Berat bayi susah naik
Page 1 of 93 1 2 3 11 51 ... LastLast
Results 1 to 15 of 1390
  1. #1
    Sunnyday's Avatar
    Join Date
    Apr 17, 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    78
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Berat bayi susah naik

    Moms, aku pusing banget nih udah 3 bulan ini anak ku beratnya nggak naik - naik, yaitu stay di angka 7.6 Kg dan tingginya juga stay di 66 cm , padahal umurnya udah 10 bulan. Naiknya pernah sempat naik 8 kilo, tapi tanpa sebab yang pasti turun lagi ke 7.6. Anaknya memang aktif sekali, nggak bisa diem.
    Dia memang ada alergi, dan aku curiganya dia alergi laktosa. Dokter pun nggak mencurigai dia sakit apapun.

    Apa mommy2 pernah punya masalah yang sama, share donk !
    ----------------------------------------------------------
    edit:

    berikut chart pertambahan BB normal pada anak.
    perhatikan bahwa range berdasarkan umur, bukan waktu.
    contoh baris pertama, umur 0-2mg, sekian gram. baris terakhir menunjukkan range pertambahan dalam 3bln di usia 9-12 bln. jadi bukan PER BULAN pada 9-12 bln yaa.
    means pertambahan 40gr/bln di usia itu termasuk normal. *siapa itu yg kedengeran tarik napas lega? Hidden Content *

    Hidden Content

    sumber:
    slide @drOei saat #AyahAsi sharing session, 09/06/2013
    Last edited by kirana21; Jun 11, 2013 at 10:54 AM.

  2. #2
    Emerald KiDDo's Avatar
    Join Date
    Feb 21, 2008
    Location
    CGK
    Posts
    609
    Mentioned
    2 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berat bayi susah naik

    Sunnyday, kayaknya ada thread lain yg bahas ttg kesehatan anak dibawah 1 thn deh. Disana sempet dibahas permasalahan ini juga.

    Tapi gw coba bantu jawab juga ya, kalo misalnya anak lu masih dalam batasan BB dan TB yg normal, ya ga usa khawatir. Apalagi kalo dia sehat dan ga menunjukkan sakit apapun. Gak semua anak itu badannya gendut dan besar. Biasanya, diatas 6 bulan, kenaikan berat badan ideal per bulan itu gak sebanyak wkt dia masih baby.
    Kalo anak aktif, utk gendut sekali itu mustahil. Karena energinya lebih banyak habis utk aktivitas dibandingkan jadi lemak di badan yg bikin berat naik.
    Alergi laktosa, taunya dari mana? ada gejala apa?
    Gak semua kasus kalo berat badan gak naik, itu artinya alergi laktosa loh Hidden Content

  3. #3
    Permanent Resident divdev77's Avatar
    Join Date
    Feb 24, 2009
    Location
    depok-jakarta pp
    Posts
    704
    Mentioned
    5 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berat bayi susah naik

    sunnyday, anakku yg pertama jg dulu gitu, berat badannya ga naik2, susah makan.trus ama dsa nya di suruh tes mantoux. eh ternyata dia ada flek paru, jd hrs minum obat selama 6 bulan..setelah itu alhamdulilillah sih, beratnya naik walopun ga bisa gemuk.wong bapak ibunya ga ada yg gemuk kok ngarepin anaknya gemuk,hihihi..
    tp aku setuju ama kiddo, setelah 6 bulan krn anak mulai banyak gerak, kenaikan beratnya ga sepesat sebelum 6 bln. tp yg penting anak tetap keliatan sehat, lincah dan ada perkembangan motorik kasar dan halusnya.
    pertanyaan ku sama ama kiddo, kenapa dicurigai alergi laktosa? sdh pernah di tes?

  4. #4
    Mommies Daily Crew Superstar in Training kirana21's Avatar
    Join Date
    Mar 21, 2008
    Location
    Jakarta, Surabaya
    Posts
    7,622
    Mentioned
    450 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berat bayi susah naik

    sunnyday, biasanya setelah mencapai 6 bulan emang pertambahan berat kek mandeg. tapi, biasanya itu lebih karena aktifitasnya makin banyak sih.
    berat lahirnya berapa ya?
    curiga alergi laktosa kenapa? apa dia ga bisa minum susu sama sekali?

    divdev77, menegakkan diagnosa TB pada anak itu ga gampang. tesnya ga cuman mantoux dan mantoux doang suka nyaru. gue sempet posting Hidden Content .

  5. #5
    Permanent Resident divdev77's Avatar
    Join Date
    Feb 24, 2009
    Location
    depok-jakarta pp
    Posts
    704
    Mentioned
    5 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berat bayi susah naik

    kirana21, iya say.ga cuma mantoux aja. setelah positif di mantoux jg hrs ronsen paru-paru. setelah dua2 nya positif, baru menjalani pengobatan. setelah 6 bln di ronsen lagi, kalo udah bersih/ga ada flek lagi pengobatan dihentikan. kalo msh ada lanjut lagi..CMIIW
    FOR SALECOACH BRONZE, MKORS SNAKE PRINT, COACH BLACK
    PM Please..

  6. #6
    Mommies Daily Crew Superstar in Training kirana21's Avatar
    Join Date
    Mar 21, 2008
    Location
    Jakarta, Surabaya
    Posts
    7,622
    Mentioned
    450 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berat bayi susah naik

    divdev, diantara orang dewasa yg serumah ada yg yg sakit TB emang ya?

    sebetulnya mendiagnosa TB pada anak itu ada scoringnya. 4 ato 5 poin gitu. nah mantoux dan ronsen itu cuma salah 2 aja. satunya lagi ada/tidaknya orang terdekat anak yg sakti TB. proses penularan TB sendiri memerlukan waktu setidaknya 6 bulan dan rata2 setahun. jadi kalo anak dibawah setahun, masi belum bisa dipastikan bener.

    kalo terpenuhi semua poinnya, baru bisa dipastikan TB. kalo ngga, berarti ada kemungkinan bukan TB dan over-medicated. apalagi itu antibiotik lho.
    antibiotik 5 hari aja means 25 hari kita ga punya kekebalan tubuh karena kuman baik yg membantu melawan penyakit ikut mati. apalagi 6 bulan...

    temen gue ada di jkt, anaknya kurus, susah naik BBnya. tiap tahun divonis TB ama dokternya Hidden Content udah second opinion jg. tes mantoux, ronsen, dibilang positif. tapi pada dasarnya temen gue sendiri gampang sakit dan kurus banget. gue kenal dia dari SD. akhirnya di dokter ketiga di sby bilang ga TB karena poinnya ga cukup utk menegakkan vonis. kebetulan memang dokter terakhir ini bukan tipe yg gampang ngasih obat.

  7. #7
    Permanent Resident divdev77's Avatar
    Join Date
    Feb 24, 2009
    Location
    depok-jakarta pp
    Posts
    704
    Mentioned
    5 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berat bayi susah naik

    iya,say. ketularan nenek nya yg sehari2 ngerawat dia. jd sekalian si nenek jg diobati. aku jg lgs tes mantoux utk satu rumah. alhamdulillah aku dan suami bersih.
    FOR SALECOACH BRONZE, MKORS SNAKE PRINT, COACH BLACK
    PM Please..

  8. #8
    Mommies Daily Crew Superstar in Training kirana21's Avatar
    Join Date
    Mar 21, 2008
    Location
    Jakarta, Surabaya
    Posts
    7,622
    Mentioned
    450 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berat bayi susah naik

    oooo...kemungkinan besar emang bener tertular TB kalo ada orang dewasa serumah yg sakit TB.

  9. #9
    Emerald KiDDo's Avatar
    Join Date
    Feb 21, 2008
    Location
    CGK
    Posts
    609
    Mentioned
    2 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berat bayi susah naik

    BTw, anak kalo uda divaksin TB, bisa ketularan TB dari org sekitarnya yg kena TB gak?

  10. #10
    Sunnyday's Avatar
    Join Date
    Apr 17, 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    78
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berat bayi susah naik

    Thanx ya mom dah berbagi .
    Sorry kalo ada thread serupa, aku udah coba cari - cari tapi aku ga ketemu aja.

    Soal alergi laktosa, anaku dulu kata pernah dibawa ke dokter dan kata dokternya alergi susu sapi, karena tiap malem dia nangis kayak orang kesakitan (perutnya kolik), trus disekujur tubuhnya rash gitu. Minum soya juga nggak cocok, akhirnya kita coba kasih nan-ha (yang katanya proteinnya sudah terhidrolisa) tapi masih juga ga cocok, akhirnya kita kasih NL 33, yang ternyata cocok, aku ganti dengan susu No-lactose yang lain juga cocok, tapi begitu aku ganti susu yang proteinnya di hidrolisa ga cocok lagi, jadi aku curiga hanya alergi laktosa.
    Last edited by Sunnyday; Mar 11, 2010 at 12:52 PM.

  11. #11
    Mommies Daily Crew Superstar in Training kirana21's Avatar
    Join Date
    Mar 21, 2008
    Location
    Jakarta, Surabaya
    Posts
    7,622
    Mentioned
    450 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berat bayi susah naik

    sunnyday, pernah coba kasih keju ato yogurt gak?

  12. #12
    Immigrant
    Join Date
    Feb 21, 2010
    Location
    Jakarta-Ina
    Posts
    149
    Mentioned
    7 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berat bayi susah naik

    sunnyday, anak gw juga pernah di diagnosa failure to thrive waktu usia 7 bulan. Ga naik BBnya. Terakhir dtimbang 5 bulan waktu timbang lagi 7 bln beratnya masih sama BB 5 bln. Kalau dilihat di growth chartnya CDC BB anak gw turun 2 persentil..jadi udah masuk kategori failure 2 thrive. Anak gw juga sangat aktif dan punya alergi yg banyak sekali..awalnya gw curiga berat ga naik krn alerginya.terus gw bawa kedokter.
    gw diajarin sama dokter..kalo berat anak ga naik2 pertama yang perlu dicurigai itu adanya silent infection such as ISK atau TB.
    Waktu itu anak gw dicek urine culture ternyata negatif. Kalau TB selama dia udah imunisasi dan dilingkungan tempat tinggal ga ada yg batuk lama...ga perlu test segala macem gitu kata dokter.
    Trus dikonsul deh ke dokter spesialis gizi dan metabolik anak, baru disitu ditest segala macem (test darah) termasuk test alergi susu sapi (ternyata hasil negatif). baru ketahuan dari tes darah kalo anak gw ternyata kekurangan zat besi dan itu yang bikin berat susah naik. terapinya sederhana kok cuman dikasi vitamin besi aja setiap hari selama 2 bln. jadwal makan dan menu diatur lagi sama dokter plus itung2an kalorinya. setelah terapi anak gw beratnya normal walaupun masih dikurva paling bawah.

  13. #13
    Permanent Resident divdev77's Avatar
    Join Date
    Feb 24, 2009
    Location
    depok-jakarta pp
    Posts
    704
    Mentioned
    5 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berat bayi susah naik

    rata2 anak indonesia emang kekurangan zat besi, kata dsa ku. tp sayangnya, krn anakku cenderung gampang sembelit, minum suplemen besi bikin sembelitnya tambah parah. makanan yg kaya zat besi jg doi ga gitu doyan, kayak hati sapi, sayur2 hijau. jd nya ya ga gemuk2..tp asal sehat en ga terlalu kurus aku ga terlalu worried Hidden Content
    FOR SALECOACH BRONZE, MKORS SNAKE PRINT, COACH BLACK
    PM Please..

  14. #14
    Platinum chubbychibi's Avatar
    Join Date
    Apr 3, 2010
    Location
    jakarta
    Posts
    107
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berat bayi susah naik

    klo masalah baby susah minum susu ada yang tau? baby gue klo minum susu (formula krn ASI sudah seretHidden Content ) hrs tunggu setengah sadar a.k.a udah mau terlelap baru deh dimasukin dot ke mulutna. udah hampir sebulan ini kek gitu. alhasil beratnya engga nambah''..
    ada yg tau kenapa?

  15. #15
    Quartz seesca's Avatar
    Join Date
    Dec 8, 2009
    Location
    jakarta-indonesia
    Posts
    340
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Berat bayi susah naik

    chubbychibi... bayi gw juga gitu... dari umur 2 bulan dia susah nyusu... cuma mau nyusu kalo ngantuk atau udah tidur... sekarang dia udah 5 bulanan, teteppp aja susah... gw masih kasih asi sih, belum nyoba formula... tapi dia juga gak mau pake dot... kalo pake sendok disuapin mau tapi gak bisa banyak trus lama pula minum dikit aja... Beratnya juga nambah dikit2 doang...
    katanya sih itu ada masa2nya bayi susah nyusu, ntar juga mau lagi.... tapi anak gw koq lama bener yah... Hihihi gak nolong yah gw...

Page 1 of 93 1 2 3 11 51 ... LastLast

Similar Threads

  1. Anak susah makan
    By chloe05 in forum Meal Time!
    Replies: 2274
    Last Post: Yesterday, 04:47 PM
  2. Babies & Kids Skincare Products
    By meytrianee in forum The Little Gear
    Replies: 2032
    Last Post: Jul 7, 2019, 09:44 PM
  3. Obat Pencahar
    By aubrey in forum Health Problems & Treatments
    Replies: 1167
    Last Post: May 24, 2019, 04:17 PM
  4. Tol & Parkir Mal = NAIK!
    By mizzdevi in forum Current Issue
    Replies: 369
    Last Post: Apr 30, 2019, 09:43 PM