Efisiensi Energi: Pakai Sedikit, Untung Banyak - Page 3
Page 3 of 10 FirstFirst 1 2 3 4 5 ... LastLast
Results 31 to 45 of 145
  1. #31
    Citizen fabbychic's Avatar
    Join Date
    Jan 24, 2011
    Location
    Jakarta - Seoul
    Posts
    2,365
    Mentioned
    105 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berpuasa Energi? Kenapa Tidak?

    arandhi, karena barang elektronik dalam posisi standby kan tetep nyerep listrik.. chargeran hp gw aja yg pake colokan+switch, biarpun switchnya off, tetep nyetrum itu ujungnya.. makanya gw kalo pergi2 hampir semua colokan dicabut, kecuali colokan kulkas..
    Freelance product photographer, web designer, anything related to graphic design CP: 0811-1922244 (Sms/WA only)

  2. #32
    Permanent Resident
    Join Date
    Mar 4, 2010
    Location
    here and there
    Posts
    609
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berpuasa Energi? Kenapa Tidak?

    Hidden Content baru tau kalo colokan masih nancep itu nyerep listrik, gue concernnya cuman mati-matiin lampu doang. nice info all, keep sharing.

  3. #33
    Resident little_princess's Avatar
    Join Date
    Jul 27, 2011
    Posts
    291
    Mentioned
    16 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berpuasa Energi? Kenapa Tidak?

    baru tau juga kalo colokan2 listrik musti di cabut kalo ngga msh nyerep listrik. nah dirumah ku colokan tv tiga-tiganya masih nancep di stopkontak. colokan kipas angin juga tiga-tiganya gitu di t4 berbeda. sekring ac juga ngga pake di turunin. charger juga suka ngga cabut.
    mampus dah..
    nice info!, thanks for share ya teman2.. musti di ubah kebiasaan yg skrg nih

  4. #34
    Citizen fabbychic's Avatar
    Join Date
    Jan 24, 2011
    Location
    Jakarta - Seoul
    Posts
    2,365
    Mentioned
    105 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berpuasa Energi? Kenapa Tidak?

    mocha, iyaa...yuk mari berhemat energi.. Hidden Content

    little_princess, yah kalo ac sih gw nggak utak atik, soalnya tinggi menjulang sekringnya.. yang gampang2 aja yg penting rutin, hehe..
    Freelance product photographer, web designer, anything related to graphic design CP: 0811-1922244 (Sms/WA only)

  5. #35
    Resident little_princess's Avatar
    Join Date
    Jul 27, 2011
    Posts
    291
    Mentioned
    16 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berpuasa Energi? Kenapa Tidak?

    fabbychic, wokehhh... mari berhemat energi Hidden Content
    5050505050

  6. #36
    Superstar in Training
    Join Date
    Dec 24, 2009
    Location
    jakarta
    Posts
    7,202
    Mentioned
    1004 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berpuasa Energi? Kenapa Tidak?

    waduh...gw kebiasaan men-stand by kan alat2 elektronik nih, harus diubah kebiasaan ini
    gw pake colokan yang bisa on off gitu tapi seringannya tombol on-off nya cepet rusak, padahal udah beli yang mahalan, kan praktis klo mau on-off in semua alat tinggal pencet, yang ada ini jadi pada hidup semua Hidden Content
    Authentic Branded Skincare/ Makeup - click >> Facebook/ Tokopedia Chic Rose Corner - - tidak jual KW/ Aspal/ sebangsanya

  7. #37

    Join Date
    Jul 24, 2011
    Posts
    12
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Rambut Cantik Hemat Listrik

    Berapa banyakkah energi yang dikonsumsi rambut kita?

    Ternyata energi yang digunakan rambut kita bisa mencapai jumlah lebih dari 3 juta rupiah lho, per tahun. Rambut juga melepaskan sampai 1297 kg CO2 ke atmosfer bumi. Pemakaian energi untuk rambut kebanyakan berasal dari dua sumber:
    1. Pemanas air dan penggunaan air untuk keramas. Dengan asumsi rata-rata penggunaan shower selama 10 menit menggunakan 2.5 gallon per menitnya, sementara suhu air normal 25 derajat Celcius dan air panas 50 deracat Celcius, penggunaan energi menurut kalkulator air shower dari Hidden Content adalah 2.962kwh/hari . Artinya dalah setahun, dengan menggunakan tarif listrik rumah R3 tanpa subsidi, biaya energi dari shower air panas untuk mencuci rambut kita setiap hari adalah Rp 1,491,959
    2. Konsumsi energi pengering dan pelurus/pengeriting rambut. Riset di internet menunjukkan bahwa pelurus/pengeriting rambut bisa menggunakan listrik sampai 1200 watt. Semetara menurut situs energysaver , pengering rambut bisa memakai sampai 1875 watt. Dengan asumsi penggunaan pengering rambut adalah 20 menit per hari, dan penggunaan pelurus/pengeriting adalah 20 menit per hari, makan total uang yang kita keluarkan setiap tahun, menggunakan tarif listrik rumah R3 tanpa subsidi, untung menata rambut adalah Rp 516,292


    Jadi bagaimana kita bisa menghemat penggunaan energi untuk rambut, tanpa mengesampingkan perawatan rambut kita?

    Di bawah ini adalah tips untuk tetap terlihat menarik dan bahkan memiliki rambut yang lebih sehat dengan menggunakan energi yang jauh lebih sedikit.

    Gunakan air dingin untuk keramas. Menurut makeupandbeauty.com , air dingin baik untuk rambut karena meningkatkan protein yang didapat oleh rambut dari shampo dan kondisioner, dan mencegah partikel debu mencapai pori-pori di kulit kepala kita. Sumber lain juga menyatakan bahwa mencuci rambut dengan air dingin membuat rambut terlihat lebih sehat, berkilau, dan tumbuh lebih panjang. Karena temperatur dingin menutup kutikula rambut, ini juga menyebabkan rambut menjadi lebih kuat dan mengurangi rambut rontok saat disisir. Di sisi lain, air panas/hangat membuat kilau rambut memudar. Air panas juga melarutkan minyak alami yang dihasilkan kulit kepala yang sesungguhnya baik untuk rambut. Bukan hanya membuat rambut lebih sehat, menggunakan air dingin juga menghemat sampai Rp. 1,5 juta per tahun.

    Kurangi pemakaian air saat mencuci rambut. Menurut ahli penata rambut , David Babaii , keramas terlalu sering bisa mengakibatkan rambut kering. Untuk menghindari kelebihan minyak (dan menghemat penggunaan air), gunakan sedikit bedak bayi pada rambut sebagai dry shampoo, yang membantu menghilangkan minyak dan membuat rambut wangi sepanjang hari. Sebagai alternatif, kita bisa menggunakan kapas kosmetik yang lembab untuk menggurangi kelebihan minyak pada helaian dan akar rambut. Kalau mau, bisa menambahkan sedikit pewangi bebas minyak, atau beberapa tetes perasan lemon untuk wangi yang menyegarkan.

    Gunakan lebih sedikit listrik untuk menata rambut.
    Untuk memberikan volume pada rambut (tips dari David Babaii)
    • Setelah keramas, semprotkan produk penambah volume pada seluruh kepala, remas dan/atau pilin menjadi beberapa bagian, lalu diamkan sampai kering
    • Setelah kering, bila ingin menambahkan volume lagi, tundukan kepala dan hentakkan kembali ke atas dengan sedikit digoyangkan cepat.
    • Supaya bentuknya tahan lama, semprotkan hair spray dengan ringan.

    Untuk meluruskan rambut (tips dari Del Sanden)
    • Setelah keramas dan memakai kondisioner, rambut yang masih basah diberikan produk pelurus rambut yang diaplikasikan pada beberapa bagian rambut, sebelum digulung dengan magnetic roller.
    • Semprotkan dengan air bila mulai mengering saat rambut ditata
    • Ingat untuk memberikan tarikan dengan kekuatan konstan saat menggulung, untuk memastikan hasil yang lebih lurus.
    • Tunggu sampai rambut kering
    • Terakhir, bungkus rambut yang kering dengan sutra untuk mendapatkan hasil yang lebih lembut dan lurus.

    Untuk mengeriting rambut (tips dari stylist Paul Mitchell)
    • Basahkan rambut di malam hari, gunakan produk pengeriting, pelintir rambut menjadi konde cepol kecil-kecil di seluruh bagian kepala.
    • Gunakan karet rambut atau jepitan kecil untuk menahan pelintiran di tempatnya.
    • Pagi hari saat bangun tidur, pakaikan sedikit lagi produk pengeriting, atau gunakan hair spray untuk volume
    • Bila tidak suka dengan hasilnya, ikat ke samping menjadi ekor kuda rendah.

    Untuk membuat rambut berombak (tips dari David Babaii)
    • Keramas di malam sebelumnya
    • Ketika rambut sedikit lembab, bagi rambut menjadi beberapa bagian, kepang dan eratkan dengan karet rambut di ujungnya. Tergantung tekstur yang diinginkan, kepang kendur untuk lebih sedikit tekstur, kepang erat untuk tekstur yang lebih banyak. Kepangan tidak perlu terlalu rapi.
    • Selanjutnya, semprotkan kepangan dengan produk untuk rambut bergelombang, lalu diamkan selama tidur.
    • Ketika bangung, lepaskan kepangan dan goyang-goyangkan kepala sedikit.
    • Untuk membuat gaya rambut berantakan (tips dari David Babaii)
    • Buat kuncir kuda berantakan, cobalah berkreasi dengan memelintir beberapa bagian erat atau kendur, untuk mendapatkan tekstur yang berbeda.
    • Semprotkan sedikit hair spray ringan, lalu tidur
    • Saat bangun, buka kuncir rambut untuk mendapatkan gaya eco-chic


    Ganti hair dryer dengan pelurus/pengeriting rambut agar lebih hemat energi.
    Menurut energy saver, kita bisa menghemat penggunaan energi hairdryer sampai 35% dan pelurus/pengeriting rambut sampai 90%. Cek besarnya watt peralatan sebelum membelinya, dan pastikan terdapat label hemat energi.

    Cobain yuk, bikin rambut tetap cantik tapi juga menurunkan tagihan listrik! Hidden Content

  8. #38
    Resident little_princess's Avatar
    Join Date
    Jul 27, 2011
    Posts
    291
    Mentioned
    16 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Rambut Cantik Hemat Listrik

    gunakan air dingin utk keramas?
    ya.. aku justru gag suka keramas dg aer hangat. bikin rambut keset n kering.
    kurangi pemakaian air?
    blom bisa soale rambutku panjang. bth air byk utk ngebilas shampo n condie. tapi biasa keramas 2hr sekali. jadi cukup lah mengurangi pemakaian air Hidden Content
    hair dryer?
    kebeneran gag bisa pake hair dryer karna rambut ku bakalan makin kering tuh lama2. jd biasanya di angin2in ajah.hehe
    anw, tips styling rambut manual nya okeh tuh...bole dicobain.. Hidden Content

  9. #39
    Silver
    Join Date
    Sep 20, 2011
    Posts
    12
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default

    kalo aku supaya pakaian lebih awet kalo setrika ga terlalu panas dan lama karena kalo terlalu panas dan lama bisa bikin baju cepet rusak..
    trus aku lebih suka nyuci manual ga pake mesin cuci utk baju2 yg bahannya halus supaya ga cepet rusak.

    kalo aku c pake hair dryer bagusnya yg panasnya paling rendah supaya rambut ga rusak trus kadang pakai kipas angin juga supaya ga ngerusak rambut c..
    n kalo pake hair dryer ga bole terlalu lama di suatu t4 jadi hrs dgoyang2in n dikibas2 supaya rambut ga terlalu kering..
    trus jarak hair dryer mesti agak jauh ke kepala..
    Last edited by sugarenspice; Sep 20, 2011 at 04:54 PM. Reason: merge posts

  10. #40

    Join Date
    Jul 24, 2011
    Posts
    12
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Naik Sepeda, Yuk!

    Tahukah Anda? Jika jarak dari rumah ke kantor sekitar 10 km saja, kita bisa menghemat sampai Rp 115.000 per bulan dengan menggunakan sepeda dan memarkir mobil di garasi. Pada saat yang bersamaan, bersepeda selama 15 menit juga membakar sampai 150 kalori, atau sama dengan satu batang coklat. Jika dijadikan kebiasaan, dalam setahun kita bisa mengurangi berat badan sampai 5 kg tanpa harus mengikuti diet tertentu. Selain yang sudah disebutkan barusan, masih banyak keuntungan lain dari menaiki sepeda.
    • Dengan menghabiskan energi (kalori) yang sama, bersepeda 120% lebih efisien dibandingkan dengan motor. Sepeda juga tidak menghasilkan emisi karbon layaknya motor.
    • Menggunakan bus dengan efektif dengan jumlah penumpang maksimal berarti menyelamatkan 12 pohon. Sementara itu, 1 orang yang menggunakan sepeda menyelamatkan 133 pohon sekaligus. Bersepeda berarti berperan serta dengan aktif dalam usaha penyelamatan lingkungan dan pengurangan emisi karbon dunia.
    • Ucapkan selamat tinggal kepada macet! Volume satu buah mobil yang memuat 4 orang sama dengan 12 buah sepeda. Ini berarti jika seluruh pengguna mobil di Jakarta beralih ke sepeda, maka 67% dari jalanan kita akan kosong melompong.
    • Bersepeda dalam jarak yang pendek tapi sering dilakukan akan mengurangi tingkat kematian sampai 22%. Berdasarkan sebuah penelitian, bersepeda meningkatkan kemampuan paru-paru bernafas dan menyehatkan jantung.
    • Dapatkan teman-teman baru! Hari ini, sudah banyak sekali komunitas dimana mereka yang hobi bersepeda berkumpul. Beberapa dari kelompok ini antara lain kelompok sepeda fixie, BMX, dan—salah satu yang sangat penting—Komunitas ‘Bike To Work’. Beberapa di antara komunitas ini bahkan mengadakan acara-acara bersama tertentu seperti kopi darat dan sebagainya. Dengan berkumpul dalam grup-grup seperti ini, semangat bersepeda kita akan meningkat dan kita bisa menghemat energi sekaligus menyelamatkan lingkungan dengan lebih menyenangkan!

    Nah, sudah tahu kan betapa banyaknya keuntungan yang bisa kita peroleh dengan bersepeda? Tunggu apa lagi? Langsung berangkat ke toko sepeda terdekat, atau rancang sendiri sepeda Anda dan cari bengkel canggih yang bisa membuatkannya. Hemat energi, lestarikan lingkungan, badan jadi sehat, dan dapatkan teman baru sekarang juga!

    Sumber:
    Hidden Content
    Hidden Content
    Hidden Content
    Calculate your saving here:
    Hidden Content

    Twitter: @EECCHI
    Facebook: Efficiency Energy
    Facebook Fan Page: EECCHI

  11. #41

    Join Date
    Jul 24, 2011
    Posts
    12
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Efisiensi Energi: Pakai Sedikit, Untung Banyak

    Senangnyaa, teman-teman sudah banyak melakukan kegiatan penghematan energi. Ya, kalau bukan kita yang lakukan, siapa lagi? Hidden Content

    ---------- Post added at 10:15 AM ---------- Previous post was at 10:11 AM ----------

    Karena alat-alat elektronik masih menghabiskan energi bahkan dalam keadaan mati jika kabel masih tercolok..

  12. #42
    Immigrant
    Join Date
    Aug 3, 2011
    Location
    surabaya
    Posts
    192
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Efisiensi Energi: Pakai Sedikit, Untung Banyak

    senang baca thread ini ... byk ilmu dan memicu ga lupa matiin listrik, air plus buang sampah basah kering sesuai dg tempatnya ..

    save the earth starting from ourself Hidden Content

  13. #43

    Join Date
    Jul 24, 2011
    Posts
    12
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default EECCHI Blog Competition

    Join EECCHI Blog Competition so you can send more Indonesian kids to school, save the environment AND win an iPad 2!

    Cara ikutan:
    1. Buatlah minimum 6 blog post tentang bagaimana kamu mempraktekkan efisiensi energi (misalnya mencabut alat listrik setiap selesai digunakan, bersepeda ke kantor, dll) di rumah, kantor dan kehidupan sehari-hari.
    2. Jumlah kata per blog post: 250 – 300 menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia. Sertakan foto juga biar lebih asik!
    3. Share link blog post ke @EECCHI dan tambahkan #SaveEnergy
    4. Periode posting: 10 Desember 2011 – 23 Januari 2012.
    5. Kriteria penjurian:

    • Tulisan menarik
    • Berorientasi pada action dan merekomendasikan efisiensi energi kepada pembaca
    • Berdasarkan fakta
    • Kegiatan efisiensi energi dilakukan di Indonesia


    Juri: Enda Nasution (@enda)

    Tulisan kamu akan masuk ke website (Hidden Content ) dan media promosi EECCHI.

    Tunggu apa lagi? iPad 2 dan berbagai hadiah menarik lainnya siap kamu bawa pulang!

    Butuh data untuk digunakan di dalam tulisan? Kirimkan email ke Hidden Content dan EECCHI siap membantumu!
    Info lengkap mengenai EECCHI Blog Competition dan apa, mengapa dan bagaimana efisiensi energi, follow @EECCHI atau “like” EECCHI di Facebook.

  14. #44
    Beryl cenik renik's Avatar
    Join Date
    Jun 1, 2010
    Location
    Jkt, Bdg
    Posts
    1,141
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Efisiensi Energi: Pakai Sedikit, Untung Banyak

    Banyak tips berguna dari sini yah. Gw penghematam energi baru sebatas matiin lampu kalo ga dipake dan pake lampu hemat energi doang sih. Untungnya emang jarang ngehair dryer rambut, biar kering sendiri aja.

  15. #45
    Immigrant Baglady's Avatar
    Join Date
    Jan 6, 2008
    Location
    Singapore
    Posts
    214
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Efisiensi Energi: Pakai Sedikit, Untung Banyak

    Smoga aja segera ditemukan sumber energi altenatif sblm dunia kehabisan. Tapi sementara ini mgkn harus lbh jarang pake AC dll. Untungnya gw emang lbh suka air dry rambut.

Page 3 of 10 FirstFirst 1 2 3 4 5 ... LastLast