Page 1 of 16 1 2 3 11 ... LastLast
Results 1 to 15 of 240
  1. #1
    NewcomerCitizen angelic's Avatar
    Join Date
    Nov 22, 2009
    Location
    Big J
    Posts
    1,353
    Mentioned
    140 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Tantangan Dalam Menyusui/Memberikan ASI

    Hai Mommies,

    Mumpung masih suasana Pekan ASI, yuk, ngobrolin soal tantangan dalam menyusui atau memberikan ASI untuk anak. Soalnya, walau beberapa tahun belakangan ini dukungan untuk memberikan ASI sudah jauh lebih baik, tetap saja bukan berarti jalan mulus selalu Hidden Content

    Kadang, tantangan malah muncul dari tempat yang tak terduga. Misalnya aja, malah dari keluarga dekat. Dulu waktu menyusui anak pertama, sempet ada tuh komentar kayaknya ASI gue nggak cukup, hanya karena secara penampilan, guenya kurus dan PD nggak gede Hidden Content Padahal itu kan bukan ukuran, yah. Nyatanya sebenernya anak gue baik-baik aja dan BBnya juga naik bagus. Pinter-pinter guenya aja untuk jelasin.

    Mommies ada cerita lain soal tantangan selama menyusui? Misal, lecet atau cracking, dst? Share, yuk Hidden Content
    My blog | Follow at your own risk | @anggiefadilah on Instagram

  2. #2
    Lurker Rainsya's Avatar
    Join Date
    Jul 10, 2015
    Location
    Tangsel
    Posts
    5
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tantangan Dalam Menyusui/Memberikan ASI

    Hai Moms,

    kalau saya tantangannya adalah pada saat pertama kali menyusui puting lecet alias luka..haduuuh rasanya luar biasa nyeri pada saat si debay mulai menyusu..tapi ada tipsnya nih ( kebetulan dari mama aku sendiri Hidden Content katanya kalau luka atau lecet jangan di kasih apa - apa selain ASI kita sendiri dan sering di isap sama debaynya..ternyata itu mujarab loh moms Hidden Content

  3. #3
    Elite Citizen b1ttersweet_cho's Avatar
    Join Date
    Sep 4, 2008
    Location
    Jakarta - ID
    Posts
    3,261
    Mentioned
    250 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tantangan Dalam Menyusui/Memberikan ASI

    tantangannya ya...
    -faktor lingkungan keluarga
    anak gw itu cucu pertama baik di keluarga gw maupun di keluarga suami gw yang emang benar-benar full ASI...sepupu-sepupu anak gw semuanya full sufor soalnya...
    jadi kadang gw mesti usaha ekstra menjelaskan ke keluarga (baca: sampe nangis-nangis berdebat ama nyokap, hahahaha) ...
    -faktor lingkungan kantor
    gw engineer... walaupun di kantor gw ada nursery room, tapi mostly lingkungan kerja sehari-hari gw ya para cowok-cowok... kadang susah buat mereka untuk memahami kalau misal (dulu) gw mesti permisi tiap 2 jam buat mompa...sedikit banyak itu ngaruh ke evaluasi performance gw dan itu sempat bikin gw down... tapi ya sudahlah, karir masih bisa dikejar nanti, hehehe....

    -faktor fisik gw sendiri
    klo tantangan soal menyusuinya sendiri, gw dulu eks penderita FAM dengan riwayat 4x operasi, jadi bisa dibilang pabrik susu gw udah "semi" cacat...
    jadinya mo gw nyusuin kayak gimana, atau mompa sesering apa juga, ya hasil pompaan gw ya segitu-segitu doang... ga pernah berlebihan... tapi puji Tuhan, jumlahnya juga cukup... jadi walaupun gw mesti tahan-tahanin begadang mompa setiap 2 jam (yes,baik di rumah maupun kantor, hari libur maupun hari kerja) pas sebelum MPASI, hasilnya sih ya pas gitu...
    terus di luar itu, ya tentunya masalah lecet pas awal nyusuin dsb... cuman untungnya karena produksi gw segitu-segitu aja, gw ga sampe kena masalah bengkak bengkak

    -faktor anak gw
    1. anak gw sempet kuning pas umur seminggu.... udah gw lagi berbaby blues, terus melihat hasil pompaan nan minim, rasanya sedihhhh banget...
    2. anak gw susah banget naik beratnya pas mulai di umur 3 bulan.... (bahkan hingga sekarang 18 bulan, beratnya baru 10 kg, padahal pas lahir hampir 3.4 kg)... uh itu sampe berapa kali ASI gw yang dianggap tak bergizi or gimana gitu.... padahal ternyata problem nya bukan di ASI tapi di faktor lain lagi..
    3. anak gw menolak minum ASIP sejak umur 17 bulan... Hidden Content
    jadinya sepanjang siang ya hanya mengandalkan air, jus, kuah makanan... jadinya malam doi bales dendam.. yang tadinya pas sebelum mogok ASIP itu udah tidur bablas sampai pagi, sekarang doi tidurnya sambil ngigau minta mimik, hihihi.... udah gitu secara sekarang gw udah ga mompa (daripad gw mesti buang-buang ASIP), jadinya mulai lagi deh ada yang mempertanyakan jumlah ASI gw sekarang masih ada apa ga or apa emang kualitasnya jelek sampe baby gw ga mau minum ASIP..

    kayaknya emang never ending story deh emang ASI ini, hehehehe

  4. #4
    Resident
    Join Date
    Jun 26, 2012
    Posts
    252
    Mentioned
    49 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tantangan Dalam Menyusui/Memberikan ASI

    Hi, baby aku udah 6 bulan sekarang. Asix sejak umur 1,5 bln.

    Tantangannya:

    - Tensi masih tinggi pasca sc sampai tengkuk ngilu semua, jadinya baby blues dan nggak konsen sm ASI.
    - Baby lahir prematur dengan brt lahir rendah, DSA paksa boost pake sufor khusus bayi prematur.
    - Sesudah enakan akunya, cari opini ke DSA2 tidak boleh ngasi ASI krn konsumsi obat hipertensi, sampe akhirnya ketemu DSA yg bilang oke gpp ASI krn dosis obatnya kecil.
    - Sesudah boleh ASI problem muncul dr supply ASI yg seret karena nggak pernah diisep baby. Tapi, puji Tuhan baby nggak bingput dan semangat nenen. Akhirnya sesudah dua minggu belajar menyusui bisa asix Hidden Content .
    - sesudah kerja, sering dinas keluar kota dengan bawaan segambreng, sering kerasa berat hrs bw2 cooler etc, tapi demi anak semua dijabanin.
    - nggak bisa diet karbo, krn begitu ngurangin karbo, tangan dan kaki sering kesemutan, kata dokter kekurangan vit B. alhasil sampe sekarang BB masi belum balik.

    Tapi, ku bersyukur suami dan keluarga semua support usaha aku agar baby bisa asix. Semangat mommies semua Hidden Content

  5. #5
    Immigrant
    Join Date
    Jul 7, 2014
    Location
    indonesia
    Posts
    111
    Mentioned
    85 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tantangan Dalam Menyusui/Memberikan ASI

    haiii
    tantangan menyusui:
    1. keluarga (selain orang tua gw) yang belum semuanya pro ASI, jadi harus ekstra sabar dan panjang lebar kalo ngejelasin soal ASI. pernah satu kali, karena gw kerja, anak kan dititip di neneknya, eh pas pulang, anak gw lg dikasih sufor karena katanya repot banget kalo ngangetin ASI, anaknya ngga kenyang kalo ASI doang, anak gw juga pake sufor sehat2 aja tuh, dan lain sebagainya. untungnya anak gw ngga mau dikasih sufor malah dilepeh2 hahaha yess

    2. ASI gw yang "cuma segitu-gitunya". ini yang bikin stress banget. ASI gw kadang suka penuh sampe tumpah2 (halah), tapi kalo dipompa, ngga pernah lebih dari 50-100ml sekali mompa. sekarang malah cuma 70ml maksimal sekali pompa. bikin mompa tuh serasa nightmare banget lah. belum lagi temen2 kantor gw yang sekali mompa bisa dapet berbotol2 selalu komennya "ASI lo dikit yah" errrr..tp Alhamdulillah ASI gw selalu mencukupi (atau dicukup2in hehe) buat anak gw

    3. di kantor gw ngga ada ruang laktasi. jd kalo mompa gw suka ke gudang, ruang dokumen, mushola, pernah di toilet malah.

    yah, tapi bagaimana pun tantangannya, masa2 menyusui ini indah banget lah hehehe..semangat!

  6. #6
    Permanent Resident
    Join Date
    Nov 22, 2013
    Posts
    641
    Mentioned
    127 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tantangan Dalam Menyusui/Memberikan ASI

    Kalo gue tantangan pertama yang bikin drama saat awal2 menyusui adalah puting lecet parah. Duuhhhh, ampun banget rasanya kalo diinget2. Ternyata babynya tongue tie sehingga sulit menyusui tapi sekarang sih sudah aman

  7. #7
    Immigrant firishta's Avatar
    Join Date
    Nov 6, 2013
    Posts
    154
    Mentioned
    40 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tantangan Dalam Menyusui/Memberikan ASI

    Haii... Ikutan aahhh...

    Tantangannya:

    * Hampir sama kynya, faktor lingkungan keluarga yang semuanya belum aware sama pentingnya asi eksklusif..awal-awal sempet kerja keras banget untuk mengedukasi dan membuktikan keluarga terdekat kalau asiku udah cukup untuk bayiku yang memang lahirnya BBLR..mereka khawatir bayiku ga tumbuh segendut bayi2 lain di deket rumah yang memang minumnya sufor.. :<

    * Anakku sempat tongue-tie juga, makanya susah banget latch-on nya, puting lecet dan sempet bikin BB nya stagnan..alhamdulillah setelah di frenotomi nyusunya jadi lancar banget, banyak dan nge-boost BBnya Hidden Content

    dan yang paling indah dari perjuangan menyusui ini adalah bisa ngerasain bonding paling indah sama bayiku,,hmmmm...

  8. #8
    Permanent Resident peterson's Avatar
    Join Date
    Jul 4, 2014
    Posts
    972
    Mentioned
    927 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tantangan Dalam Menyusui/Memberikan ASI

    tantangan terbesar asi awal2 adalah....puting lecet berdarah. Tapi demi anak dan ga pernah kepikiran sufor ya dipaksain aja. Ternyata ketemu lansinoh (walaupun telat) yang bener2 membantu. dipake juga jarang2, waktu bener2 perlu banget baru dipake. memang aku yang rada sensi, nyusuin tetep berasa agak2 gimana sampe 6bln ini, sakit banget sih ngga.

    plus susah jalan2 jauh/lama karena harus nyusuin langsung. baby ga suka botol. aku juga males pompa karena banyak perintilan yang harus dicuci.

    Trus sempet seret asi juga karena sakit, dsb. Sedih, sampe harus boosting sana sini, pake domperidon, makan sayuran, dll. Tapi bahagia kalau lihat dia lagi nyusu. kaya yang nikmat banget.
    COACH and Michael KORS Handcarry USA, READY STOCK
    ELC LIGHT AND SOUND TABLE harga miring BARU


  9. #9
    Citizen nengapril's Avatar
    Join Date
    Oct 14, 2009
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,695
    Mentioned
    58 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tantangan Dalam Menyusui/Memberikan ASI

    Boleh dibilang pengalaman gw memberikan ASI ke anak-anak gw lebih mudah dari yang lain. Alhamdulillah Gw gak pernah ngalamin cracked nipple sama sekali. Kalo masalah omongan orang sih ada aja ya dari mana-mana. Tapi untungnya nyokap gw walopun dulu cuma sebentar ngasi ASI, tapi mau belajar tentang manfaat ASI dan bahkan manajemen ASIP. Walopun kadang masih khilaf nanyain ASI gw cukup atau enggak hihihi

    Tantangan yang berat justru pas udah masuk kerja. Kayaknya susah banget disiplin mompa, mana gw dulu masih sering dinas lagi. Dimulailah drama kalo dinas bawa cooler box dan ice pack kemana-mana. Mompa di toilet pesawat, di bangku pesawat, di mobil dll udah pernah gw lakuin. Dan karena gw prefer ASIP gw ditaro di cabin, jadi di beberapa negara petugas imigrasinya mempertanyakan kenapa gw bawa ASIP banyak-banyak, mana bayi gw (di rumahlah, kalo gw bawa ngapain gw mompa?? haha) dll. Bahkan pernah juga ASIP gw disuruh dibuang karena gak bisa masuk cabin dan kalo masuk bagasi pake cooler box gw gak yakin bisa selamat. Pengen nangis deh rasanya liat ASIP gw yang berliter-liter itu dibuang. Gw sampe bilang kamu aja deh yang buang, saya gak tega buangnya. Hidden Content
    Banyak banget deh tantangan waktu masih mompa ASI, tapi untungnya nak-anak gw bisa lah dikasih ASI sampe dia menyapih dirinya sendiri Hidden Content
    My Mini Fashion Sale here

  10. #10
    Lurker
    Join Date
    Feb 23, 2014
    Posts
    2
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tantangan Dalam Menyusui/Memberikan ASI

    Hai Moms,

    Sorry kalo sedikit OOT,
    Boleh minta waktunya sedikit untuk mengisi survey tentang ASI di link berikut:

    Hidden Content

    Semoga Moms sukses selalu ya menyusui nya,
    Mohon bantuannya,
    Hidden Content

  11. #11
    Permanent Resident
    Join Date
    Jun 14, 2012
    Posts
    642
    Mentioned
    58 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tantangan Dalam Menyusui/Memberikan ASI

    Tantangan g wkt mulai asi adlh susunya itu ngga keluar2 krn SC kli ya. Trs pas mo kluar, sll demam sampe 40c...meriang berat. Pas anak yg pertama itu bikin parno krn mikir apa SC itu ada yg infeksi mknya jd demam tinggi (sok tau dahhh). Blm lg payudara tiba2 keras bingit, untung susternya baik mau bantu massage (setelah melewati drama demam etc, susnya jd bonding sma gw hehehe). Itulah sebabnya ada lagu "kasih ibu" (sorry bu mod kl oot)

  12. #12
    Newcomer Diana Xu's Avatar
    Join Date
    Aug 22, 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    78
    Mentioned
    14 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tantangan Dalam Menyusui/Memberikan ASI

    Hi mom lainnya... tantanganku ngasih asi sama seperti yang lain, yaitu malah dari keluarga sendiri (ortu). Mungkin karena kebanyakan kerabatku pada ngasih sufor, trus ortu takut asiku ga cukup, jadi awal nyusuin, ortu terus nawarin tambahin sufor aja. Tapi aku keuh keuh asi aja. Bahkan kadang saat nyokap lagi teleponan sama tanteku n cerita aku asi full, tanteku suka ngomong, "Napa ga ditambah sufor aja". Sejauh ini da sebulanan lebih asi. Moga bisa asi ekslusif pe 6bln, trus lanjut d pe 2 tahun. amin. Kepuasan sendiri kalo obis nyusuin trus liat baby girlku tersenyum puas bis mimi asi.
    Buat Mom lainnya, yuks semangat bersama kasih asi buat little one kita^^

  13. #13
    Citizen Nailicious's Avatar
    Join Date
    Jun 3, 2010
    Location
    Jakarta, Indonesia
    Posts
    1,576
    Mentioned
    1160 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tantangan Dalam Menyusui/Memberikan ASI

    Kalo aku, sbg first timer mom, di awal2 puting lecet dr pas msh di rs sakitt, trus babyku divonis tongue tie n lip tie, sempet rada stres tp ttp nyusuin trs. Tp pas suruh kontrol dokter di hari ke 6 dia lahir, bahagia bgt pas liat timbangannya uda jd 3.1kg pdhl dia lahir cm 2860 dan pas balik turun jd 2770.
    Trus krn asi mulu, bdn berasa remekk aplg punggung2 situ, krn babyku jg nyusu mulu ga berhenti.
    Trus krn nyusu mulu sampe gumoh muntah2 si baby, jd rada stres smp ky ada keinginan gak mau ngasi Asi lg aplg pas org2 blg asi nya anyep dingin basi dll kali sampe muntah2 trs babynya, n babynya ga kenyang2 cm babyku Thank God gembrot bgt skrg meski muntah gumoh trs krn blm 2bln uda 6.1kg.
    Oh ya jg krn aku msh merasa muda, gr2 baby maunya nyusu mulu ga lepas jd berasa hidup terenggut ga bs kmn2, mompa jg muales abis kalo dipompa jrg banyakk keluarnya tp disusuin langsung kynya banyak krn ga abis2. Tp tetep gimana2 ak mau usaha asi ekslusif utk 6bln pertama.

  14. #14
    Immigrant
    Join Date
    Mar 11, 2013
    Posts
    245
    Mentioned
    114 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tantangan Dalam Menyusui/Memberikan ASI

    @Hidden Content nai cepet amat ya baby mu udh 2 bulan. Full ASI yah mak? Aku juga nih coba full asi. Puting lecet sana sini sampe mau nangis deh, alhamdulillah sih trakhir cek baby ku naik beratnya . Semangat ASI yah

  15. #15
    Immigrant goldenlie's Avatar
    Join Date
    Feb 6, 2014
    Location
    I luv JKT
    Posts
    191
    Mentioned
    74 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tantangan Dalam Menyusui/Memberikan ASI

    Tantangan saya adalah inverted nipple yang beneran gak bisa diapa-apain. Sampe udah ditongkrongin sama konselor asi nya dan diusahain berbagai posisi dan simulasi tetep aja baby nya gak pernah bisa latch on dengan benar saking mblesek nya nipple. Nyobain pake pompa asi juga susah karena posisi aerola nya jadi gak bisa nempel ke saluran pompa nya dan jadi nya berantakan doank. :'( ;'(
    Satunya jalan adalah perah manual ditatakin pake mangkok / botol yang akhirnya saya harus menyerah karena jadi gak bisa ngapa-ngapain sama sekali. capekk banget perah asi terus setiap 2 jam dan langsung dikasih ke baby nya... cuma bertahan 3 bulan aja.

Page 1 of 16 1 2 3 11 ... LastLast