Terrible Twos

Thread: Terrible Twos

Page 1 of 13 1 2 3 11 ... LastLast
Results 1 to 15 of 183
  1. #1
    Co-founder & Business Director Citizen affi's Avatar
    Join Date
    May 28, 2007
    Location
    Jakarta, Indonesia
    Posts
    1,325
    Mentioned
    43 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Terrible Twos

    Hello moms,

    Aluf kan udah 2 tahun nih dan udah mulai keliatan nih gelagat2 terrible twos-nya. Sebenernya belum terrible2 banget sih tapiii sebelum mengalami yang bener2 terrible gue pengen tau tips2nya menghadapi anak umur2 segini dari pengalaman ibu2 yang lain di sini.

    Yg udah gue lakukan sih sistem time out itu dan lumayan berhasil. Cuma gue masih suka bingung menghadapi kelakuannya kalo udah ngamuk di tempat umum. Sebenernya dia belum pernah yg bener2 ngamuk parah gitu sih, tp kl dia lagi kita ajak ke supermarket misalnya, di mana banyak banget hal2 yang pengen dia liat atau pegang, sementara kitanya jg gak bisa nurutin kemauannya dia, mulai deh nangis kejer Hidden Content

    Nah kalo kejadian kayak gitu gimana ya? Yg gue baca katanya sebaiknya anak itu dibawa ke tempat yg agak sepi dan biarin aja emosinya mereda sendiri baru dikasih pengertian. Tp kalo misalnya lagi belanja di supermarket yg rame bgt dan gak ada tempat sepi di deket2 situ, gimana?

    Ditunggu pengalaman2nya dan tips2nya yaaa Hidden Content
    Should I buy this one or that one?
    Save yourself from the headache and read reviews from thousand of our members!

  2. #2
    Citizen Lissy's Avatar
    Join Date
    Jun 30, 2008
    Location
    Bandung
    Posts
    1,134
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Terrible Twos

    affi anakku juga mulai2 nih, aku juga nyoba sistem time out. baru 2 kali dicobain jd ga tau berhasil apa engga. sedangkan untuk di tempat rame sih kalo dia mulai tantrum yg ampe gelagat bakal menjerit, aku lgs cabut. bawa pulang aja, cuma kadang di jalan dia udah lupa tadi kenapa lgs pulang.
    He he he he tidak membantu ya, hanya curhat tanpa solusi nih.
    Bridal / Make Up / Course / Sulam Alis, Eyeliner, Bibir
    www.aliciabridal.com

  3. #3
    Beryl RitArif's Avatar
    Join Date
    Feb 20, 2008
    Location
    Pamulang....
    Posts
    1,531
    Mentioned
    2 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Terrible Twos

    Alhamdulillah, kalo awa gak sampe jerit gimana gitu. Tapi kalo dia mau sesuatu dan gak mau gerak kec di beli, gw tinggal aja in the end dia pasti takut di tinggal dan balik lage. I had more difficult with her kalo ngumpul di rumah mertua... Dia pasti salting... Cari perlindungan ama neneknya... Paling pas dia dah calm down baru aku ajak ngobrol knp dia ngambek.

    It's definitely a period where they test your patience.
    Posted via mobile Device
    Last edited by RitArif; Jan 22, 2010 at 10:28 PM.

  4. #4
    Citizen Lissy's Avatar
    Join Date
    Jun 30, 2008
    Location
    Bandung
    Posts
    1,134
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Terrible Twos

    RitArif yg jelas sih skr aku ngerti kenapa banyak org yg udah married menderita darah tinggi he he he
    Bridal / Make Up / Course / Sulam Alis, Eyeliner, Bibir
    www.aliciabridal.com

  5. #5
    Emerald arzha's Avatar
    Join Date
    Sep 10, 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    608
    Mentioned
    1 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Terrible Twos

    Affi,

    sama bangeeeeeeeet sama anakkuu.. biasanya minta es krim! hahaha..
    biasanya sih yg ampuh d rayu yg lain.. kira2 yg bikin dia tertarik.. sambil d kasi wejangan2..
    langsung tampang kaget gitu, eh liat tuh ada apaan? eh ini lucu ya gambarnya?
    eh ada pupus lho, pupus bunyi nya gimana coba? ntar biasanya d jawab ama dia, sibuk liat gambarnya.. ntar lupa deh..

    kadang kalo lg cranky kuadratnya, d rayu ntar aja ya es krim nya, ada yg lebih enak lho d sebelah, yg ini ga enak.. kan kecil.. besok ya kita beli es krim nya..

    kadang mempan, kadang ga..

    kadang kalo cape bujuk kaya gitu, pake plototan ampuh, suara datar tapi tegas. be a good girl, jangan ngerengek2, nanti mommy marah.
    kadang ampuh juga Hidden Content

  6. #6
    Superstar in Training Lena's Avatar
    Join Date
    Aug 28, 2007
    Location
    Indonesia
    Posts
    6,401
    Mentioned
    839 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Terrible Twos

    my best friend has the most polite toddler i've ever met in my life! he's now three but i've met him on and off since he was 1,5 yeas old. mereka tinggal di jerman sih. kadang dia cerita cara dia didik anaknya, dan kalau mereka pulkam, gue selalu sempetin spend time with them, e.g jalan2 sama mereka somehwere outdoors-sy. gue perhatikan cara dia didik anak adalah, anak selalu diberi pengertian dan diajak diskusi about the why and what nya. gak cuma bilang gak boleh. trus, nangis2 dll dibiarin, gak pake dibujuk2 ato peluk2. malah kita ya go about our own business. akhirnya dia lupa juga kalo dia mesti nangis karena repot ngejar kita ato distracted with something else Hidden Content

  7. #7
    Quartz
    Join Date
    May 21, 2008
    Location
    the city of dreaming spires
    Posts
    392
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Terrible Twos

    Menurut gw, tantrum biasanya ada sebabnya, biasanya anak lapar, capek, haus dsb. Kalo gw, selalu siap minum, snack dimanapun kita berada.

    Kalo menghadapi tantrum di tempat umum, tiap anak siasatnya berbeda. Utk anak gw yg pertama, yg mujarab cuma bawa cepat2 ke luar dari tempat tersebut, anakku kalo udah ngambek, susah calm down-nya. Kalo udah tenang, dia bisa dikasih tau, dia jg gak takut ditinggal, beberapa kali gw coba jalan gak merhatiin dia, eh dia malah kabur ke arah laen. Dia memang gak ada takutnya. Utk anak kedua, lebih gampang, biasanya aku alihkan perhatian, biasanya aku suruh bantuin belanja, misalnya taruh barang2 di trolley, suruh berhitung atau cari barang yg warna tertentu.

  8. #8
    NewcomerCitizen
    Join Date
    Jan 20, 2009
    Location
    Bandung
    Posts
    1,689
    Mentioned
    81 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Terrible Twos

    sebelum pergi atau masuk ke toko, biasanya udah dikasih warning dulu, hari ini kita mau belanja buat keperluan rumah. gak beli mainan ya.
    atau kalau di supermarket, dia pengen semua makanan dan minuman, aku bilang, ya boleh, satu aja. pilih.
    kalau lagi di mall, liat2 terus pengen mainan, ya itu tadi, kalau udah dikasih warning gak beli mainan ya diingetin lagi. kalau misalnya masih keukeuh maksa2, aku coba kasih pengertian. mainannya emang bagus ya, pantesan abang suka. tapi itu kan harganya mahal (secara biasanya emang maunya yang mahal), kita kumpulin dulu uangnya sedikit. kita kan keperluannya banyak, harus dibagi2. nanti kalau beli mainannya ini sekarang, jadi gak bisa beli buat makan kita dong. etc2.
    it takes a lot of effort pastinya. kadang kalau udah capek pengennya melototin dan ngancem aja (kejadian juga sih). tapi sebisanya ya pake pendekatan 'beradab' dulu.

  9. #9
    Immigrant
    Join Date
    Nov 7, 2008
    Location
    jakarta, indonesia
    Posts
    161
    Mentioned
    10 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Terrible Twos

    anak gw 2taun 3bln, paling ngamuk kalo naek escalator kita pegangin, minggu lalu di depan gramed emporium nangis2 gara2 kita paksa gandeng tangan nya pas turun dari escalator, udah gw tinggal tetep aja diem di depan escalator, sampe ahkirnya diem pas di bawa turun and dia naek sendiri with my hubby beside him.

  10. #10
    Permanent Resident Chrissie's Avatar
    Join Date
    Dec 19, 2008
    Location
    Jakarta, Indonesia
    Posts
    664
    Mentioned
    66 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Terrible Twos

    affi: sharing pengalaman aja ya - anak gw udah 6 tahun, cewek, tapi dari kecil selalu gw didik disiplin. Jadi kalo lagi ke mall, dari rumah gw kasih tau, hari ini kita pergi dan kamu diajak, tapi harus nurut sama mommy, dan juga harus dijelasin kita ke mall mau ngapain... belanja kepeluan dia atau keperluan mommy.

    Trus kalo dia mulai liat2 barang, kepengen sesuatu dan kita gak kasih, pelan2 bilang ke dia, "ayo...ingat gak, tadi kita kesini mau beli apa?"... nah kalo dia masih bete juga, dialihkan aja perhatiannya ke hal lain disekitar mall. Dan biasanya sebelum pulang, aku selalu beliin sesuatu (roti or coloring book) dan puji kalo dia berkelakuan baik hari itu.

    Hope that help!
    "Time will tell"

  11. #11
    Mommies Daily Crew Superstar in Training kirana21's Avatar
    Join Date
    Mar 21, 2008
    Location
    Jakarta, Surabaya
    Posts
    7,622
    Mentioned
    450 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Terrible Twos

    mmmpphhh...kayaknya terrible two ini ga mutlak juga two-nya yah. ada hubungan sama karakteristik anaknya juga.

    bener indiegirl, kayaknya anak lo kebalikan ama anak gue d1 & d2. d1 lebih gampang dikasi pengertian, d2 kalo maunya ya maunya.

    lena, iya gue pengennya juga bisa secuek itu. tapi masi setengah ati soalnya diliatin orang di tempat umum kalo anak kejer dicuekin. gue sih biasanya klo udah gagal ngebujuk dan anak tetep kejer, gue lempar senyum aja sama org sekitar. senyum "udah biasaaaa" Hidden Content
    tapi overall walo anak kejer di tempat umum, keliatan kok parents yg bisa handle sama yg engga. cuek pun cuek sengaja sama cuek hopeless juga kentara Hidden Content
    gue pernah ketemu anak yg kejer di mcD gara2 keluarganya udah mo pulang tapi dia ga mau turun dari highchair. emaknya hopeless gitu ngeliatin blank doang. too bad, padahal tinggal angkat aja tuh anak dari highchair dan bawa keluar biar kejer diluar.

  12. #12
    Permanent Resident
    Join Date
    May 29, 2008
    Location
    Cirebon
    Posts
    873
    Mentioned
    6 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Terrible Twos

    kirana, gw ngebayang lo lg ditempat umum dan berusaha senyum sama org2 padahal pengen ngejitak ya hihihi Hidden Content
    adam kalo lagi buat ulah ditempat umum gw kasi "the look" (cieh), maksudnya natap tajam gitu dan gw blg yg teges, kalo dia masih gak nurut akhirnya gw blg "kalo gt mummy tinggal aja ya" sambil walk out
    biasanya dia makin kejer tuh, tp abis itu berhenti nangisnya pas gw tegesin lg kalo dia gak berhenti nangis, gw tinggal. nanti pas sampe di mobil/dirumah baru gw jelasin kalo behaviour kayak gitu unacceptable (mummy gk suka, mummy marah) trus dia minta maaf.
    menurut gw, teribble gak berhenti sampe di "two" buktinya adam almost 5 yo 6 bulan lagi, masih suka nangis dan teriak gak jelas Hidden Content

  13. #13
    Mommies Daily Crew Superstar in Training kirana21's Avatar
    Join Date
    Mar 21, 2008
    Location
    Jakarta, Surabaya
    Posts
    7,622
    Mentioned
    450 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Terrible Twos

    he eh niz, d1 justru mulai pas d2 mulai tt. padahal sebelum2nya engga. jadi ya cakep aja gitu begitu d2 2th an, d1 ikut2an tantrum...kalo d1 paling parah pas ngantuk, ato tidur di mobil terpaksa bangun soalnya udah sampe tujuan. pas lagi sedeng sih emang percuma diomongin baek2 ya niz. terutama anak 4th keatas. mendingan tegesin dulu, besok2 pas mood lagi enak diajak ngobrol. malah lebih nancep maksud kitanya dan anak juga bisa dialog baek2 2 arah.

  14. #14
    Co-founder & Business Director Citizen affi's Avatar
    Join Date
    May 28, 2007
    Location
    Jakarta, Indonesia
    Posts
    1,325
    Mentioned
    43 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Terrible Twos

    Thanks ya teman2 utk suggestion-nya. Aluf sekarang udah mulai bisa sih dikasih pengertian. Gue udah mulai bisa ngebaca juga pola-nya dia. Biasanya lebih 'masuk' kalo dia dikasih tau sebelum pergi sih, dengan cara berulang2 dan ngasih taunya serius (nggak sambil lalu). Soalnya kalo dia udah mulai rewel trus dikasih tau sih, boro2 masuk, didengerin aja enggak.

    niz14 *glek* Gue kira nangis2 nggak jelas itu cuma sampe umur 3 tahunan aja, ternyata lama juga ya booow?

    Kirana, iya bener banget, banyak jg sih orang tua yg keliatan helpless dalam menghadapi anaknya yg ngamuk di depan umum. Tapi emang kalo kita gak pinter2 ngontrol emosi, it's very easy to "lose" it. Soalnya kitanya udah kesel, capek trus ditambah malu kan diliatin orang2. Makanya sekarang kalo ada anak orang lain yg tantrum gitu, gue gak pernah lagi ngeliatin / making a face because I know how terrible it feels for the parents to get such looks and it's not helping at all...
    Should I buy this one or that one?
    Save yourself from the headache and read reviews from thousand of our members!

  15. #15
    Resident niens's Avatar
    Join Date
    Nov 15, 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    422
    Mentioned
    1 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Terrible Twos

    wah.. wah.. nih dia nih... anak gw yg cowok jagoan bgt kalo soal tantrum. Dan bener, ga cuma di umur 2 thn aja, itu lanjut sampe dia 3 tahunan deh... Ilang, trus kumat lagi di umur 4 tahunan pas adeknya lahir... Minta perhatian sih kalo yg ini kayaknya....
    Name it deh, mulai dari nangis jejeritan di tengah Orchard (dueeng....), ngambek trus tiduran di lantai di depan toko cd di PS udah pernah dia kerjain. Gw pake metode time out kalo di rumah. Lumayan berhasil sih, yg repot kalo udah di tempat umum, mau di time out di mana juga ya...?? heheheheh.... Paling gw berusaha jaga supaya dia gak nyelakain dirinya sama orang lain kalo gitu. Biasanya sama suami gw dipegangin, kalo gak tenang juga ya pulang deh kita. Abis itu berusaha kita ajak omong sih, kenapa dia marah dll. Yg lucu pas dia tiduran di lantai PS itu, kita diemin aja, jadi gw sm suami cuma berdiri ngeliatin dia. Dateng deh pak satpam ke dia sambil nanya 'kenapa dek??'. Gak ada 2 detik, anak gw langsung berdiri trus ngibrit ke gw sm suami... hahahahhaah...... Abis itu gw ajak omong sih, kalo dia berlaku kayak gitu ngeganggu orang lain, makanya dateng pak satpam buat mengamankan situasi.... heheheheh.......

Page 1 of 13 1 2 3 11 ... LastLast