Problem Perilaku Anak di Sekolah - Page 2
Page 2 of 7 FirstFirst 1 2 3 4 ... LastLast
Results 16 to 30 of 94
  1. #16
    Emerald
    Join Date
    Dec 20, 2012
    Posts
    755
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default

    E-hijab,
    Yg jelas kalo msh 4th sih kekecilan ya kalo udh minta jajan,ponakan2 gw baru ABG diksh uang jajan (sekitar umur 10th),tp apa makanan yg mereka mau,dibeliin nanti sama kakak gw.Akhirnya mereka jd kebiasaan gak jajan,soalnya dr rumah dibekalinnya udh enak2.
    Lagipula jajanan skrg takut kebersihannya kurang,pake vetsin atau pewarna dll.

    IMHO,anak gw skrg ampir 4,5th,gak akan gw ksh uang jajan ampe dia remaja,kalo mau makanan apa tinggal bilang,bs bikin sendiri atau kita beliin jd ketauan bagus enggaknya sebelumnya.

  2. #17
    Quartz
    Join Date
    Jun 28, 2011
    Posts
    252
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Problem Perilaku Anak di Sekolah

    libeth,
    anakku juga dibawain jajanan ke sekolah tapi karena lihat temen2nya pada jajan, jadi deh ngiler pengen jajan dia.
    kemarin dikasih jajan 2000 ternyata dia hanya beli mainan. karena memang sudah diingatkan hanya boleh beli mainan.
    mudah2 an ngak keterusan minta jajan.

  3. #18
    Permanent Resident
    Join Date
    Aug 13, 2012
    Posts
    563
    Mentioned
    22 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Problem Perilaku Anak di Sekolah

    E hijab.. Mungkin uda basi ya nanggepin sharingnya.. Hihi.. Tp aku mau sharing ni, anakku sekolah dari preskul skrg uda mau tk A.. Problem jajan itu muncul ketika sekolahnya inipindah ke gedung baruyg ada kaninnya. Di kantin ini kan banyak nyediain jajanan anak. Nah seriap pulang skul dia selal merengek ke kantin.. Selalu ingin jajan. Mmang blm ngerti uang. Tp ngerti jajan.. Kurang berhasil untuk melayang, krn teman2 nya juga jajan.. Hix

  4. #19
    Permanent Resident
    Join Date
    Feb 15, 2013
    Posts
    556
    Mentioned
    19 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Problem Perilaku Anak di Sekolah

    Hai Hot Mommy out there!!
    Anak saya laki2 umur 3 tahun dan juli lalu mulai masuk PG. anak saya ini belum pernah sekolah sebelumnya. Problemnya tuh ya setiap pagi pas mau masuk ke kelas dia selalu nangis kenceng ngga mau masuk ke kelasnya. Maunya dia ikut saya pulang. Hadehhhhh padahal udah sebulan kelakuannya not getting better. Kalo udah ketemu gurunya dia mau buka shoes, put on the rack and masuk kelas sambil2 nangis2 gitu deh. Kata gurunya pas masuk anak saya nangis 5 menit lalu setelah itu ngga nangis lg ampe pulang dan mau ikut semua aktivity. Jadi problemnya pas pagi hari. Ibu2 ada ngga yg pernah ngalamin kayak gini? Please share with me. Stress juga tiap pagi begini terus.

    ---------- Post added at 02:47 PM ---------- Previous post was at 02:40 PM ----------

    Tambahan info:
    Setelah saya tinggal kan dia masih nangis tu sebentar, setelah itu dia happy aja dan mau ikut semua altiviti. Makannya juga habis dan mau ikut instruksi teacher nya. Pas pulang saya jemput dia happy. Dan di sekolah ngga ada yg nakal ke dia. Teman2nya ngga ada yg kasar jg.

  5. #20
    Permanent Resident
    Join Date
    Feb 15, 2013
    Posts
    840
    Mentioned
    125 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Problem Perilaku Anak di Sekolah

    3babies..
    Anak aku juga baru masuk PG dan sempet hampir tiga minggu dia selalu nangis tiap kali mandi pagi, karena takut ga mau sekolah ..
    Tapi untungnya setelah tiga minggu, dia jadi ngerti kalo semua anak harus seolah biar pinte. Aku kasi contoh anak tetangga semua pun pada sekolah. Skrg tiap kali mandi ga nangis lagi.
    Tapi ada problem baru, dia di skull centil banget, suka melukin cewek dan gemes sama cewek cakep.
    Haduuuhh jadi puyeng deh aku, gurunya suka cerita ke aku soalnya. Kan ga enak sam ortu anak cewek akunya..
    Ampuunn deehh

  6. #21
    Resident Cor_n3L's Avatar
    Join Date
    Nov 8, 2010
    Location
    jakarta-indonesia
    Posts
    477
    Mentioned
    40 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Problem Perilaku Anak di Sekolah

    Hi moms, anakku 3th dan sdh masuk PG..awalnya dia excited bgt kl mau berangkat sekolah,dan biasanya dia main dl dan kmudian gabung beraktifitas dgn tmn2nya..skrg dia mogok sekolah,dan selalu nangiss dan minta pulang kl sdh sampe sekolah,seperti ada yg ga dia suka..udh 2x skrg ga masuk,krn abis mandi dipakein seragam aja ga mau apalagi berangkat sekolah dan gw ma hubby ga maksain dl,rencananya mgg dpn mulai diajak sekolah lg dan mau ngobrol sama gurunya,kira2 apa yg membuat dia mogok sekolah..krn terakhir,hubby ngeliat ada guru baru yg pendekatan sama anaknya agak kurang..anak mogok masuk didpn pintu malah dipaksa masuk dgn diangkat,pdhal guru yg biasanya ngebujuk bukan dipaksa gitu..sampe akhirnya mikir apa dia pernah dimarahin atau apa ya sampe kyk trauma gitu kl liat sekolahnya..

  7. #22
    Citizen
    Join Date
    Aug 12, 2013
    Posts
    1,980
    Mentioned
    6 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Problem Perilaku Anak di Sekolah

    Cor_n3L
    Menurut gw sih lebih baik pas lg ajak anak main2 lo tanya pelan2...suka ga sama sekolahnya, di sekolah banyak temen ngga, main apa aja di sekolah, ibu guru baik apa ngga, belajar apa di sekolah....biasa anak akan cerita dg sendiri nya klo ada yg dia suka atw ga suka

    Btw...anak lo sudah bs diajak komunikasi kan? Ngomong ud lancar kan? Dr pd lo tanya guru langsung mending tanya ke anak dl. Gw suka ga percayaan ma guru sih hihi...
    Pendekatan ke tiap anak tuh ga bisa disamaratain. Ank gw 3 org aja lain2.

    Sekarang sih ank gw ud besar2 paling kecil ud kls 1 sd tp rasanya baru kemarin liat mereka di TK. Untungnya semua anak ga pernah ada yg mogok sekolah. Seneng2 aja sm sekolahnya. Klo temen sih sllu ada ya 1 atw 2 ank yg mengganggu tp ga sampe bikin mogok sekolah

    Biasain suka ajak anak ngobrol aja habis pulang sekolah gtu nanti anak jg akan terbiasa cerita klo ada hal2 yg dia suka atw ga suka di sekolah. Anak gw yg sd jg sllu cerita ma gw tanpa gw tanya

    Jangan dipaksa dl klo anak ga mau...takutnya jd trauma. Mending sekali2 lo temenin dia ke sekolah trus cerita n coba cari tau dr guru kira2 ada kejadian apa di sekolah yg bikin anak jd males sekolah

    Anak gw yg no 1 dan 2 awal2 sekolah harus ditungguin begitu gw pulang msh sempet nangis nyariin tp ga lama ud bisa gabung ma temen2 tanpa ditungguin. Klo anak yg no 3 justru dr hari pertama gw langsung tega sengaja tinggalin dia di sekolah. Ngga gw liatin. Krn gw ga mau terjebak hrs stay di sekolah berhari2 nungguin hehe...gw cm ngintip. Ank gw ga mau gabung sm temen2nya dia mojok dibelakang lemari mainan ditanya guru diem diajak ngomong temen dia dieeem aja. Tp dia asiik main sendiri. Guru ga maksa. Kurang lebih begitu selama 3bln. Lama kan??? Tp setelah 3 bln itu dia baru komunikasi sm guru n temen2nya. Ya gpp lah selama dia mau sekolah n ga nangis2 dsna. Anak kan beda2 cara adaptasi nya

    Klo ud tau penyebabnya lo akn lebih gampang buat nentuin apa cara yg paling tepat utk bikin anak semangat lg ke sekolah

  8. #23
    Resident Cor_n3L's Avatar
    Join Date
    Nov 8, 2010
    Location
    jakarta-indonesia
    Posts
    477
    Mentioned
    40 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Problem Perilaku Anak di Sekolah

    Nah itu junexander,aku sampe tanya knp ga mau sekolah,jwbnya cuman ga suka,ga sukanya kenapa dia ga mau jawab..trus tanya jg gurunya baik ga,dia jawab baik..sempet beberapa kali ga mau masuk kelas tp setelah dibujuk dengan mainan atau buku dia mau..malah ada tmn sekelas dia yg dia suka main bareng ngajak masuk,dia mau..terakhir itu smua jurus udh ga mempan..terakhir sekolah malah jdnya cuman main diluar ga msk kelas..masalahnya dlm 3x pertemuan dlm seminggu ada 1hr yg gurunya berbeda dan sepertinya guru yg itu ga ngerti,malah dipaksa masuk sampe diangkat gitu..waktu itu kbetulan hubby yg nganter sampe blg,jgn dipaksa bu,nanti malah jd ga mau beneran..
    Baru deh gurunya mulai ngebujuk dgn lbh halus tp anakku udh keburu ga mau..
    Waaah 3bln yaah..iyaa,memang tiap anak beda2 siy ya..yg bingungnya 1 bln awal dia ga masalah mom,malah seneng bgt sampe pas dia liburpun ngajak kesekolah,ditinggal jg ga nyariin mamanya..skrg malah jd menurun Hidden Content
    Ok mom,thanks masukannya..aku coba lg pendekatan pas nganter sekolah nanti..duh,mudah2an ga drama lg ya.. Hidden Content

  9. #24
    Citizen
    Join Date
    Aug 12, 2013
    Posts
    1,980
    Mentioned
    6 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Problem Perilaku Anak di Sekolah

    Sama sama say...yg penting lo sama guru harus kerjasama, harus sabar. Ada kog temen anak gw tiap masuk kls ngamuk jejeritan nangis teruuus. Guru gendongin. Ada kynya 1 blnan. Lama2 ngga lg tuh. Klo menurut gw gpp biarin aja mainan diluar sambil sesekali guru coba2 ajakin dia masuk. Biasa bawain mainan gtu anak mau kog atw biarin dia bw mainan dlm kls. Lama2 dia pasti ikutan temennya belajar. Yg penting anak masih mau ke sekolah. Mdh2an ga lama2 mogoknya ya say...harus sabaaaar

  10. #25
    Silver
    Join Date
    Nov 4, 2013
    Posts
    11
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Problem Perilaku Anak di Sekolah

    Hai mommies.. boleh ikutan sharing ya.. mmg masing" anak beda x yah.. sy jg py masalah dgn anak sy yg kecil umur 6 1/2 thn kelas 2 sd. Kalau buat pergi sekolah ga ada masalah sih tapi yg buat masalah itu males banget d suruh buat nulis. Alhasil semua catatan ga ada yg lengkap, sy sampai kalap minjem sm teman nya.. tp yg saya heran kalau ulangan msi tetap msi dapet nilai standard.. apa para mommies py solusi nya buat ngadepin anak yg begini??
    Secara semua uda di lakuin, smpe pernah d tinggal d sekolahan cuma buat nyelesaikan catatan tapi cuma mempan 1 mggu aja..

  11. #26
    Citizen
    Join Date
    Aug 12, 2013
    Posts
    1,980
    Mentioned
    6 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Problem Perilaku Anak di Sekolah

    Wenly
    Anak lo kemudaan umurnya ya? Masa 6 1/2th ud kls 2. Anak gw pas umurnya juni kemarin 6th masih kls 1 sd. Umur yg kurang juga biasa pengaruh ke perilaku anak lho. Soalnya dia belum siap. Ky anak gw yg pertama juga gtu...umurnya kurang. Lahir udah november akhir harusnya masih tk.B waktu itu tp gw langsung pindahin masuk sd kls 1. Ya gtu....gw nya harus sabar n tiap hari di les in baca tulis. Untung bisa ngikutin

    Mang anak beda2 ga bisa disamain cara kita memperlakukannya juga. Ank gw yg kls 1 ini malah ga mau belajar klo ada ulangan. Kebiasaan TK ga pernah belajar jd dia ga mau ditanya jawab klo mau ulangan gitu

    Dia cm mau baca aja. Itu jg cm kadang2 mau bacanya. Ga dihafal. Gw yg pusing. Jadi akhirnya gw yg bacain buat dia, gw ulang2. Baca2 aja dr latihan ps nya. Hafal juga kog. Klo nulis banyak2 juga males, dia bilang capeee tangannya sampe pegel. Kasian juga siih. Sekolah jaman skrng berat ga ky jaman dulu. Jd gw ga paksa...klo kurang2 gw pinjam atw fotocopy trus suruh salin dirumah

  12. #27
    Permanent Resident n_jie's Avatar
    Join Date
    Aug 27, 2012
    Posts
    942
    Mentioned
    36 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Problem Perilaku Anak di Sekolah

    emak-emak,
    anakku 2,5 thn baru sekolah toddler di Penabur 3 bulan lalu.
    dia sangat suka sekolah. tiap hari mau nya sekolah. *aneh* jadi aku ga pernah ngalamin bujuk2 anak sekolah. ahahahaha.. aneh banget kan

    permasalahannya,
    baru2 ini aku perhatiin, dia klo main ditaman atau dimana ga mau gaul sama anak2 kecil laennya.
    kemarin ini didepan mata ku sendiri, kita lagi jalan di restoran, trus ada anak kecil diem2 aja berdiri dijalan, tiba-tiba, OMG, anak gue dorong tuh anak.
    emank ga keras n ga sampe jatoh sih, tp gue kaget aja. OMG anak gue ini preman atau apa.
    Itu anak kecil juga bae2 aja ga ngapa2in cuman berdiri doank. tiba2 aja pas kita lewatin (mo jalan) tu anak gue dorong tuh anak.
    kesannya kaya, "minggir lo ini jalan gue" gitu banget. gaya preman abis.
    gimana ya biar dia behave. denger2 klo ginian ga bisa diomelin nanti malah makin jadi.
    aduh binggungggg... jangan2 dia di sekolah malah menindas temen2 nya pula.

  13. #28
    Citizen
    Join Date
    Aug 12, 2013
    Posts
    1,980
    Mentioned
    6 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Problem Perilaku Anak di Sekolah

    n_jie
    Gw jg bingung mang dalam sekolah tuh sllu ada 1 atw 2 org anak yg kaya anak lo tuh hehe...klo gw kebalikannya justru anak2 gw ga berani klo sama org lain. Berani nya justru klo berantem sesama kakak adik. Bete kan???

    Jd klo di skul ada yg dorong atw nyubit nonjok dia diem aja. Sampe gw nya greget gw suruh balas hehe...tp mang dasarnya anak ga bisa begitu ya dia ga balas...alasannya takut ketauan guru nya nanti dia malah dimarahin

    Ampuuun deh gw. Nyokap marahin gw. Dibilang malah bagus anak ga usah berani2 nanti klo dia jagoan malah sering berantem di skolah kita jd ortu nya malah repot klo anak kita suka pukul anak orang

    Ya paling lo tanya guru aja...gimana anak lu di sekolah. Trus pesen ma guru nya klo dia begitu gpp ditegur aja. Gw sih sllu pesen ma guru anak gw...klo anak gw bandel atw salah ya gpp dimarahin kan ada jg ortu yg ga suka klo anaknya dimarahin. Gw sih no problem klo anak gw mang salah n selama guru negornya ga main tangan

  14. #29
    Permanent Resident n_jie's Avatar
    Join Date
    Aug 27, 2012
    Posts
    942
    Mentioned
    36 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Problem Perilaku Anak di Sekolah

    junexander,
    iya tuh itu tuh anak2 ya ampun....
    kemaren sampe gurunya itu telpon gue pas gue lagi meeting kan dikantor. gue langsung sadar itu no telpon dari sekolahan anak gue kan. uda deg-degan aja ada apa2.
    ternyata anak gue kecebur ke kolam renang gara2 berantem ama temen nya. gara-gara rebutan mainan.
    masyaala dehhhhh.... trus gue dipanggil deh kesekolahan dikasih penyuluhan.
    MATENG DAHH!!

    intinya, gue ga boleh marahin anak gue klo dia berlaku over, anak2 wajar begitu terutama the only child.
    guru nya bilang, ada beberapa murid dia yang emank egois, ga bs share apa2 ketemen2 nya makanya berlaku kaya gitu. sebagian besar emank the only child in the house.
    oke lah ya emank semua yang hidup disekitar anak gue ya orang dewasa semua.
    1-1 nya temen anak gue yang di tolerir ama dia ya cuman ponakan gue yang jauh tinggalnya. sisanya ya semua MANJAIN dia.
    tapi mau gimana... gue kerja, laki gue kerja.
    practically dia hidup sama nyokap gue or mertua gue or tante gue yang SEMUA nya manjain dia.
    weeeeHidden Content the only child gitu looooo....

    apa ini tandanya gue harus punya anak lagi??? blon ada planning sih..... Hidden Content

  15. #30
    Citizen
    Join Date
    Aug 12, 2013
    Posts
    1,980
    Mentioned
    6 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Problem Perilaku Anak di Sekolah

    Wkwkwk..no wonder anak lo begitu. Samaa ky anak gw yg pertama. Yg namanya dididik nyokap bokap kita tuh ud pasti salah didik deh hehe...knp gw bilang gtu soalnya gw cape ati ngadepin anak gw yg gede. Secara sampai hampir umur 5th anak gw diurusin nyokap, dirumah ga ada anak kecil selain dia, itu cucu pertama n laki2 pula...ya udah deh apa juga dikasih. Tiap hari beli mainan, makanan dirumah ga suka, nyokap gw pergi beli makanan diluar. Efek nya sampe sekarang...makan pilih2 cerewetnya minta ampun, pake barang mau nya ber merk semua.

    Capeeee....apa2 dibeliin teteep aja buat dia kurang. Jaman kls 5 sd gw ga beliin dia BB, nyokap diem2 beliin dia onyx2...suka diem2 ksi duit buat dia padahal tiap hari gw kasih duit jajan masih bawa makanan jg dr rumah....disekolah ternyata dia ngebossin temen2nya semua dijajanin, gw tau juga dikasih tau nyokap temennya....dia bilang kog gw kasih duit jajan anak gw banyaak banget tiap hari dia jajanin orang. Shock gw...

    gw sampe telf wali kls nya. Gw ceritain. Besokkannya gurunya bilang depan kls suruh anak2 yg dibayarin jajan n pinjam duit ma anak gw disuruh balikin semua. Gw sih ga minta balikin yaa...tp mang gurunya yg minta balikin spy besok2 ga kejadian lg. Gw ngoceh habis2an gw bilang jangan sok kaya ya bla bla bla teteeep ga berubah

    Anak lu kan masih kecil paling pelan2 dibilangin aja takutnya dia pukul temennya. Tau sendiri klo ank kecil berantem 5 mnt ud baikan tp kan klo ortu nya ga terima nanti bisa jadi kita yg berantem ma orang. Banyak kejadian gitu di sekolah

    Ajarin anak utk berbagi juga bisa kog...kasih tau klo main gantian sama temen atw sekali2 lo kasih dia makanan atw kue trus suruh bagi ke temen nya. Mang agak susah ngerti sih anak2 tp lama2 dia juga ngerti kog

    Ya ud boleh punya anak lg tuh soalnya anak lu ud 2.5th kan. Klo hamil skrng juga termasuk agak jauh selisih umurnya. Anak gw yg gede krn biasa manja sama adek2nya beda 5 dan 7th aja bisa berantem. Ga mau ngalah. Klo gw marahin eh dia balik bikin nangis adeknya...pusiiing lah

Page 2 of 7 FirstFirst 1 2 3 4 ... LastLast

Similar Threads

  1. Problem: Kulit Berminyak
    By sari in forum Skin Care Talk
    Replies: 2785
    Last Post: Jun 18, 2019, 11:43 AM
  2. Skin Problem
    By angel rose in forum Health Problems & Treatments
    Replies: 346
    Last Post: Jul 12, 2018, 10:24 PM
  3. Problem Tumbuh Kembang Anak
    By cutedevil0203 in forum Behavior & Development
    Replies: 432
    Last Post: Mar 23, 2018, 10:41 AM
  4. Replies: 58
    Last Post: Nov 14, 2017, 07:30 AM
  5. Solusi buat anak yang mogok sekolah
    By Ally in forum School's Cool
    Replies: 48
    Last Post: Mar 8, 2017, 09:43 PM