Problem TIROID

Thread: TIROID

Page 1 of 33 1 2 3 11 ... LastLast
Results 1 to 15 of 487
  1. #1
    Citizen orangelippen's Avatar
    Join Date
    Aug 13, 2012
    Location
    Indonesia
    Posts
    2,307
    Mentioned
    677 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default TIROID

    Adakah dari kalian yang terkena penyakit ini? Atau siapapun orang di sekitar kalian yang mengidap penyakit ini?

    Sharing dong ladies.. Gw sakit ini nih, berasa ada benjolan di leher tapi kalo dipegang kayak tulang biasa gitu..

    Dan badan gw tuh lemah.. Sakit2an.. Gampang capek..

    Udah dicek ke dokter sih dulu.. Cuma lagi pengen ngobatin dulu baru nanti cek lagi.. Mahal soalnya Hidden Content

    Udah pernah coba minum bekatul, suplemen dari MLM Revell, rebusan daun sirsak.. PTU.. Dan sekarang lagi gw biarin aja soalnya berasa hopeless sih..

    Ga kuat panas, ga kuat dingin.. Badan kurus tapi nafsu makan oke.. Kayaknya apa yg gw makan ga jadi daging deh, soalnya langsung kebakar habis (?)

    Share tempat pengobatan atau diobati pake apa ya ladies Hidden Content

    Buat yg ga tau, ini gw copas-in dari okezone.com:

    MESKI kerap terjadi, jenis kanker yang satu ini barangkali tak banyak diketahui banyak orang. Namun tak perlu dikhawatirkan, karena progresivitas kanker tiroid termasuk lambat dan tingkat kesembuhannya tinggi.

    Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini dapat ditemui di bagian depan leher, sedikit di bawah laring.Kelenjar ini berfungsi mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

    Dalam kelenjar tiroid cukup sering ditemukan nodul. Sekitar 4%–8% nodul tiroid bisa ditemukan saat pemeriksaan fisik, yaitu rabaan di daerah leher dan sekitar 13%–67% bisa ditemukan saat pemeriksaan ultrasonografi. Nodul tiroid pada orang dewasa umumnya adalah nodul jinak dan hanya sekitar 5% yang ganas.
    *
    Prevalensi keganasan di berbagai rumah sakit di Indonesia sekitar 2,6%–3,6%.
    Kanker tiroid merupakan penyakit keganasan tersering ditemukan pada sistem endokrin, di mana sebesar 10%–20% pasien di endokrin menderita gangguan tiroid. Di Indonesia menempati urutan 9 dari 10 keganasan yang sering ditemukan,yang berasal dari kelenjar tiroid.
    *
    Ketua Kelompok Studi Tiroid PERKENI (Perkumpulan Endokrinologi Indonesia) Prof Dr Johan S Masjhur SpPD-KEMD SpKN mengatakan, kanker tiroid merupakan suatu keganasan pada tiroid yang memiliki empat tipe, yaitu papiler, folikuler, anaplastik, dan meduler. Pada daerah endemik insidensi, kanker tiroid folikuler dan anaplastik lebih sering, terutama pada orang berusia lanjut. Sementara daerah yang kaya yodium seperti Islandia,umumnya tipe papiler lebih menonjol. Golongan umur terutama pada usia 7–20 tahun dan 40–65 tahun,di mana wanita lebih sering daripada pria, yaitu 3:1.

    *

    Menurut dia, jarang sekali kanker ini mengakibatkan adanya pembesaran kelenjar tiroid yang berlebihan sehingga sering tidak disadari karena tidak mengganggu.
    Kanker pada kelenjar tiroid ini menyebabkan pertumbuhan nodul atau benjolan sebesar kelereng yang tidak menimbulkan nyeri.

    *

    “Benjolan yang tumbuh sebagai nodul pada kelenjar tiroid umumnya jinak dan tidak berbahaya,” kata Johan saat Seminar Media bertema Hipogonadisme pada Pria dan Masalah Keganasan Kelenjar Tiroid oleh PERKENI di Hotel Mandarin, Jakarta.

    Cara mengetahui adanya benjolan tiroid, lanjut Johan, adalah dengan meraba daerah leher, yakni jakun (adam’s apple) pada pria. Perlu waspada apabila terdapat benjolan di leher yang ditandai dengan rasa nyeri pada saat menekan leher. Diketahui, benjolan pada kelenjar gondok akan ikut bergerak menelan pada saat kita menelan air liur. Selain itu, disertai suara serak karena nodul yang tumbuh agak menekan ke dalam tenggorokan.

    *
    “Sekitar 10%–20% pasien yang berobat di klinik endokrin merupakan pasien dengan kelainan tiroid dan sebanyak 5% sampai 10% dari kasus tersebut bersifat ganas dan penyebabnya belum jelas diketahui,” kata dia.

    *

    Johan mengatakan, pria yang berusia di atas 50–60 tahun, angka keganasannya akan tinggi karena stimulasi thyroid stimulating hormone (TSH)-nya berbeda. Anda harus waspada terjadinya keganasan pada nodul tiroid apabila sifatnya padat, keras, dan isinya bukan cairan (kistik), jumlahnya hanya satu, dan tiba-tiba mengalami pertumbuhan yang cepat. Walaupun demikian, kata dia, kanker tiroid tidak perlu ditakuti karena progresivitasnya yang lambat dan tingkat kesembuhannya termasuk tinggi. Untuk mengurangi angka kekambuhan dan memperpanjang harapan hidup pasien kanker tiroid,seperti dijelaskan Johan, perlu dilakukan pengelolaan terpadu dengan berbagai cara.

    Pertama, untuk mengetahui adanya keganasan kelenjar tiroid, perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui fungsi kelenjar tiroid dan pertanda tumor, yaitu memeriksa TSH, T3, dan T4,tiroglobin dan kalsitonin. Bisa juga dilakukan foto polos leher. Kedua, untuk memastikan benjolan di leher, perlu dilakukan biopsi jarum halus, yaitu mengambil sedikit cairan yang terdapat pada benjolan dengan menggunakan jarum yang sangat halus yang tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebih, yang akan mendiferensiasi benjolan tersebut.

    Setelah jelas jenis kanker yang terkandung pada benjolan ini, Johan mengatakan, akan dilakukan operasi (thyroiddectomy) untuk mengangkat jaringan tumor beserta seluruh kelenjar tiroidnya. Tahap berikutnya dilakukan ablasi apabila masih dijumpai sisa-sisa, yakni melalui pemberian cairan yodium radioaktif dosis kecil yang diteteskan ke dalam mulut.

    *

    “Setelah sel tiroid diangkat dan dibuang kemudian dilakukan ablasi, otomatis si pasien tidak mempunyai kelenjar tiroid lagi sehingga pasien dalam keadaan yang disebut sebagai hipotiroid,” ucapnya.

    Dia menambahkan, pada masa ini perlu dilakukan terapi substitusi hormon tiroid dengan dosis yang tepat. “Setelah itu, perlu dilakukan pemantauan atau deteksi kembali untuk melihat apakah terjadi kekambuhan melalui sidik tiroid. Caranya dengan pemeriksaan radio nuklir atau pemeriksaan darah untuk mencari pertanda dari kemunculan sel kanker tersebut,” kata Johan. (SINDO/) (tty)

  2. #2
    Platinum vheqyu29's Avatar
    Join Date
    Jun 5, 2011
    Location
    yogyakarta indonesia
    Posts
    160
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: TIROID

    aku say juga kena penyakit ini 2 tahunan lalu deh parah2nya sampe udah segede telor yang dipotong separo gitu kalo buat nelen ludah sama tengok2 gitu sakit, sama sekali gak mau ke dokter aku dulu. . milih minum obat herbal, saking banyaknya lupa apa aja yang pernah diminum, sekarang si benjolan udah sama sekali gak ada. . seingetku itu ilang gara2 jadwal kuliahku masuk siang terus jadi sama sekali g pernah makan selain makanan rumah. Coba kamu hindarin makan telor, ayam, vetsin pokoknya yang ada kandungan kimianya.. makanny tempe, tahu, ikan

  3. #3
    Citizen orangelippen's Avatar
    Join Date
    Aug 13, 2012
    Location
    Indonesia
    Posts
    2,307
    Mentioned
    677 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: TIROID

    Telor sama ayam apa salahnya say? gw makan ayam tiap hari Hidden Content

  4. #4
    Elite Citizen mamul's Avatar
    Join Date
    Jun 11, 2011
    Location
    Pinggiran Jakarta
    Posts
    3,116
    Mentioned
    344 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: TIROID

    orangelippen... kenalan keluarga gw ada yg kena tiroid. yg dia lakuin itu diet ketat yak. pola makan diubah bener. sekarang orangnya jadi vegetarian. trus dia juga jadi raiin olahraga. kata dia, olahraga bantu jaga kestabilan tubuhnya. hth ya...

  5. #5
    Citizen orangelippen's Avatar
    Join Date
    Aug 13, 2012
    Location
    Indonesia
    Posts
    2,307
    Mentioned
    677 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: TIROID

    Waaa vegetarian :| badan kurus ini Hidden Content
    -----------

  6. #6
    Citizen yetyeahyeahs's Avatar
    Join Date
    May 25, 2010
    Location
    Metropolis
    Posts
    1,523
    Mentioned
    545 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: TIROID

    jujur gangerti dan almhamdulillah aku atau orang2 terdeket ga ada yg kena jadi gabisa bantu...ga direspon tapi dibaca kok, silent reader Hidden Content

  7. #7
    Elite Citizen mamul's Avatar
    Join Date
    Jun 11, 2011
    Location
    Pinggiran Jakarta
    Posts
    3,116
    Mentioned
    344 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: TIROID

    orangelippen.. jangan salah, dear... jadi vege ga bikin tubuh makin kurus. justru banyakin sayuran dan buah bisa bikin stabil kenalan gw itu. saran gw, coba cari tau makanan apa yg jadi pantangab, pola makan harus seperti apa, olahraganya gimana. boleh aja kita kena sakit tiroid, tapi ngga selamanya bergantung pada obat dan dokter. balik lagi, penyembuhan itu ada di diri kita kok. hth ya...

  8. #8
    Platinum vheqyu29's Avatar
    Join Date
    Jun 5, 2011
    Location
    yogyakarta indonesia
    Posts
    160
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: TIROID

    Hahaha mending kurus apa sakit say? ayam ama telor sekarang tuh gak sehat say kebanyakan disuntik hormon makanya umur berapa minggu udah segede ayam yang biasa kita konsumsi.. itu tuh yang bikin orang jaman sekarang banyak yang kena tumor kanker

  9. #9
    Citizen orangelippen's Avatar
    Join Date
    Aug 13, 2012
    Location
    Indonesia
    Posts
    2,307
    Mentioned
    677 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: TIROID

    Vheqyu29 dari kecil sampe sekarang kurus aku say Hidden Content
    Sayur2 juga kena pestisida, beras pake pemutih, kayaknya mau makan apa2 udah pada ga aman sekarang --"

    Yetyeahyeahs iya deh *peluk

    Mamul kalo kata dokter bakal ketergantungan obat terus, berarti ga bener ya?

  10. #10
    Elite Citizen mamul's Avatar
    Join Date
    Jun 11, 2011
    Location
    Pinggiran Jakarta
    Posts
    3,116
    Mentioned
    344 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: TIROID

    orangelippen.. balik lagi ke lu sendiri, apa mau terus menerus bergantung obat? saran gw, cari dokter lagi utk dapetin 2nd opinion. cari tau ttg makanan yg aman utk lu.

    nah kalo soal bahan makanan, cari yg organik kan ada. meski kena pestisida, selama lu cuci dengan benar dan dimasak dengan baik, masih bisa dapet khasiatnya. saran gw, mulailah berolahraga. olahraga itu detoks juga utk body lu. dan mulai sekarang, berpikirlah positif. hth...

  11. #11
    Resident nia's Avatar
    Join Date
    Nov 7, 2008
    Location
    ind
    Posts
    443
    Mentioned
    60 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: TIROID

    orangelippen kamu sudah periksa profil hormon tiroid ? Jadi ketahuan diagnosanya apa ? Karena saya ada beberapa pasien dengan problem tiroid. Saya bisa bantu Hidden Content . Pertama tama harus merubah lifestyle. Tidak boleh makan makanan instant, penyedap, junkfood, kurangi gula. Harus olahraga ya. Kalau ada hasil profil hormon dan usg tiroid boleh konsulkan ke saya

  12. #12
    Resident
    Join Date
    Aug 21, 2010
    Location
    tangerang
    Posts
    442
    Mentioned
    78 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: TIROID

    orangelippen, pertama pas aku didiagnosa tyroid sih nyantai aja krn ga ngersa ada efek apapun ditubuh. Berat badan jg subur2 aja hehehe..tp pas ngejalaninnya setaun masih ga bs lepas dr obat2an juga, mulai deh stress, sama kok gejala2 tyroid mulai muncul dr yg tadinya ga ngerasa. Sempet down sih ngejalaninnya tp ya sudahlah lebih baik ngejalanin kan dibanding gak ada usaha sama sekali. Jadi kt ttep harus semangatt yaa, ikutin kata hati aja maunya ngikutin pngobatan yg cara gimana.
    Nia, nanya donk? Kira2 brp lama sih pngobatan utk tyroid ini bisa lepas dr mnm obat? Aku udh 2taun nih msh mnm thyrozol juga. Btw km dokter yah? Thx

  13. #13

    Join Date
    Oct 20, 2012
    Posts
    5
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: TIROID

    Sebenernya penyakit tiroid itu berbahaya ngga ya ? aku dulu pernah check up ke dokter.Nah dokter itu menganjurkan untuk lebih sering periksa...

  14. #14
    Platinum
    Join Date
    Jul 22, 2012
    Posts
    125
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: TIROID

    Ehmmm ada 2 org yang ku kenal yg kena struma, tyroid itu struma bukan ya?

    yg satu tante A, nah ini tante membesar tyroidnya, sampe kt dy kena pitu suara, akhirnya dy g bisa ngomong, atas advice dokter disuruh operasi , akhirnya operasi

    Beberapa tahun kemudian numbuh lagi, operasi lagi di RS yang lebih gede,,, g ada setaun udah kerasa ada benjolan lagi, kl dibuat nelen sakit katanya, kmrn USG ktnya gpp, nah tante kurang yakin akhirnya dsarankan berobat di RS yg lebih besar lagi,disuruh konsultasi ama prof narto spesialist bedah KL tp belum berangkat kayanya

    Yg kedua tmn aku, krn keterbatasan biaya tmn aku pilih pengobatan alternatif , skr sih benjolan dilehernya udah ilang, krn g pernah kedokter jadi gatau deh skr udh sembuh apa belum, trus aku jg krg tau dmn pengobatan tradisional dy

  15. #15
    Platinum
    Join Date
    Jul 22, 2012
    Posts
    125
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: TIROID

    Soal tante A, kmrn kakakku nelp dokter yg nge-USG tante A , dokternya bilang"Itu sisa tiroid normal, bukan sisa strumanya, Sehingga sebenarnya tidak perlu kawatir.Kalau tante A udah 2kali operasi sebagian besar tiroidnya sudah diambil,disarankan cek lab rutin tiap bulan, untuk mengevaluasi kadar hormon tiroid dan kalsium darah,Klo hormon tiroidnya turun maka bisa ada keluhan bengkak / edem lokal di leher atau tangan dan kaki,Kalau kalsium turun bisa timbul keluhan kesemutan, kaku tangan dan kaki, berdebar2, kalau belum puas konsultasi langsung juga bisa, tapi melalui poli spesialis di graha amerta atau husada utama, krn prof Narto yang bedah KL, prakteknya di situ"

Page 1 of 33 1 2 3 11 ... LastLast