336 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Preeclampsia

    Baca" tret ini jadi takut yaa..cm bagus jd biar para mommy hati"...berarti salah satu penyebab PE ini gara" garam yaa...duhh skrg" tuh c baby seneng bgt makan yg asin"...harus bener" dijaga ahh...skrg saya udh 2bln...sejauh ini ceh darah normal 113/66...semoga sampe ngelahirin normal teruss...amienn..
    Buat semua mommie" yg baru sembuh, lagi kena sakit ini dan lagi penyembuhan semoga cepat sehat yaa...dan baby nya juga selalu sehatt semua yaa para bunda...

  5. #35
    Permanent Resident
    Join Date
    Feb 20, 2010
    Location
    Jakarta Timur,Indonesia
    Posts
    822
    Mentioned
    44 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default

    Hai, mau info aja ya...sebenarnya penyebab pasti si pre eclampsia ini blom ada yg pasti..bisa aja wanita yg bertekanan darah tinggi dari awal ga kena pre eclampsia..bisa aja kena..dan bukan garam penyebabnya...low antioxidant level juga bisa jadi penyebab..kekentalan darah..banyak hal..dan bukan berarti ga makan garam..garam tetap perlu, hanya saja perlu di rubah ke garam diet...karena garam mengikat cairan..cmiiw..nah itu yg bikin bengkak..tapi kalo di simpulkan garam itu jadi penyebab PE jelas bukan..nah, bagi teman2 yg punya riwayat PE sebelumnya atau punya darah tinggi ada baiknya berkonsultasi ke dokter spog dengan sub spesialis kehamilan resiko tinggi a.k.a fetomaternal..

  6. #36
    Silver
    Join Date
    Aug 29, 2013
    Location
    jakarta
    Posts
    3
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Preeclampsia

    Dear Moms.... saya juga mau ikut sharing tentang Pre-clamsia yang 10 bln lalu saya alami.
    Kondisi pre-eclamsia, saya alami ketika saya hamil anak pertama thn 2012. Saat saya hamil,saya termasuk tidak rewel ya, bahkan muntah2 hanya 1 atau 2x saja pada trimester awal. saya ingat saat hamil anak pertama ini, saya suka sekali makan seafood & spaghetti. Saya juga rajin kontrol kedokter obgyn, waktu itu saya pake dokter Ferdhy dari Rs Family pluit. Setiap kali kontrol, tensi darah saya selalu normal 110 / 70. Berat badan saya naik nya jg normal, saat usia hamil 12w, BB saya hanya naik 3 kg. Tapi pas menginjak usia kandungan 24w, BB saya lumayan tinggi naiknya ( tp saya lupa berapa kilo, catatan ny ad dirmh ). Dan saya mulai mengalami keluhan seperti sendi2 tangan saya sakit seperti asam urat. Dan tangan, kaki, bahkan wajah saya pada bengkak. Kata dokter obygn saya, itu gpp ada sebagian bumil bgt krn hormonal. Oyah, kalo tangan yg terasa sakit seperti asam urat itu kdg timbul, kdng menghilang sndirinya.
    Dan saat kontrol usia kandungan 35w, tiba2 dokter tertegun melihat wajah saya, dilihat kaki dan tangan saya yg bengkak nya parah. Kemudian si dokter ferdhy ini minta saya cek urin, tapi hasilnya negatif. Akhirnya saya dan hubby pulang krn merasa tenang tentang yg diperkirakan dokter itu salah. Tapi ketenangan saya dan hubby hnya 1 minggu dari terakhir kontrol kedokter, karena pada hari rabu pagi pas saya bangun tidur, tiba2 saya melihat di cermin kamar wajah saya koq miring ke kiri kayak orang stroke. Wajah sebelah kiri ga bisa digerakkan. Minum air pun tumpah diseblah kirinya. Saya lgsng takut dan jatuh lemes. Hubby pun lgsng bawa saya ke RS family, dan langsung dibawa ke ruang persalinan untuk di observasi.ketika suster memasangkan alat observasi utk memantau tensi darah saya, betapa kagetnya tensi saya 150/100. Bbrapa menit ditensi lg jadi 170 / 110. Sampai puncaknya saya ingat tensi saya mencapai 220 / 125. Dokter obygn saya bilang ke hubby, saya harus segera di caecar utk mengeluarkan babynya. saya ingat saat itu antara bingung, senang karena akansegera melihat bayi saya, pokoknya campur aduklah rasanya. Sebelum di caecar, suster menyuntikan ke pinggang belakang saya, katanya utk mematangkan paru paru anak saya sblum dilahirkan. Akhirnya jem 7 malam, bayi saya lahir pas 36w, BB : 2.29 gr, panjang : 45 cm. Sekarang usia William sudah 10 bulan 12 hari. Pasca lahiran tensi darah saya jg msih dipantau, akhirnya 4 hari di RS,Saya diperbolehkan pulang. Tapi minggu malam nya tensi saya kmbali naik, dan saya dilarikan ke RS family lg utk dirawat. Selama di Rawat, tensi saya terus dipantau oleh dokter obygn saya dan diberi berbagai macam obt penurun darah tinggi seperti adalat,dLL( saya lupa nama obt nya habis bnyak bgt). Karena saya minum. Obt darah tinggi inii jg yg menyebabkan asi saya keluar sgt sdikit. Dan selama saya minum obt, saya tdk bisa menyusui baby saya. Lanjut cerita lg soal di rs, setelah kondisi tensi saya stabil walau pun msih blom normal skitar 140 / 90 saya akhirnya diijinkan pulang oleh dokter selama 3 hari dirawat. Setalah pulang dari Rs pun, dokter obygn saya mengatakan tensi saya hrs slalu dipantau dlm bbrapa jem. Dan akhirny tensi saya kmbali normal 120 / 80 stelah 1 bln pasca lahiran, walau terkadang msih sering naik turun 130 / 90. Tapi skrg ini tensi saya sudah normal 120/80. Dan mengenai wajah saya yg miring sbelah kiri itu kata dokter ga ada hubungan dgn pre-clamsia, katanya saya kena yg namanya penyakit saraf ke 7 / bealt palsy nama lain nya. Utk penangan penyakit yg inii saya ditangani oleh dokter wirawan ( yg praktek di RS Puri ) selama di rawat di family saya jg di fisioteraphy. Tapi stlah pulang dari Rs family, keluarga besar saya menyarankan utk di tusuk jarum dari pada fisioteraphy, krn penyembuhan nya lebih cepat. Dan saya akhirnya di tusuk jarum di sinshe jemb 2 ( Arwana ) setiap hari. Pertama di tusuk jarum di wajah, sangat teramat sakit.Dan selama 1 bln saya tusuk jarum, wajah saya berangsung angsur membaik. Saya sangat bersyukur wajah saya bisa kembali lagi.Dengan peristiwa ini saya memang sempat trauma, krn kehamilan dan persalinan yg begitu berat. Tapi dengan adanya hubby dan keluarga yg menguatkan saya, mudah2an nanti kalo saya hamil lagi,saya diberi kehamilan yg sehat.. Amien. Mohon doa nya Moms. Dan Thx for sharingnya. Maaf klo tulisan nya panjang bgt.

  7. #37
    Resident nicemeetU's Avatar
    Join Date
    Nov 22, 2010
    Location
    Jakarta Selatan Indonesia
    Posts
    380
    Mentioned
    35 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Preeclampsia

    @fannyko n ibu2 lainnya mdh2an di kehamilan berikutnya sehat dan diberi kemudahan.
    Mau share jg ya, klo aku kmrn kehamilan pertama kena preeklampsia di akhir kehamilan. Ps bukaan 8 tekanan darah naik dr 120/90 ke 220/140 dan aku sempet kejang sm pingsan pas diruang persalinan sama kejang sekali lagi pas dibangunin buat dibius akhirnya aku dibius total takut kejang lg pas operasi. Udah diksh obat tp cm turun ke 200/120, dan dokter ga berani ambil resiko soalnya pas awal kejang sempet berhenti napas.
    Untungnya setelah ngelahirin tekanan darah berangsur2 normal, bersyukur bgt baby lahir selamat walaupun sempet ga nangis. Sedihnya ga jd lahiran normal sm hari pertama baby kena sufor gara2 aku msh blom sadar n dirawat di icu.
    Dokterku blg aku ga ada indikasi sama sekali kena preeclampsia, berat badan naik 12 kg, bengkak di kaki ko kebanyakkan duduk aja n tekanan darah stabil di 110/80, naik dikit 120/90 pas udah bukaan 5. Seminggu sebelumnya sempet diperiksa sm sepupu yg bidan dan dibilang semua ok dan normal dan nyaris aja tergoda mau lahiran gentle birth dirumah. Dokter nyaranin klo nanti hamil lg harus diet dr awal kehamilan dan konsumsi antioksidan. Untungnya aku pingsan jd ga inget apa2 n ga trauma. Yg histeris nyokap sm suami yg nungguin pas lahiran..

  8. #38
    Silver
    Join Date
    Feb 7, 2012
    Posts
    19
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Preeclampsia

    Aduhh..baca2 thread ini jd campur aduk perasaannya. UK skrng dh msk week 36. Kaki jg dh keliatan bengkaknya. Teman jg dh ad yg bilang muka sy skrng agk bengkak gitu.. Hamil prtama dulu Alhamdulillah gk ad masalah. Tp pas hamil kedua ini, agk trasa berat, krn ad sdikit masalah dg suami.. Hidden Content
    makasih banget bwt buibu yg dh brsedia share d sini..
    mudah2n pas lahiran nanti bs lancar & dimudahkan..aamiin..

  9. #39
    Permanent Resident
    Join Date
    Feb 20, 2010
    Location
    Jakarta Timur,Indonesia
    Posts
    822
    Mentioned
    44 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Preeclampsia

    Nicemeetu, pemberian antioksidan pada ibu hamil u/mengurangi onset pre eklamp termasuk penelitian dokter Yuditiya Purwosunu,Noroyono Wibowo dan beberapa dokter Jepang lainnya...coba aja googling..
    Arnataa..kalo sudah bengkak ada baiknya cek urine, lihat ada kebocoran protein nggak..dan cek tensi ya...semoga ga ada apa2...

  10. #40
    Silver
    Join Date
    Nov 2, 2013
    Posts
    5
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Preeclampsia

    pernah baca katanya dark chocolate bisa mencegah pre-eklamsia.

  11. #41
    Silver
    Join Date
    Oct 16, 2011
    Posts
    19
    Mentioned
    1 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Preeclampsia

    Dear Mommies,

    Baru baca lagi thread-nya, ternyata rame juga.

    Obgyn Feto itu di RS mana yah?

    Sebenernya saat ini masih trauma sih sama kehamilan krn PE ini. Tapi lihat si kecil yang kok cepet banget ya gedenya, lucu kali ya kalo dikasih adek..? Jadi kepikiran, apa hamil lagi ya nanti?

    Nah, kayaknya saya mesti persiapan extra just in case pingin hamil. Mulai dari gimana pencegahannya (kalo bisa) sama pilih dokter yang paham soal ini.

    thanks for sharing Moms.

  12. #42
    Permanent Resident
    Join Date
    Feb 20, 2010
    Location
    Jakarta Timur,Indonesia
    Posts
    822
    Mentioned
    44 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Preeclampsia

    Haiii..obgyn feto itu ada di klinik fetomaternal..di jalan kimia 5 belakang cipto...di situ berkumpul yang kebanyakan dokter yang sudah doktor...mereka dosen juga di ui...
    kamu di daerah mana...
    kalo obgyn feto ku yuditiya purwosunu...
    coba googling aja nama dia...belajar di jepang dan inggris beliau...
    sedangkan Feto yg mendalami kasus pe itu yuditiya purwosunu..yudianto saroyo dan noroyono wibowo...
    kalo nama2 tsb jauh dari kotamu...cek aja di rs biasa langganan kamu spog yang bergelar spog kfm ya..

  13. #43
    Permanent Resident
    Join Date
    Feb 20, 2010
    Location
    Jakarta Timur,Indonesia
    Posts
    822
    Mentioned
    44 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Preeclampsia

    Mau info website divisi fetomaternal fkui...
    semoga berguna...
    Hidden Content

  14. #44
    Silver
    Join Date
    Nov 20, 2013
    Posts
    5
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default

    Ikutan share,
    Dlu anak pertama hamil 35weeks tiba2 tensi agakk naik kisarannya 130/90 padahal sebelum2nya selalu rendah 110/70 an.seminggu sekali kontrol msh 130/90,kaki dan wajah bengkak,kepala sering pusing,ngilu2 di persendian.dokter menyarankan cek urin hasilnya negatif.tiba saat melahirkan tensi saya jadi 150/100 suster menanyakan ibu yakin dokternya membolehkan lahiran normal? *saat itu dokter belum datang. Semakin bertambah bukaannya tensinya semakin naik jadi 170/150.oleh dokter saya diberi obat hipertensi yg diletakkan dibawah lidah selanjutnyya saya melahirkan secara normal,walaupun hb saya sempat turun setelah melahirkan.sampai sekarang masih bingung apakah dlu itu sebenarnya saya gejala PE atau bukan ya?krn dokter hanya bilang mungkin tensi saya naik krn saya panik saat melahirkan..padahal sebelum hamil saya riwayat darah rendah

  15. #45
    Permanent Resident
    Join Date
    Feb 20, 2010
    Location
    Jakarta Timur,Indonesia
    Posts
    822
    Mentioned
    44 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Preeclampsia

    Mungkin kamu termasuk pre eklampsia ringan ya...karena kalau di sebabkan oleh melahirkan..harusnya di mulai pada saat mulai bukaan...pre eklampsia ringan dengan onset di 35minggu sering tidak terdeteksi dari urin..tapi tanda lain seperti retensi cairan...
    jika ada perencanaan kehamilan berikutnya..di cek di obgyn feto ya..mereka lebih ahli menangani hal tersebut

Page 3 of 27 FirstFirst 1 2 3 4 5 13 ... LastLast