Tips untuk nyapih/weaning.... - Page 42
Page 42 of 42 FirstFirst ... 32 40 41 42
Results 616 to 622 of 622
  1. #616
    Lurker
    Join Date
    Jun 6, 2015
    Posts
    5
    Mentioned
    3 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapih/weaning....

    Anak ku seminggu lagi mau masuk usia 21 bulan. Sudah sering dikasih tau sebentar lagi bobonya ga pake nen ya. Tapi setiap dikasih tau anaknya geleng geleng ga mau. Aku nya juga masih galau berasa cepet aja 2 tahun. Memang perlu kesiapan dari dua pihak, anak dan ibunya. Huuuhuuu.. :"(

  2. #617
    Lurker vhie1's Avatar
    Join Date
    Nov 27, 2013
    Location
    Bandung, Indonesia
    Posts
    6
    Mentioned
    4 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapih/weaning....

    Mau sharing sedikit menyapih nih..
    Anak pertama gw dulu rada susah disapih, emaknya emang rada berat juga sih buat nyapih Hidden Content Pernah coba pake plester, lipstik, sampe bratawali...tapi ga pernah ada yang berhasil. Akhirnya coba disapih secara bertahap:
    Tahap pertama: ga boleh nenen sejak bangun tidur sampe makan siang.
    Tahap kedua: ga boleh nenen sampe mandi sore
    Tahap ketiga: ga boleh nenen sampe makan malam
    Tahap keempat: nenen hanya saat mau tidur malam
    Tahap kellima: nenen hanya saat bangun malam (anak gw ini masih kebangun2-3x waktu malem)
    Tahap terakhir barulah ga nenen sama sekali..
    Mayan deh yaaa Hidden Content

    Klo anak kedua alhamdulillah lebih gampang, dikasih tau sejak bulan puasa kalo abis lebaran ga nenen, diulang2 hampir setiap hari. Beres mudik, barulah anaknya ditunjukin kalender (walau anaknya ga ngerti juga sih ya), "dek, mulai hari senin nanti ga boleh nenen lagi yaa", hari itu kamis malam. Besok malemnya diulangi lagi, diliatin kalender bla bla bla. Eh pas sabtu malam sebelum tidur, anaknya menolak nenen karena, "kan adek udah 2 tahun." Tidurlah dia sendiri tanpa drama. Cuma agak gelisah aja sih, karena belum biasa kali ya. Yang biasa tidur jam 9, molor sampe jam setengah 12 baru dia bisa tidur. Heheheh.. Gelisahnya cuma beberapa hari sih, kesininya sih jam tidurnya udah normal lagi. Paling klo agak gelisah dia minta dinyanyiin lagu, ga lama tidur deh anaknya..

    Dan sekarang emaknya nih lagi kangen nenenin anak bayik. Hidden Content

  3. #618
    Elite Citizen pezzy's Avatar
    Join Date
    Apr 30, 2013
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,817
    Mentioned
    3531 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapih/weaning....

    @Hidden Content waaaahh baik amat si dede.. itu umur brp mak? 2th persis apa lewat? btw anak pertama ama kedua cewe/cowo? anak gw masih nenen terus nih.. baru 2th pas awal Juli sih.. hahaha.. trus skarang sakit pula.. jd blm dilanjutin menyapih pdhl stok ASIP ud dikit.. hahaha
    “Tak ada yang lebih indah selain dua orang yang bertemu karena saling menemukan, sama-sama berhenti karena telah selesai mencari. Tak ada yang akan pergi, sebab tahu bagaimana sulitnya mencari.”

  4. #619
    Immigrant
    Join Date
    Nov 25, 2013
    Posts
    245
    Mentioned
    150 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapih/weaning....

    Anakku sukses disapih nih. Umurnya 16bln. Sbnrny uda aga lama on off mau nyapih tapi mamanya belum siap. Puncaknya itu pas dia umur 16bln, dia nen lama bngt terus lepas nen, nen lg gtu2 terus. Akhirnya aku blg ke dia, ‘’udah yaa klo nen bgtu no nenen lg’ trs aku kasih lg kan dia bgtu lg. Ya uda deh dr situ aku lngsung copot lalu menyapih dia.

    Hari pertama ditidurin aga susah yaa, terus digendong bpknya dinyanyiin sm bpknya baru tdr. Lalu malem kebngun 4-5x minta nen tp aku gk kasih. Terus digendong, dibukain gorden blg masih mlm ya bobo lg. Pling lma 20 mnt sih terus dia tdr lg. Bgtu smpe 5x bngun.

    Hari kedua, aku ajak dia main playground gtu. Pas pulang, jam tdr siang dia. Dia ketiduran di mbil, lalu pas smpe ruma aku angkat lalu aku taro diranjang. Dia kebangun, aku ud tkut dia mau nen tp ternyata enggak loh. Dia cmn tarik tangan aku mau aku nemenin di smping dia doang. Uda abs itu tidur lg. Pas mlm masih minta nen ya tp aku bacain cerita dia ketiduran sndiri.

    Hari ketiga. Disini aku tkut sih karna bnyk tmn aku blg klo hr ke 3 biasanya puncak dramanya. Tp ternyata dia ngerti sih. Ada dia minta nen. Tp aku jelasin dia ud gede kn uda minum susu jg td. Tidur ya smpe pagi. Dan uda dia ngerti. Tidur smpe pgi cmn kebangun sekali itu jg aku ksih air putih lalu tdr lg.

    Kunci mau sukses menyapih (menurut pengalamanku):
    1. Berdoa dan berserah sm Tuhan ya.
    2. Mamanya HARUS siap.
    3. Konsisten.
    4. Musti blg sm anak walopun gk nen, kasih sayang kt gk bakal berkurang.
    5. Tetep quality time ya sm anak. (cuddling, bacain buku, cerita keseharian anak dan kita, main sm ank, dll)
    6. PERCAYA sm anak yaa klo dia akan mengerti apa aja yg kt blg.

    Dan setelah sukses disapih, yg tdnya anak aku mlm kebangun 4-5x. Dia hanya bngun cmn buat minum air puti sekali lalu tdr lg.
    Semoga sharinganku bermanfaat yaaa.

  5. #620
    Lurker vhie1's Avatar
    Join Date
    Nov 27, 2013
    Location
    Bandung, Indonesia
    Posts
    6
    Mentioned
    4 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapih/weaning....

    Hidden Content Originally Posted by pezzy Hidden Content
    @Hidden Content waaaahh baik amat si dede.. itu umur brp mak? 2th persis apa lewat? btw anak pertama ama kedua cewe/cowo? anak gw masih nenen terus nih.. baru 2th pas awal Juli sih.. hahaha.. trus skarang sakit pula.. jd blm dilanjutin menyapih pdhl stok ASIP ud dikit.. hahaha
    aah maafkan baru buka forum lagi, anak pertama, cowo, berhasil disapih umur 2 tahun 9 bulan, sedangkan anak kedua, cewe, berhasil disapih umur 2 tahun 4 bulan. gimana anaknya, udah berhasil nyapih>?

  6. #621
    Elite Citizen pezzy's Avatar
    Join Date
    Apr 30, 2013
    Location
    Jakarta
    Posts
    3,817
    Mentioned
    3531 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapih/weaning....

    mau share pengalaman nyapih.. akhirnya anakku (cowo) berhenti nenen menjelang 2 tahun 5 bulan.. caranya gmana? ditega2in hahaha.. beneran deh.. kalo emaknya blm tega/blm siap emang susa.. anakku 2bln lalu sempet berhenti nenen 4hr, pas hari ke-5 tiba2 mau nenen lagi dan mamanya kasi aja.. mungkin sebenernya dy ngetes doank ya.. hahaha.. trus akhirnya waktu tu hari minggu aku bulatin tekad buat berhenti nenen.. soal sounding, jangan ditanyalah.. uda dari 1th boo gw sounding, tetep ajeee.. trus makin gede tu anak makin ngerti yahhh.. jadi menurut pengalaman gw, lebih susa boo nyapihnya..


    akhirna cara nyapihnya uda ga bisa WWL lagi deh (berhubung uda isi dan tiap nenen, nipple sakit boo rasanya cenut2).. endingnya pake acara plester nipple dan bilang nenennya luka.. cuma minta liat2 di hari pertama, hari berikutnya udah gak sih.. belakangan sempet minta liat tp aku uda ga plester, jd blg gak boleh.. hahaha.. sampe skarang (almost 2 weeks) sih dy tidurnya masih agak susa.. harus digendong/dipangku gitu sama gw (gak mau sama org laen, kecuali siang kalo gw ngantor).. makin manjalah pokoknya.. tapi yg nangis2nya sih ga sampe 5hari.. ya kuat2in aja nemenin maen sama dengerin dy ngoceh2 ga mau tidur2.. biasa jam 8 uda tidur, paling malem jam 10.. skarang jam 11-an baru tidur.. ya udalah nasib hahahaha.. oh iya anakku kalo malem kebangun, ga mau minum.. jadi ya ditidurin lagi aja (digendong/diempok2)..
    “Tak ada yang lebih indah selain dua orang yang bertemu karena saling menemukan, sama-sama berhenti karena telah selesai mencari. Tak ada yang akan pergi, sebab tahu bagaimana sulitnya mencari.”

  7. #622
    Permanent Resident yunny's Avatar
    Join Date
    Dec 23, 2009
    Location
    jakarta
    Posts
    900
    Mentioned
    113 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapih/weaning....

    Anak aku akhirnya disapih di 17 bulan, karena hamil lagi. Malam test, bsknya uda ga ksh lg stop tiba2. Karena kepikiran setiap hamil TM1 suka ngeflek, jd putusin nyapih hari ini juga.
    Anak aku padahal tipe yg addict sm nenen, 1 hari bisa 6-8x sampe susah makan. Stlh 12 bulan juga uda mulai dikenalin susu lain selain ASI biasa 1 hari max cm bs minum 100ml dan agak susah minumnya.
    Entah ini anak ngerti atau tau keadaan, diomongin baik2 knp ga bs nenen lg. menyapih ga pake drama. Cuma nangis2 rengek bentar, ga maksa narik baju. Uda tidur aja ga pake nenen. Bener2 bersyukur bgt semua berakhir dengan manis di akhirnya. Ga pake marah2, kesal2, tantrum dsb.
    Bonusnya setelah menyapih makan lebih banyak, mau minum susu. Hr ini uda hari ke 5 dan masih berjalan dengan mulus. Pdhal dulu coba kurangin frekuensi nenen aja gagal melulu.

    Yg aku lakuin:
    1. Berdoa supaya lancar mengasihi
    2. Tekad nya kuat, ada alasan kuat knp harus disapih jd ada tujuannya
    3. Omongin baik2 ke anak, jgn kepancing emosi kl anak nangis/ngerengek
    4. Puji anak stlh anak bangun/ berhasil ga nenen
    5. Jgn jauhin anak, misal biasa kan tidur sm kita sambil nenen, ttp kita yg tidurin dia.
    6. Pastikan sblm tidur anak kenyang
    7. Yakin anak pasti bisa dan yakinkan anaknya juga
    8. Pake baju yg bikin akses untuk ke nenen susah haha..

    Sent from my GT-I9200 using Tapatalk

Page 42 of 42 FirstFirst ... 32 40 41 42

Similar Threads

  1. Investment and Savings Tips
    By Hanzky in forum Money Talks $$
    Replies: 2327
    Last Post: Oct 12, 2018, 03:21 PM
  2. Info: Tips Memanfaatkan Konter Kosmetik
    By dunia_dandan in forum The Beauty School
    Replies: 277
    Last Post: Feb 28, 2018, 05:18 PM
  3. Tips Kecil Untuk Kecantikan
    By Syita in forum Absolute Grooming
    Replies: 589
    Last Post: May 14, 2017, 02:48 PM
  4. Share your tips for a better life!
    By miss_chinoscuro in forum Random Chat
    Replies: 259
    Last Post: Dec 4, 2016, 08:55 PM
  5. Tips for Fresh Graduates who are looking for a job
    By Jully in forum Career & Workplace
    Replies: 677
    Last Post: Jul 23, 2016, 08:09 PM