Info Tanaman Pangan - Page 2

Thread: Tanaman Pangan

Page 2 of 15 FirstFirst 1 2 3 4 12 ... LastLast
Results 16 to 30 of 220
  1. #16
    Citizen sclare's Avatar
    Join Date
    Oct 7, 2012
    Posts
    1,143
    Mentioned
    57 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: KRPL (kawasan rumah pangan lestari)

    miaa
    gw baru tau kalo ada thread yg namanya berkebun.
    gw ga mrasa sayur mengundang semut dan kalo memang di dekat tanaman mu ada sarang semut bisa di siram minyak goreng sisa (pastikan minyak nya sudah dingin). atau tabur furadan

  2. #17
    Citizen fabbychic's Avatar
    Join Date
    Jan 24, 2011
    Location
    Jakarta - Seoul
    Posts
    2,365
    Mentioned
    105 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: KRPL (kawasan rumah pangan lestari)

    temans..menarik nih threadnya..kebetulan gw dari dulu pengen banget punya kebun sendiri tapi sayangnya gw tinggal di apartemen dengan lahan yang sempit banget.. yang gw pengen banget nyoba tuh nanem cabe rawit ama daun bawang, kira2 bisa numbuh dengan baik nggak ya? gw cuma punya sedikit tempat terbuka tapi itu di servis area, jadi nyampur ama unit ac outdoor, mesin cuci, water heater, jemuran..hehehe. mohon sarannya yaa, thank youuu...

  3. #18

    Join Date
    Jan 1, 1970
    Posts
    0
    Mentioned
    Post(s)
    Tagged
    Thread(s)

    Default Re: KRPL (kawasan rumah pangan lestari)

    Krishanda..masama, btw kalau mau nanem cabe, coba deh tanam cabe besar & cabe kecil sekalian. kalo cabe besar cepet berbunga ,berbuah + cepet matang, jadi lebih semangat. kalau cabe kecil lebih lama siklusnya.

    Sclare, bisa banget mak, gue udah sama sekali ga pernah beli sayur dipasar, itu kulkas bagian box sayur kosong mulu, palingan jadi tempat buah, tapi yah..sayurnya cuma itu2 aja.hihihi.
    hua...itu tikus kurang ajar... dulu ditempatku juga banyak tikus, tunas2 abis dimakan tikus. jadi halaman belakang sempet nganggur tuh setahun ga ada yg bisa numbuh tp skg udah ga ada tikus lagi, tp gue juga gatau knp.

    Miaa.. kalau semut tantangannya kayaknya kalo baru bibit/tunas. kalo udah gede ga dimakanin kok. tapi dikebun gue ga ada semut jadi blom pengalaman juga. jadi barusan gue sotoy dong? hihihi..maap2 tapi kayaknya gitu deh.

    Fabby.. kalau di kebon gue, ada area2 yang emang kurang oke, yaitu yang ga kena sinar matahari, kalo masalah kesuburan tanah sih bisa banget diakalin pupuk & digemburin. eh lo mau nanem pake pot kan? kan bisa dipindah2 tuh.
    btw mau saran kalo ntar nanem bawang, gue prefer pakai akar aja, jangan dari biji. lebih lama dan belom pasti bisa numbuh/ga. ni gue juga lagi eksperimen soalnya.
    gue semai benih blom numbuh sama sekali, trus gue beli daun bawang dari pasar yg masi ada akarnya, dipotong trus ditanem. nah yang dari akar udah idup nih.

  4. #19
    Citizen
    Join Date
    Jun 5, 2010
    Location
    jakarta
    Posts
    1,411
    Mentioned
    7 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: KRPL (kawasan rumah pangan lestari)

    Flo17
    Mau doong bibit bayam nyaa. Hehehe

    Sebenernya rumahku yg sekarang tanahnya lumayan luas. Pindah kesini jg karena nyokap demen tanaman. Tp nyokap mainnya sansiviera gitu. Kmrn pernah nanya2 dia dan asistennya, pengen nanem daun bawang, eh dibilang "halah beli aja. Lama tumbuhnya. Susah." Jadi lgsg down. Padahal pengen punya sepetak kecil tanah yg isinya cabe, bbrp macem sayur, tomat, cabe, daun bawang gitu2.

    Mau liat blog petanirumahan juga ah.

    Updateee..
    Ud liat petanirumahan. Menarik banget. Banyak yg berhasil juga ya nanemnya. Mau coba beli ah. ^^
    Last edited by marieska; Sep 5, 2014 at 09:33 AM.

  5. #20

    Join Date
    Jan 1, 1970
    Posts
    0
    Mentioned
    Post(s)
    Tagged
    Thread(s)

    Default Re: KRPL (kawasan rumah pangan lestari)

    Marieska..oce..ntar pm-in aja alamat kirimnya ya.
    gampang banget nanemnya, bayem dan sawi caisim tuh cepet banget numbuhnya. yg lebih gampang lagi kangkung tapi yg dari stek akar.
    ayo berkebun sayuran, kalau mau masak mi tinggal petik2. hihi...ga jauh2 dari mi instan motivasi gue. wakakaka

  6. #21
    Citizen fabbychic's Avatar
    Join Date
    Jan 24, 2011
    Location
    Jakarta - Seoul
    Posts
    2,365
    Mentioned
    105 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: KRPL (kawasan rumah pangan lestari)

    Floo.. iyakah, langsung pengen nyobain haha... trus trus.. yang daun bawang, disiram tiap berapa hari sekali say? Air aja cukup kan, maksud gw ngga perlu dikasih pupuk.. maap ya pertanyaan gw kyknya culun banget" haha..

  7. #22
    Permanent Resident inidewi's Avatar
    Join Date
    Apr 23, 2012
    Location
    Indonesia
    Posts
    586
    Mentioned
    52 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: KRPL (kawasan rumah pangan lestari)

    wah senang nemu thread ini, di rumah juga lag merintis (halah..) beberapa taneman, yg udah berhasil di panen itu mangga, lumayan ngerasain buah hasil pekarangan sendiri,,,
    di blakang rumah smpet nanem cabe, tomat.. dah mau tinggi sekitar 40cm-an, cabe dah berbuah 1biji (walopun cm sebiji rasanya senengg bgtt), berkat ke-sotoy-an diri ini, dikasih pupuk, entah pupuk apa, lupa,, kebanyakan kayanya, mati doooongggg... hiks hiks hiksss

    trus kemaren minta pohon sirih ke tetangga nyokap, nanem 4 bibit di tanah, 2 bibit di botol aqua, yang di tanah kering doooong,, malah yg di aqua hidup.. aishhh,,, bingung deh.. ada yg tau nanem pohon sirih?
    trus yang tidak diniatkan nanem malah tumbuh subur dengan sendirinya.. ada jeruk (entah jeruk apaan) sama rambutan (entah juga rambutan apaan) ini kayaknya akibat orang rumah suka buang biji buah2an ke tanah langsung... eehh lama2 jadi pohon,, masih kecil sih masih sekitar 30cm-an,, hehehe
    tapi seru juga sih nanem2 itu.. klo dah berbuah itu puaaasss bgttt Hidden Content

  8. #23

    Join Date
    Jan 1, 1970
    Posts
    0
    Mentioned
    Post(s)
    Tagged
    Thread(s)

    Default Re: KRPL (kawasan rumah pangan lestari)

    Fabby, gue ga ada patokan nyiraminnya, pake feeling doang. Gausa dipupuk dulu, ntr2 aja kalo kaya ga bagus pertumbuhannya baru lirik2 pupuk.

    Inidewi...widih..nanem buah ya? Ga sanggup waktunya dan lebih tricky kata gue mak. Tantangan pertama susah idupnya, kalo bisa idup tantangan selanjutnya gamau berbuah. Gue berasa susah tuh nanem pohon jeruk purut, yg daunnya buat masak itu loh. Pake cangkokan mati, biji lebih tragis lg. Udah numbuh tau2 kering aja.
    Kmrn lebaran ke tempat pakde gue, gile rumahnya full buah. Kalo rambutan & mangga rata2 pada punya, dia nanem buah naga, jeruk makan (gatau jenisnya, gue metik bnyk bgt, manis pula), jeruk sunkist (belum berbuah), jeruk bali, klengkeng, manggis wah mupeng berat...belom lagi area sayur2an.

  9. #24
    Permanent Resident inidewi's Avatar
    Join Date
    Apr 23, 2012
    Location
    Indonesia
    Posts
    586
    Mentioned
    52 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: KRPL (kawasan rumah pangan lestari)

    Hidden Content
    klo yang mangga, nanem dari bibit yg tinggi sekitar 1 meteran kayanya,, jadi ya dia dah bibit besar,,
    itupun pertamakali panen dari sekian bakal buah yang ada yang berhasil matang dg sempurna cmn sebijiiii... huuu dramatis banget panennya.. haha
    berikut2nya mulai kokoh dah tu si bakal buah, panen 5bh, 10 bh, skrg kyknya ada kli tuh 15an (kayaknya),,
    mau kasih tetangga bingung.. orang cm 5biji,, masa ngasih cm 1 dikiranya pelit lagi,, jadi skrg klo ada yg minta baru deh "ambil aja bu seadanya, panennya cm segitu, pilih aja deh yg mana yg bs dimakan" haha

    Nah klo yg jeruk sm rambutan ini pohon yg tiba2 numbuh, dari biji,, ini mah tidak berharap banyak, secara bakal masih lama perjalanan hidup mereka, hehehehehe

  10. #25
    Newcomer
    Join Date
    Oct 27, 2013
    Posts
    41
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: KRPL (kawasan rumah pangan lestari)

    Kepikiran tanem lemon di rumah. Abis beli di pasar 60 ribuan sekilo, mahal banget. Mohon info donk, kalau kita tanem langsung dr biji lemonnya kira2 akan susah tumbuh ngga yah? Atau sebaiknya beli bibit pohon dr abang2 aja?

  11. #26
    Citizen
    Join Date
    Apr 27, 2012
    Location
    surabaya
    Posts
    1,591
    Mentioned
    413 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: KRPL (kawasan rumah pangan lestari)

    Flo,
    Kl nanem sawi di polybag bisa ngga? Mau nanem di kantor dulu. Nanti kl udah tunas bw pulang. Anak2 gue iseng soalnya.
    Btw, siapa nih yg mindahin. Makasih, ya, bumod..

  12. #27

    Join Date
    Jan 1, 1970
    Posts
    0
    Mentioned
    Post(s)
    Tagged
    Thread(s)

    Default Re: Tanaman Pangan

    Inidewi.. mau dong tetanggaan. ikut panen mangga. hihi

    Miaa..bisa kok..gue juga pakai pot gede buat semai, ntar kalo udah gedean dipindah tanah. kalo polibagnya aga gedean kayaknya gaperlu di pindah. bisa sampai panen disitu aja. asal jarang nanemnya. kalo kerapetan gamau gede

    Juwita.. lemon sama ga sama jeruk nipis? kalo jeruk nipis mending beli pohon aja, susah soalnya kalo dari biji. tetangga2 gue pada beli pohon jeruk nipis udah ada buahnya. tapi kalau lemon beda sama jeruk nipis, gue blom pernah tau pohonnya.

    sclare..lo nanem jagung 4 jenis mak, jenis apaan? jagung sekali panen ya?gampang ga numbuhnya? gue pengen ikut2 nih

  13. #28
    Immigrant
    Join Date
    Oct 14, 2011
    Posts
    137
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tanaman Pangan

    Wah ada thread berkebun.. Pengin banget berkebun, kemarin udah beli benih sayur, 29 macem, tp lom punya waktu buat mulai nanemnya.. 😞

  14. #29
    Citizen sclare's Avatar
    Join Date
    Oct 7, 2012
    Posts
    1,143
    Mentioned
    57 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tanaman Pangan

    miaa

    tanam di polybag, bisaa banget gw dulu pertama kali tanem sawi keriting di polibag juga kok. hasilnya kalo mau masak tinggal petik aja.

    fabbychic kalo lahan sempit coba bikin vertical garden sederhana, pakai botol bekas air mineral disusun. coba kaya gini nih. rencana gw mau bikin begini. bahan2 udah siap. tinggal di bikin aja Hidden Content




    tanaman sbenernya bisa hidup walau tanpa tanah skalipun. kan ada tuh hidroponik. yg penting kebutuhan nutrisi nya terpenuhi. gw tanam cabe, ketela, bawang di pasir. dan cabe gw subur. kalo sinar matahari terlalu terik pasang paranet diatas tanaman mu

    floo
    ini gw lagi mengatasi masalah tikus. udah gw kasih kawat nyamuk smua tempat, supaya tikus ga bisa masuk kehalaman.
    gw tanam, jagung merah, biru, indian (glass gem), strawberry. tapi yg tunas baru yg biru T-T
    gw setuju. tanam buah emang lebih sulit dari tanam sayur. biar udah berbunga, ntar bisa gugur, udah jadi buah terus gugur, karna hujan deras, belum lagi di makan kelelawar (kok gw jadi curhat). gw geram tanam mangga ganesha bertahun2 blm petik hasil
    Last edited by sclare; Sep 10, 2014 at 11:31 AM.

  15. #30
    Newcomer
    Join Date
    Apr 26, 2013
    Posts
    79
    Mentioned
    6 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tanaman Pangan

    baru ngeh kalo judul thread ini diganti....

    sclare,
    Bayam merahku kena panas matahari. Daunnya sih utuh, tapi warnanya ada bercak putih. Trus kalo nanem sawi atau selada kok hasilnya gak pernah gede2 kaya yang dipasar ya...apa kurang pupuk? Dirimu biasanya sayur dipupuk apa?
    Wah...vertical garden pake botol gitu keren ya..... suruh pak suami bikin ah..... Hidden Content

    Taneman cabeku berbuah banyaakkk....padahal yang punya gak suka pedes. Jadi aja nganggur... Akhirnya aku jemur. Pengen buat bubuk cabe daripada busuk sia2

Page 2 of 15 FirstFirst 1 2 3 4 12 ... LastLast