Imunisasi

Thread: Imunisasi

Page 1 of 152 1 2 3 11 51 101 ... LastLast
Results 1 to 15 of 2269
  1. #1
    Mommies Daily Crew Superstar in Training kirana21's Avatar
    Join Date
    Mar 21, 2008
    Location
    Jakarta, Surabaya
    Posts
    7,622
    Mentioned
    450 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Imunisasi

    Jadwal Imunisasi

    WAJIB

    BCG
    lahir (biasanya waktu kontrol pertama kalo bayi sehat)

    Hepatitis B
    1. lahir (bagusnya langsung setelah brojol ato at least dalam 12 jam)
    2. 1 bulan
    3. 3-6 bulan

    Polio
    0. lahir
    1. 2 bulan
    2. 4 bulan
    3. 6 bulan
    4. 18 bulan
    5. 5 tahun

    DPT (difteri, pertusis, tetanus)
    1. 2 bulan
    2. 4 bulan
    3. 6 bulan
    4. 18 bulan
    5. 5 tahun
    6. 12 tahun

    Campak
    1. 9 bulan
    2. 6 tahun


    ANJURAN

    HiB (radang otak)
    HiB adalah singkatan untuk Haemophilus influenzae type B, sejenis bakteria yang menyebabkan penyakit yang dapat berakibat fatal, seperti:
    - Radang selaput otak (Meningitis)
    - jangkitan pada selaput otak dan saraf tunjang radang paru-paru (Pneumonia)
    - jangkitan pada paru-paru radang epiglotis (kerongkong)
    - jangkitan pada epiglottis keracunan darah (septicaemia)
    - jangkitan darah radang sendi
    - jangkitan pada sendi

    1. 2 bulan
    2. 4 bulan
    3. 6 bulan
    4. 15-18 bulan

    Pneumokokus (PCV)
    PCV sama dengan IPD tapi beda vaksin & beda waktu pemberian
    1. 2 bulan
    2. 4 bulan
    3. 6 bulan
    4. 12-15 bulan

    Rotavirus
    Jenis vaksinnya ada 2, rotarix (2x) & rotateq (3x).
    Usia pemberian rotarix:
    1. paling muda 6mg paling tua 14mg6hr.
    2. selambatnya usia 8 bulan (recommended selambatnya 6 bln)

    Usia pemberian rotateq:
    1. 2 bulan
    2. 4 bulan
    3. 6 bulan

    Influenza
    Pemberian vaksin mulai umur 6 bulan, diberikan setahun sekali

    MMR (mumps, measles, rubella = gondongan, campak, rubella)
    1. 15 bulan (atau 12 bulan, apabila belum mendapat campak 9 bulan)
    2. 6 tahun

    Tifoid (Tifus)
    Pemberian vaksin mulai usia 2 tahun, diulang tiap 3 tahun

    Hepatitis A
    Pemberian vaksin mulai usia 2 tahun. 2x interval 6-12 bulan

    Varisela (cacar air)
    Pemberian vaksin bisa mulai dari 1th (rekomendasi cdc, aap), atau usia 5 tahun keatas (rekomendasi IDAI).

    HPV (human papilomavirus - penyebab kondiloma/jengger ayam pd genital dan kanker serviks)
    Pemberian vaksin mulai usia 10 tahun keatas



    Note:
    - Imunisasi Combo = bbrp vaksin dlm 1 shot. Simultan = 2 ato lebih shot dlm 1x visit.

    - Hepatitis B 1 disarankan diberikan langsung begitu bayi lahir. Jadi waktu masuk RS proses persalinan udah wanti2 sama DSA supaya dikasi Hep B. Ato setidaknya, dalam 12 jam umur bayi.

    - Hasil imunisasi BCG nantinya seperti bisul bernanah. jangan dipencet! biarkan aja, jaga kebersihannya, dan sebisa mungkin dijaga juga supaya ga meletus. walo kalo ga sengaja pecah ya gpp juga sih.
    makin 'rapi' bisulnya sampe nanti kering sendiri, makin halus juga bekasnya.
    proses mengeringnya lumayan rada lama, baru kelar setelah lewat 3-4bln.
    Oiya, ga jadi bisul bukan berarti vaksinasi gagal. Klo mo tau sukses ngganya, bisa tes mantoux.

    - Vaksin DPT sekarang ada yg combo (gabungan, sekali suntik) sama HiB. IMO lebih praktis ya. Tapi beberapa orang berpendapat katanya lebih efektif yg terpisah. Oiya DPT umumnya bikin demam. Tapi ada versi 'ga panas'nya, DTaP. Sama aja benernya, dan tetep ada versi combo +HiBnya juga.

    - Campak pada umumnya bikin demam, dan ga ada versi 'ga panas'nya.

    - MMR suka dicurigai sebagai penyebab autisme, walo belon ada dasar yg jelas tentang itu. Biasanya solusinya, divaksinnya pas anak udah bisa komunikasi, sekitar 2 tahunan.

    - Vaksin PCV dan influenza yg beredar di Indonesia tidak menggunakan strain virus yg berjangkit di Indonesia dan harganya mahal. Studi kasus penyebaran penyakitnya pun belum ada versi Indonesia. Walau di Indonesia memang sudah ada beberapa kasus, tapi non-epidemik.

    - Varisela bisa diambil sejak usia 12 bulan, tapi nanti waktu 5 tahun tetep kudu dikasi lagi.

    - Penggunaan parasetamol untuk menurunkan demam akibat vaksinasi ternyata bikin kumannya melemah, jadi pembentukan antibodi kurang maksimal.

    sumber:
    Hidden Content
    Hidden Content


    Kalo gue sendiri:

    - MMR (cewe) ambil setelah 2 tahun; cowo ambil on time 15bln, considering efeknya kalo kena akan lebih fatal pada anak laki2.
    - DPT ambil yg combo +HiB dan ga panas (soalnya masuk reimburse kantor Hidden Content )
    - Hidden Content
    - PCV dan flu ga gue ambil.
    - Varisela gue ambil sejak masuk sekolah (anak pertama) dan 1 tahun untuk anak berikutnya soalnya udah ada yg sekolah jadi resiko terpapar lebih besar ketimbang belum ada yg sekolah.
    - Imunisasi yg masuk kategori anjuran juga rata2 gue ambil setelah anak 2 tahun. Soalnya udah selesai deretan yg wajibnya jadi ga terlalu rapet lagi jadwal imunisasinya. Dan gue usahakan sebelum anak masuk sekolah udah kelar semua kecuali yg emang gue gak ambil.
    - Gue hanya pake parasetamol untuk demam diatas 38.5, dan mengusahakan banget ga usah pake untuk demam yg karena vaksinasi.
    Tapi biasanya bocah2 gw juga sumeng2 aja sih kalo vaksinasi, jd emang ga perlu parasetamol.

    Berikut tabel jadwal Immunisasi 2012:
    Last edited by sugarenspice; Sep 13, 2012 at 02:43 PM. Reason: update tabel jadwal immunisasi

  2. #2
    NewcomerElite Citizen sanetya's Avatar
    Join Date
    Sep 14, 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,327
    Mentioned
    271 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Imunisasi

    Asik ada threadnya sendiri.

    Igo baru lega imunisasi nih..selanjutnya di 18 bulan.
    DPT juga ambil combo +HIB dan Polio --> Pediacel (harga di RS gue 470K).
    Tiap kali abis imunisasi ya sumeng2 aja jadi ga pernah kasih paracetamol. Oh ya, DSA Igo jg bilang kl biasanya abis imunisasi campak ada anak yg meler tp hanya sehari aja.

    Pertanyaan:
    1. Berarti IPD dan Influenza ga usah ga apa2 ya.
    2. Menurut DSA Igo imunisasi Polio itu sebenernya skrg aturannya itu bukan tetes lagi tp suntik. Kenapa di Indonesia masih dalam bentuk tetes, hal ini masih dilakukan krn faktor biaya. Ada yg pernah denger soal ini ga?
    "Style is knowing who you are, what you want to say and not giving a damn."
    ~Gore Vidal~

    @ondeymandey
    www.sanetya.wordpress.com

  3. #3
    Permanent Resident
    Join Date
    Jan 9, 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    581
    Mentioned
    104 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Imunisasi

    jeng kir...thank you yaa...gw jadi ke refresh ttg imunisasi anak2 Hidden Content

    Oiya, Dsa anak gw termasuk penganut imunisasi non combo Hidden Content

  4. #4
    Quartz lycheemartini's Avatar
    Join Date
    Jan 5, 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    307
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Imunisasi

    Sanetya,

    Gue bantu jawab yang no. 2 ya... emang ada yang disuntik, bedanya sama yang di tetes kalo yang disuntik virusnya udah mati, yang ditetes virusnya dilemahkan. Kalo gak salah gitu deh. Yang disuntik ini udah ada di Indo. Kebetulan anak gue yang pertama selalu pake yang disuntik, tapi gak di semua DSA ada and gue lupa namanya apa...nanti kalo dah inget gue kasih tau ya...

  5. #5
    NewcomerElite Citizen sanetya's Avatar
    Join Date
    Sep 14, 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,327
    Mentioned
    271 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Imunisasi

    Lychee, hihihihi gue sih selalu combo kl Polio itu (plus DPT & Hib) namanya Pediacel. Cuma penasaran aja apa bener aturan WHO itu kl Polio skrg hrs suntik ga tetes lagi.
    "Style is knowing who you are, what you want to say and not giving a damn."
    ~Gore Vidal~

    @ondeymandey
    www.sanetya.wordpress.com

  6. #6
    Mommies Daily Crew Superstar in Training kirana21's Avatar
    Join Date
    Mar 21, 2008
    Location
    Jakarta, Surabaya
    Posts
    7,622
    Mentioned
    450 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Imunisasi

    sanetya, (sambil gugling Hidden Content )
    "imunisasi polio ada 2 macam, yang pertama oral polio vaccine atau yang sering dilihat dimana mana yaitu vaksin tetes mulut. Sedangkan yang kedua inactivated polio vaccine, ini yang disuntikkan. Kalo yang tetes mudah diberikan, murah dan mendekati rute penyakit aslinya, sehingga banyak digunakan. Kalo yang injeksi efek proteksi lebih baik tapi mahal dan tidak punya efek epidemiologis."

    "polio dengan cara injeksi dilakukan karena virus hidup yang dilemahkan pada cara tetes dalam penggunaan yang lama dan luas akan memungkinkan OPV bersirkulasi lebih lama di lingkungan penerima vaksin, dan memberi kemungkinan bermutasi." > menjadi penyakit yg lebih ganas dan tahan vaksin yg sudah ada. malah bisa juga menimbulkan epidemi baru.

    sumber:
    Hidden Content
    Hidden Content

    nah cumaaannn, yg injeksi ini dalam proses bikinnya ada zat porcine dari babi, walo pada hasil akhirnya udah ga ditemukan lagi jejak zat ini. mungkin jadi katalisator aja gitu yah. tapi dari MUI sih tetep jatohnya haram. yg injeksi cuman boleh buat penderita yang tidak boleh mendapat vaksin polio tetes karena daya tahan tubuhnya lemah.

  7. #7
    NewcomerElite Citizen sanetya's Avatar
    Join Date
    Sep 14, 2007
    Location
    Jakarta
    Posts
    4,327
    Mentioned
    271 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Imunisasi

    Kirana, membuka wawasan sekaligus bikin gue ketar ketir krn bahas2 haram Hidden Content . Walahuallam aja deh.

    Oh ya, biasanya tuh si Igo kl abis disuntik pasti di daerah bekas suntik muncul bentol2 kecil. Hilang setelah 2 hari. Ada yg punya pengalaman sama ga?
    "Style is knowing who you are, what you want to say and not giving a damn."
    ~Gore Vidal~

    @ondeymandey
    www.sanetya.wordpress.com

  8. #8
    Emerald Tarissima's Avatar
    Join Date
    Jun 5, 2007
    Location
    Land of Napoelon
    Posts
    842
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Imunisasi

    Jeng Kirana, influenza di sini ( aku tinggal di italia) kalo anak gak penyakitan gak di kasih. Malah pas heboh swine flu karena negara tetangga pada di vaksin massal aku sempet panik dan nanya ke dokter juga, jawabannya sama.

    MMR, anak2ku di panggil pas umur 18 bulan.
    There are three reasons for breast-feeding: the milk is always at the right temperature; it comes in attractive containers; and the cat can't get it. ~Irena Chalmers

  9. #9
    Mommies Daily Crew Superstar in Training kirana21's Avatar
    Join Date
    Mar 21, 2008
    Location
    Jakarta, Surabaya
    Posts
    7,622
    Mentioned
    450 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Imunisasi

    Tari, penyakitan itu konteksnya gimana?
    iya gue liat2 yg heboh itu US yah (dan emang vaksinnya dibikin utk jenis virus yg beredar disana).

  10. #10
    Emerald missbonbon's Avatar
    Join Date
    Jun 3, 2008
    Location
    bogor
    Posts
    734
    Mentioned
    1 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Imunisasi

    kirana, baru tau loh klo polio suntik mengandung zat porcine Hidden Content kok dokternya ga pernah jelasin yaa....

  11. #11
    Beryl gelasorange's Avatar
    Join Date
    Nov 6, 2008
    Location
    Bogor - Indonesia
    Posts
    1,292
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Imunisasi

    sanetya tifa ada bekas suntikan (bentol pink) juga kok,.. tapi ga selalu sih, cuman pas DPT ma DPT combo itu aja..

    weleh, kok imunisasi ada haram2nya juga.. perlu ditanya nih pas ke dokter..

    kalo, imunisasi polio 1 dan 2 tetes (usia 0 bln n 2 bln) n ke 3 (usia 5bln) ikutan combo, ada pengaruhnya ga ya?
    http://gelasorange.blogspot.com/ | mention me @anaersam |

  12. #12
    Mommies Daily Crew Superstar in Training kirana21's Avatar
    Join Date
    Mar 21, 2008
    Location
    Jakarta, Surabaya
    Posts
    7,622
    Mentioned
    450 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Imunisasi

    missbonbon, enngg, ketimbang bikin rame mungkin? Hidden Content

    gelas, gakpapa maksudnya ttg campur tetes ama suntik? gakpapa kok.

  13. #13
    Quartz lycheemartini's Avatar
    Join Date
    Jan 5, 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    307
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Imunisasi

    Sanetya: iya bener pediacel namanya.

    Kalo anak g yang kecil kan udah IPD dua kali pas umur 9 bulan sama umur 1 thn 3 bln pake prevnar. Kalo yang terakhir gue tunggu abis 2 thn boleh gak ya supaya bisa pake pneumo 23 yg serotypenya lebih byk dan lebih murah?
    Posted via mobile Device

  14. #14
    Beryl fabsfashion's Avatar
    Join Date
    Jul 7, 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    1,102
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Imunisasi

    gue jg DPT Hib selalu combo..tapi pake yg infanrix..sama si kyknya ama pediacel. Ga pake panas jg.

    Gue ikutan ngasi vaksin IPD ke anak gue, pas gue tanya ke bunda wati malah sebenernya ga perlu. tp udah telanjur ya mesti dituntaskan. Gue vaksin IPD pas anak gue 12-13bln an gt deh. Jd cm 2x suntik. Kl di bawah 1 thn kan 4x sumtik tuh. 1x aja udah 1jt bokk

    alhamdulillah anak gue tiap vaksin ga pernah sumeng. Even yg katanya orang2 abis vaksin campak akan sumeng alhamdulillah anak gue gak *fiuhh*

    utk polio gue jg selalu tetes..DSA gue ga pernah ngomong apa2 ttg suntik/tetes. udah kadung tetes ya udah lahh hihi. Tinggal MMR ni yg ragu2 ngasi nya. Hrs nya kan 15bln. Kmrn ke bunda wati sih dia nyaranin stick to the schedule (15bln). Tapi gue msh ragu2. tar aja ahh 2thn ke atas huhu. Yang lain gimana?
    www.inidhita.com || @ini_dhita

  15. #15
    Superstar in Training
    Join Date
    Aug 28, 2007
    Location
    Delft, NL
    Posts
    5,522
    Mentioned
    422 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Imunisasi

    Penyakitan yg tari bilang misalnya anaknya asma, gitu2.

    Anyway kalo di sini DPT P-nya bukan pertusis tapi polio. Kalo pertusis disuntiknya beda sendiri.
    Hep-A dan Hep-B bisa digabung, boosternya 2 kali, jadi 3 tusuk *sate kali, tusuk*

    MMR setau gw wajib kalo di sini. HPV suntik massal buat anak perempuan umur 12.
    Posted via mobile Device

Page 1 of 152 1 2 3 11 51 101 ... LastLast