Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Permanen
Page 1 of 7 1 2 3 ... LastLast
Results 1 to 15 of 105
  1. #1
    Newcomer
    Join Date
    Dec 9, 2014
    Posts
    33
    Mentioned
    18 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Permanen

    Halo, ane mau kasih sedikit info nih tentang operasi bariatrik.
    Buat yang belom tau ato ga mudeng sama istilahnya. Bariatric Surgery itu operasi yg buat ngurusin badan itu lho, tapi bukan sedot lemak / bedah kosmetik ya. Ini biasanya buat orang2 yg udah masuk kategori obesitas n perlu bantuan medis. Biasanya yang punya kelebihan berat badan lebih dari 30kg diatas berat badan ideal.

    Jenis operasinya ada macam2: Gastric sleeve / sleeve gastrectomy, gastric bypass, gastric banding (bisa googling untuk info lebih lanjut).
    Inti operasinya sih ngecilin lambung kita.
    Krn lambung kt udah kecil, kita cuma makan sepertiga porsi makan orang normal, biar lebih cepet kenyang n makanan ga semuanya terserap tubuh.
    Kita juga ga cepet lapar soalnya di lambung hormon grhelin yg nyebabin kt sering lapar ikut kebuang waktu lambung dipotong.

    Di indo sendiri udah ada operasi ini walau belum populer kaya di luar negri. Memang di Indonesia masih kurang peminatnya karena biasanya orang awam udah ngeri duluan denger kata operasi.
    Padahal operasinya sih aman banget, pake teknik laparoskopi, cuma butuh 3-4 lubang kecil sebesar 1cm, biasanya pasien cuma nginep dua hari udah pulang. Bisa aktivitas normal setelah itu.

    Semoga bermanfaat informasinya. Kalo ada yang mau ditanyain silahkan.

    Hidden Content Hidden Content BEGIN TEMPLATE: bbcode_video -->
    Last edited by Folieaven; Apr 14, 2015 at 12:58 PM.

  2. #2
    Lurker
    Join Date
    Mar 21, 2015
    Posts
    3
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Perm

    Apa gak ada efek samping kalo lambung dikecilin begitu? Seberapa kecil nanti lambungnya?
    Pantangan abis operasi apa aja?

  3. #3
    Newcomer
    Join Date
    Dec 9, 2014
    Posts
    33
    Mentioned
    18 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Perm

    Dengan Operasi Bariatric jenis Sleeve Gastrectomy, lambung baru akan berukuran hanya tinggal 20% dari ukuran normal. (Dijamin ga bisa rakus makan dan ga akan gemuk lagi)
    Alhasil dengan cara ini, lama-kelamaan berat badan pun akan turun secara pasti tanpa merasa lapar karena diet ketat seperti orang normal.

    Memang ada sedikit efek samping dari ukuran lambung yang kecil yaitu :
    1. Makan harus perlahan, dikunyah dengan gigitan kecil supaya tidak mual
    2. Bila banyak minuman bersoda akan cepat kembung/mual.

    Pantangannya diantaranya :
    1. Hindari diet tinggi kalori, berlemak dan kandungan gula tinggi supaya berat badan turun optimal
    2. Tidak boleh hamil dalam jangka 1 tahun pertama karena 1 tahun pertama ini terjadi penurunan berat badan drastis
    3. Harus rutin minum suplemen multivitamin dalam jangka waktu 1 tahun pertama supaya tubuh kita gak kekurangan kandungan vitamin
    Last edited by Folieaven; Mar 29, 2015 at 09:50 PM.

  4. #4
    Immigrant carissa's Avatar
    Join Date
    Sep 30, 2010
    Location
    Sidoarjo
    Posts
    212
    Mentioned
    90 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Perm

    sepertinya menarik ya,,
    BBku siiihhh udh kelebihan >30kilo..Hidden Content tapi kok 'pake teknik laparoskopi, cuma butuh 3-4 lubang kecil sebesar 1cm,'
    udah ngeri duluan ajeeeeHidden Content
    trus kalo udah di operasi.. olahraga2 nya harus yg bagaimana, mungkin ada pantangan olahraga tertentu?

  5. #5
    Newcomer
    Join Date
    Dec 9, 2014
    Posts
    33
    Mentioned
    18 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Perm

    Hehe, namanya operasi pasti ada lukanya. Kalo operasi caesar kan lukanya panjang tuh bisa diatas 15cm. Kalo operasi ini lukanya imut2 kaya gambar ini, luka paling gedenya ngumpet di pusar.

    1 minggu stlh operasi, kita sudah pulih normal. 2 minggu setelah operasi udah bisa olahraga ringan.
    1 bulan setelah operasi sudah bisa olahraga normal tanpa ada pantangan.
    Attached Images Attached Images

  6. #6
    Immigrant
    Join Date
    Jan 4, 2014
    Location
    Banyuwangi
    Posts
    179
    Mentioned
    82 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Perm

    kamu dah pernah operasinya? itu ceritanya lambungnya kecil permanen? trus kalo misalnya abis operasi mo hamil gmn? ?

    IMO lambung kita sebenarnya elastis lo, menyesuaikan ama banyaknya makanan kita sehari2. kalo kita biasa makan banyak ya ukuran lambung membesar. kalo biasa makan sedikit ukuran lambung juga ikut mengecil. kebiasaan makan porsi kecil 5-6x sehari bisa ngebuat ukrn lambung mengecil juga loh, sayang kan ongkos operasi bisa dibuat beli alat olahraga, makanan2 bergizi kaya protein sayur & buah

  7. #7
    Lurker
    Join Date
    Apr 9, 2015
    Posts
    1
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Perm

    wah oke juga tuh..berapa biayanya klo di indonesia ya?

  8. #8
    Newcomer
    Join Date
    Dec 9, 2014
    Posts
    33
    Mentioned
    18 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Perm

    Memang bener seperti apa yg sis mayangmustika bilang, kalo lifestyle kita baik, makan porsi kecil, olahraga, makan bergizi kaya protein sayur & buah akan bikin kita lebih sehat.
    Operasi hanyalah opsi bagi orang yang menderita kegemukan parah. Kenapa? Karena banyak aspek yang membuat kita sering gagal diantaranya : faktor genetik/keturunan, sulit self control, kebiasaan buruk bertahun-tahun, efek dramatis hormon rasa lapar, reaksi metabolisme tubuh untuk mempertahankan berat badan sekarang, gangguan sendi dan kesehatan yang membuat kita tidak bisa berolahraga dan lainnya.

    - - - Updated - - -

    Setelah 1-2 tahun dari operasi kita sudah bisa hamil normal kok.

    Iya setelah operasi lambung akan mengecil jadi permanen. Memang bisa melar sedikit tergantung bagaimana kt menjaga kebiasaan makan kita setelah operasi.
    Ukuran lambung kira-kira 800-1000cc, saat makan bisa meregang sampai 1.500-2.000cc, maksimal sekali bisa meregang sampe 3.000-4.000cc (3-4 liter).

    Setelah operasi ukuran lambung 'hanya' tinggal 60-150cc, maksimal bisa meregang gak sampai 300cc. Ukuran ini lebih kecil dari aqua gelas loh. Hidden Content
    Last edited by Folieaven; Jan 12, 2016 at 10:40 PM.

  9. #9
    Immigrant leo's Avatar
    Join Date
    Nov 10, 2011
    Posts
    175
    Mentioned
    12 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Perm

    Bagus sekali infonya
    Sangat amat mudah di mengerti,
    Kira kira berapa biaya keseluruhan
    Thanks ya

  10. #10
    Lurker
    Join Date
    Apr 16, 2015
    Location
    Indonesia
    Posts
    5
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Perm

    wah menarik niih.. di indonesia udh ada belom yah??
    kemaren ke singapore sempet ke dktr dan di tawarini ini.. dan di tawarin kaya di msukin balin gt ke lambung, tapi aku lupa namanya apa.

  11. #11
    Newcomer
    Join Date
    Dec 9, 2014
    Posts
    33
    Mentioned
    18 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Perm

    Mengenai biaya berkisar antara 30jtan, mungkin bisa lebih.

    Yang disarankan oleh dokter singapore itu namanya Gastric Balloon, jadi dimasukkan balon dari bahan silikon ke dalam lambung melalui mulut tanpa perlu sayatan operasi dan balon ini dipertahankan selama 6 bulan. Setelah 6 bulan balon harus dilepas karena merupakan benda asing. Biasanya setelah balon dilepas, berat badan akan naik lagi karena sifatnya yang sementara, kecuali pasien bersedia seumur hidup rutin ganti balon tiap 6 bulan sekali.
    Baik Gastric Ballon maupun Bariatric Surgery/Sleeve Gastrectomy/Pengecilan lambung sudah tersedia di Indonesia.

  12. #12
    Lurker nishalubis's Avatar
    Join Date
    Feb 24, 2014
    Location
    batam
    Posts
    17
    Mentioned
    4 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Perm

    @Hidden Content Menarik bgt infonya... btw km kmrn bariatrik surgarynya dimana ?berapa biayanya n ada tambahan biaya lainya kah? Kira2 abis melahirkan boleh gak ya?

  13. #13
    Newcomer
    Join Date
    Dec 9, 2014
    Posts
    33
    Mentioned
    18 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Perm

    Di RS Grha Kedoya Jakarta Barat. Biaya tambahan paling tergantung kelas kamar perawatannya (SVIP, VIP, I, II, III).
    Abis melahirkan mo dioperasi ga masalah spertinya
    Last edited by Folieaven; Jul 28, 2015 at 10:54 PM.

  14. #14
    Lurker MadhaMawaddah's Avatar
    Join Date
    Jun 4, 2015
    Location
    kuala kapuas
    Posts
    7
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Perm

    Wah threadnya menarik nih. .
    Trus gmn skrg kbrnya?udh turun brp kg?

  15. #15
    Newcomer
    Join Date
    Dec 9, 2014
    Posts
    33
    Mentioned
    18 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Operasi Pengecilan Lambung / Bariatric Surgery / Operasi Bariatrik /BB Turun Perm

    1 bulan pertama uda turun 10kg. Target 40 kg dlm 1-2 tahun. Hidden Content
    Last edited by Folieaven; Jul 28, 2015 at 10:42 PM.

Page 1 of 7 1 2 3 ... LastLast