Tips untuk nyapih/weaning....
Page 1 of 42 1 2 3 11 ... LastLast
Results 1 to 15 of 624
  1. #1
    Beryl RitArif's Avatar
    Join Date
    Feb 20, 2008
    Location
    Pamulang....
    Posts
    1,531
    Mentioned
    2 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Tips untuk nyapih/weaning....

    Bagi-bagi tips yah..

    Hawa dah mo 16 bulan.... day by day dia makin pinter aja.... dah mulai minta nenen dimana-mana.... even in public!!!!!!!

    Sekarang gw mo mulai berhenti in ASInya.... cuma pengin tahu yah gimana caranya.... apa cold turkey ato pelan pelan.... (dia sekarang pasti kalo mo bobo minta nenen.) cara dimana dia gak akan sedih kalo ASI di kurangin ato di berhenti...

    Banyak yang memberi ide, kasi Band Aid ato coffee or lipstick (buat pura2x berdarah)..... hmm yang mana yang bagus yah???

    Oh one other thing... dia suka banget bangun tengah malam dan minta nenen.... nah kalo dia minta gimana cara gak sampai harus di kasih yah???

    Thanks semua

  2. #2
    Citizen
    Join Date
    Jan 24, 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    1,150
    Mentioned
    130 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapi/ weaning....

    jangan bohongi anak.. she knows and she will learn how to lie from you.

    tips dari gue: tolak saja keinginan nenen-nya di depan umum, katakan tidak sekarang, katakan hanya boleh di rumah. kasih dia minuman lain (air putih, jus, susu) sebagai gantinya. biasanya anak hanya pengen merasakan dekapan ibunya.

    nanti sampe di rumah, tepati janji untuk langsung nenen-in dia.

    keep it consistent and good luck.

  3. #3
    Gold meeda/casa's Avatar
    Join Date
    Sep 25, 2007
    Location
    jakarta
    Posts
    40
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapi/ weaning....

    wahh.. tanggung rit masih ada 8 bulan lagi tuh haknya hawa buat nenen.. jangan di stop.

    komunikasi rit... ajak hawa bicara. itu yang gue lakukan terus waktu casa masih nenen, dia ku berentiin nenen dengan keikhlasan kedua belah pihak ga ada yang dirugikan.

    casa disapih umur 28 bulan itu juga karna gue hamil 4 bulan secara sakittt kalo dia lagi nenen gue nya, jadi kalo kita lagi main gue suka ngobrol2 ma dia ya dibantu bapaknya juga, baby tuh pinter kok rit dia bisa nangkep apa yang kita omongin.

    yang ada kadang sekarang suka gue tawar2in nenen, kangen boooHidden Content dia nya ga mau malah bilang "untuk baby nenennya bu..." hihihihi kadang suka terharu guenya.

  4. #4
    Emerald Tarissima's Avatar
    Join Date
    Jun 5, 2007
    Location
    Land of Napoelon
    Posts
    842
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapi/ weaning....

    Pelan pelang Jeng nyapihnya.
    Dulu aku gitu sih.. Kebetulan Ben waktu itu , dari umur 18 bulan,udah ikut playgorup jadi otomatis seharian gak ASI. ASI cuma pagi ama sore. Terus dikurangi cuma satu kali, malem aja.

    waktu Ben udah mau 24 bulan... untuk nyapih yg sekali nenen itu ternyata susah banget. terpaksa aku bohongin dia dengan kasih coretan merah di sekitar puting. Habis itu dia gak mau lagi. Emang rewel sedikit tapi lama- lama juga lupa dan mau mimik susu dari gelas.

    Harus sabar, telaten dan konsisten..
    There are three reasons for breast-feeding: the milk is always at the right temperature; it comes in attractive containers; and the cat can't get it. ~Irena Chalmers

  5. #5
    Permanent Resident mochaskin's Avatar
    Join Date
    Aug 6, 2007
    Location
    twin towers city
    Posts
    600
    Mentioned
    64 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapi/ weaning....

    Anak gw pake asi sampe dia umur 2taon 2 bulan. Udah banyak kan tuh giginya, kalo dia nyusu sampe ketiduran dan ngegigit. Sakiiiiiit bgt. Hidden Content
    Jadi akhirnya gw titipin ama nyokap gw di Cirebon. Gw posisi waktu itu di Jakarta.
    Gw titipin 3 hari
    Sebenernya dia ok ajah sey ga ada asi.. cuman rewel sedikit ajah. Dan ga rewel lg pas dikasih susu botol
    Pas ketemu gw dia mau langsung mau asi lagi. Dikasih susu botol ga mau. Jadi akhirnya puting gw kasih pasta gigi pedes...
    Walhasil dia ga mau nyusu lagih... Hidden Content
    Barangkali cara ini ampuh juga buat dicoba Hidden Content

  6. #6
    Permanent Resident
    Join Date
    Jan 9, 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    581
    Mentioned
    104 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapi/ weaning....

    Hai mbak,

    Anak gw, baru berhasil gw sapih 1 bulan menjelang ulangtahunnya yg ke 3...slowly but sure..hehehehe...
    Menurut gw sih ya, weaning itu gak cuma masalah stop nenen ke anak, tapi kesiapan kita sebagai ibunya jg. Krn gw udah mulai coba utk weaning dia dari usia 2 tahun yang awal2nya gw rada kagak rela jg weaning anak gw...hehehehe...takut keilangan bonding gituh antara gw dan anak gw...secara gw kerja. Tapi lama kelamaan gw makin rela deh utk menyapih dia dan kok ya semakin gampang ajah gitu prosesnya...
    Oiya, gw pake trik kl minta kasih, gak minta ya gak kasih dan gak nawarin. Jadi kl dia minta nenen gw kasih, kl gak minta ya gw gak nawarin....gituuu terus sampai hampir setahun. Nah, twin sis gw kebetulan melahirkan, nah moment itu gw pake buat totally menyapih dia. krn waktu itu perjanjian kita adalah ASI utk baby supaya pinter. Walhasil begitu twin sis gw lahiran besokannya dia udah totally gak nenen lagi...

    Pfuuiih.....alhamdulillah tuh gak pake plester2an atao jamu2an...hehehehehehe

    setuju dgn tarissima, modalnya sabar, telaten dan konsisten.

  7. #7

    Join Date
    Dec 30, 2007
    Location
    bIaInIdIuInIg
    Posts
    125
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapi/ weaning....

    wah kebetulan ada thread ini, secara gw mau nyapih anak gw. 1 bulan lg umurnya pas 24 bulan. Kalo dari pagi sampai malam gw tinggalin, anak gw ga rewel, mau minum susu dari gelasnya dan makannya jadi banyak. Anak gw sama ama anaknya RitArif. Dia hampir selalu pasti bangun tengah malam. Dan mesti wajib nenen. Itu kali yang susah. Pernah dicoba beberapa kali diganti sama susu botol malah dia nolak dan marah. Akhirnya gw gak pernah sukses nolak ngasi ASI kalo pas malem. Bingung juga. Kalo nyokap sih dulu pake daun badrawali (yang katanya pahit banget). Dioles ke puting, biasanya sukses bikin anak ga mau nenen lg. Tapi gw masih belum tega, nih! Ga tau kalo umurnya udah 2 tahun nanti. Mau ga mau mesti tega.

  8. #8
    Beryl RitArif's Avatar
    Join Date
    Feb 20, 2008
    Location
    Pamulang....
    Posts
    1,531
    Mentioned
    2 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapi/ weaning....

    CARA AMAN & EFEKTIF MENYAPIH SI KECIL
    Menyapih si batita dari ASI mudah saja asal dilakukan dengan cara yang tepat.

    Hingga kini masih banyak ibu yang menggunakan cara-cara penyapihan seperti yang dilakukan ibu-ibu zaman dulu. Dari mengoles putingnya dengan zat-zat yang berasa pahit seperti jamu dan brotowali, sampai memplester puting. Bahkan ada yang mengolesnya dengan obat merah. Padahal, sudah seharusnyalah kita meninggalkan cara-cara lama itu. Apalagi pada dasarnya, menyapih anak dari ASI dapat dilakukan secara alami, sehingga anak lebih siap menerimanya.

    Jika menyapih dilakukan dengan cara yang benar, maka kelekatan anak dengan ibunya akan berada dalam porsi yang tepat. Maksudnya, anak dapat belajar bahwa ibu tetap mencintainya meskipun ia tak mendapatkan ASI lagi. Anak akan merasa, disapih bukanlah suatu yang menyakitkan. Dengan begitu, efek lain yang bisa timbul adalah anak belajar kemandirian.

    SALAH CARA MENYAPIH DAN EFEK YANG MUNGKIN TIMBUL

    1. Mengoleskan obat merah pada puting

    Selain bisa menyebabkan anak mengalami keracunan, juga membuat anak belajar bahwa puting ibu ternyata tidak enak, bahkan bisa membuatnya sakit. Keadaan ini akan semakin parah jika ibu melakukannya secara tiba-tiba. Si kecil akan merasa ditolak ibunya. Dampak selanjutnya mudah diduga, anak akan merasa ibu tidak mencintainya.

    Gaya kelekatan yang muncul selanjutnya adalah avoidance (menghindar dalam suatu hubungan interpersonal). Hal ini dapat memengaruhi perkembangan kepribadian anak. Ia akan mengalami kesulitan untuk menjalin suatu hubungan intensif dengan orang lain. Hal ini terjadi karena di masa kanak-kanak ia merasa ditolak oleh orang tua, dalam hal ini ibunya.

    2. Memberi perban/plester pada puting

    Dibanding cara nomor 1, cara ini akan terasa lebih menyakitkan buat anak. Jika diberi obat merah, anak masih bisa menyentuh puting ibunya. Tetapi kalau sudah diperban/diplester, anak belajar bahwa puting ibunya adalah sesuatu yang tak bisa dijangkau.

    3. Dioleskan jamu, brotowali, atau kopi supaya pahit

    Awalnya mungkin anak tak akan menikmati, tetapi lama-kelamaan anak bisa menikmatinya dan malah bergantung pada rasa pahit tersebut. Mengapa? Karena ia belajar, meskipun pahit tetapi masih tetap bercampur dengan puting ibunya.

    Dampaknya, anak bisa mengembangkan suatu kepribadian yang ambivalen, dalam arti ia tidak mengerti apakah ibu sebetulnya mencintainya atau tidak. "Bunda masih memberikan ASI, tapi kok tidak seperti biasanya, jadi pahit."

    Parahnya lagi, kepribadian ambivalen bukan kepribadian yang menyenangkan. Anak akan mengembangkan kecemasan dalam hubungan interpersonal nantinya.

    4. Menitipkan anak ke rumah kakek-neneknya

    Kehilangan ASI saja sudah cukup menyakitkan, apalagi ditambah kehilangan figur ibu. Ingat lo, anak kecil umumnya belum memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Jadi, dapat dibayangkan kondisi seperti ini bisa mengguncang jiwa anak, sehingga tak menutup kemungkinan anak merasa ditinggalkan.

    Tentunya hal itu tak mudah bagi anak karena ada dua stressor (sumber stres) yang dihadapinya, yakni ditinggalkan dan harus beradaptasi. Jadi jangan kaget, jika setelahnya anak pun butuh penyesuaian lagi terhadap ibunya. Malah akan timbul ketidakpercayaan anak terhadap ibu.

    5. Selalu mengalihkan perhatian anak setiap menginginkan ASI

    Meski masih batita, si kecil tetap bisa merasakan penolakan ibu yang selalu mengalihkan perhatiannya saat ia menginginkan ASI. Kondisi ini juga membuat anak belajar berambivalensi. Misal, ibu selalu mengajak anak bermain setiap kali minta ASI. Tentu anak akan bertanya-tanya, "Bunda sayang aku enggak sih, kok aku enggak dikasih ASI? Tetapi kalau tidak sayang, kok masih ngajak aku main?"

    6. Selalu bersikap cuek setiap anak menginginkan ASI

    Anak jadi bingung dan bertanya-tanya, mengapa dirinya diperlakukan seperti itu. Dampaknya, anak bisa merasa tak disayang, merasa ditolak, sehingga padanya berkembanglah rasa rendah diri.

    CARA YANG DIANJURKAN

    Penyapihan alami/natural (child led weaning)

    Inilah cara yang terbaik karena tidak memaksa dan mengikuti tahap perkembangan anak. Tiap anak sebetulnya memiliki tahapan perkembangan alami yang menandai ia siap untuk disapih. Contoh, ketika giginya mulai tumbuh dan sistem pencernaannya sudah terbentuk baik biasanya anak mulai bisa menikmati makanan padat, bukan lagi ASI. Dengan begitu ia pun mulai belajar secara natural untuk meninggalkan ASI.

    Sayangnya cara alami sering tak dipahami orang tua sehingga momentum yang baik ini malah diabaikan. Sering, kan, acara makan bagi anak tidak diupayakan menyenangkan. Makanannya juga tidak disajikan secara menarik, tidak variatif, serta rasanya mungkin kurang enak. Dari situ, akan timbul kesan negatif terhadap aktivitas makan. Jadi sebaiknya, manfaatkan jadwal makan anak untuk memberikan perhatian dan gizi yang baik. Dengan demikian, kelekatan emosional ibu-anak yang tadinya terfasilitasi di saat menyusui dapat terimbangi dengan aktivitas lain sesuai tahap perkembagan di usia batita.

    CARA-CARA MENYAPIH INI BOLEH DILAKUKAN ASAL...

    1. Memberi makan dan minum agar anak selalu kenyang sehingga lupa pada ASI

    Cara ini boleh saja dilakukan untuk menyapih, tetapi harus secara perlahan. Selain itu, afeksi yang terjalin ketika ibu menyusui juga harus digantikan dengan sentuhan lain agar tetap terjaga hubungan kelekatan antara ibu dan anak. Jika kedua hal ini tak dilakukan, ditakutkan anak merasa ditolak.

    Pada anak yang sudah mengerti jika diajak berbicara, ibu dapat memberikan penjelasan kepadanya. Katakan bahwa sudah saatnya ia makan makanan lain atau minum susu selain ASI, tapi ibu tetap sayang padanya.

    2. Memberi empeng atau dot sebagai pengganti puting

    Yang penting afeksi dari ibu bisa tetap terjaga dengan cara yang lain. Hanya saja, empeng atau dot bisa menciptakan ketergantungan baru sehingga memengaruhi struktur gigi-geligi anak. Jadi, bila ada cara lain yang lebih baik, hendaknya cara ini tak digunakan.

    3. Menjarang-jarangkan waktu pemberian ASI

    Jika tadinya pemberian ASI dilakukan kapan saja anak mau, maka untuk menyapihnya perjarang pemberian menjadi misalnya 3 kali sehari. Lalu beberapa minggu kemudian menjadi 2 kali sehari dan 1 kali sehari hingga berhenti sama sekali.

    Hal ini boleh saja dilakukan karena mengikuti prinsip gradual weaning (menyapih secara bertahap). Maksudnya, anak disiapkan terlebih dahulu, sehingga ketika usianya genap 2 tahun, anak sudah siap tak mendapatkan ASI lagi. Biasanya cara ini dilakukan ketika anak mulai memasuki usia 1 tahunan. Di waktu-waktu biasanya anak mendapatkan ASI, kini diganti dengan susu formula dalam gelas dan makanan padat.

    Yang penting, pengurangan frekuensi pemberian ASI tidak membuat anak kaget. Termasuk dalam cara bertahap ini adalah menyapih sebagian (partial weaning). Contoh, si batita disapih waktu malam saja atau waktu siang saja.

    4. Memberikan penjelasan kepada anak, setelah itu tak sekalipun memberikan ASI lagi

    Cara menyapih seperti ini bisa dilakukan jika usia anak sudah mencapai 2 tahun. Akan tetapi, tidak memberikan ASI sama sekali sebagai pertanda ketegasan ibu sama saja dengan menyapih secara mendadak (abrupt weaning). Dampaknya tetap negatif jika penjelasan ibu tidak bisa diterima; anak merasa ditolak oleh ibunya.

    Apalagi jika sebelumnya tak ada pengondisian atau persiapan untuk anak terlebih dulu. Biasanya terjadi saat ibu memutuskan kembali bekerja karena merasa anak sudah cukup besar, ibu sakit sehingga tak boleh menyusui, ibu hamil lagi, atau produksi ASI berkurang drastis oleh karena satu dan lain hal.

    Oleh karena itu, jelaskan pada anak alasan masuk akal mengapa harus berhenti menyusu pada ibu. Apakah karena usianya yang sudah mencapai 2 tahun atau karena kondisi ibu memang tidak memungkinkan sehingga harus berhenti menyusui secara mendadak.

    JANGAN MENYAPIH BILA...

    Penting diperhatikan, penyapihan hendaknya tidak dilakukan bila anak sedang mengalami suatu perubahan. Umpama, sedang tumbuh gigi, keluarga baru pindah rumah, atau si kecil baru saja masuk kelompok bermain. Dalam periode itu anak sedang perlu waktu untuk beradaptasi. Beradaptasi terhadap satu perubahan saja sudah sulit, apalagi jika ditambah dengan penyapihan. Terlebih lagi penyapihan melibatkan ikatan emosional ibu dan anak.

    YANG JUGA PERLU DIPERHATIKAN

    Saat mulai minum susu formula, ajari anak untuk menggunakan mug (cangkir), bukan dengan botol dot. Tujuannya agar secara perlahan-lahan anak tidak bergantung lagi pada puting susu ibunya. Dengan pengondisian ini, anak juga belajar bahwa puting susu ibu bukan satu-satunya alat untuk memperoleh susu.

    Tentunya sambil melakukan cara-cara tersebut, ibu tetap harus menunjukkan afeksinya terhadap anak. Antara lain dengan memberikan sentuhan pada anak, semisal mengusap-usap rambutnya atau memeluknya. Namun caranya memeluk jangan seperti sedang memberikan ASI, melainkan peluklah dalam posisi yang lain.

    Jika anak sudah bisa diajak bicara, berilah penjelasan. Contoh, "Kamu sekarang sudah besar. Kamu perlu makanan lain selain ASI." Tekankan juga bahwa tidak minum ASI bukan berarti ibu tidak sayang lagi.

    KENDALA DARI PIHAK IBU

    Tak jarang terjadi, kendala penyapihan datang justru dari ibu sendiri. Ia tak bersedia menyapih anaknya karena ada ikatan/ketergantungan emosional yang kuat dengan anak. Kondisi ini bisa terjadi jika ibu terlalu menikmati perannya sebagai sosok yang memberikan ASI kepada anak. Bisa juga dipengaruhi oleh perasaan dibutuhkan bahwa dirinyalah yang dapat membuat anaknya tumbuh dan berkembang melalui ASI yang diberikan.
    Lego Tas Guess.... Nego nego nego @mp yaaaa

  9. #9
    Beryl RitArif's Avatar
    Join Date
    Feb 20, 2008
    Location
    Pamulang....
    Posts
    1,531
    Mentioned
    2 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapi/ weaning....

    Sitzhy dah berhasil blm??? Aku blm nech... bagi2x yah ceritanyaaaa Hidden Content
    Lego Tas Guess.... Nego nego nego @mp yaaaa

  10. #10
    NewcomerElite Citizen utie's Avatar
    Join Date
    Sep 25, 2007
    Location
    Batam
    Posts
    3,271
    Mentioned
    6 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapi/ weaning....

    RitArif, ditulis sumbernya dari mana Hidden Content
    I object to violence because when it appears to do good, the good is only temporary; the evil it does is permanent.- Mahatma Gandhi

  11. #11
    Beryl RitArif's Avatar
    Join Date
    Feb 20, 2008
    Location
    Pamulang....
    Posts
    1,531
    Mentioned
    2 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapi/ weaning....

    UTie maap.... ketinggalan.... dapet dari Hidden Content source Tabloid Nakita... moga bermanfaat buat ibu2x....
    Lego Tas Guess.... Nego nego nego @mp yaaaa

  12. #12
    Permanent Resident
    Join Date
    May 29, 2008
    Location
    Cirebon
    Posts
    877
    Mentioned
    7 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapi/ weaning....

    rita, kalo gw nyapih isya dengan cara kasih tumbukan daun kates ke sekitar tetikadi. trus pas dia liat ijo2 gitu langsung bengong sebengong2nya....abis itu gw pura2 sakit deh.
    trus gw tawarin "susu aja ya"....eh dia langsung "iyah" turun dari pangkuan gw dan manggil mbaknya "mbakk cucuuu" hehehehe

    Alhamdulillah bisa gampang deh nyapih Isya secara dia kan nenen-minded gw pikir bakalan susah. alasan gw nyapih karena gw lagi hamil lagi 2 bulan. sebenernya sih gpp kalo kehamilan kita kuat, masih nenenin si kakaknya gpp kok. waktu hamil isya gw nenenin abangnya sampe 4 bulan kehamilan. trus si abang stop sendiri karena udah gak mau lagi, kayaknya rasa ASI udah berubah dan makin dikit.
    ohya isya 15 bulan skrg. dan gw nyapih masih bertahap, skrg baru siang doang gak nenen. malem masih nenenin

  13. #13
    Quartz
    Join Date
    May 21, 2008
    Location
    the city of dreaming spires
    Posts
    392
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapi/ weaning....

    Gw setuju dgn child-led weaning. Anak gw yg pertama stop sendiri pas dia umur 1 thn. Gak tau tiba2 dia gak mau ASI lagi, padahal gw-nya belum siap, tapi yah khan gak bisa dipaksa akhirnya berhasil di-stretch 2 bulanan untuk lanjut ASI cuma sebelum tidur dan pas dia bangun pagi, sampe akhirnya dia sama sekali gak mau.

    Gw menyusui biasanya bikin situasi yg anak bisa asosiasi waktunya nenen, biasanya di tempat sepi, spt kamar dan waktu tertentu. Jadi anak gw gak bisa nyusu ditempat yg dia gak kenal. Anak gw yg kedua berhenti 21 bln, gw sebenarnya waktu itu cuma mau ngurangin ASI (maunya cuma sebelum tidur dan bangun pagi), jadi tiap hari tuh gw ajak keluar, ikut toddler group, ke rumah temen, dan biasanya dia lupa utk minta ASI, ditawarinpun gak mau. Tapi, sama seperti anak gw yg pertama, akhirnya berhenti sama sekali, mungkin krn ASI-nya udah kurang krn jarang menyusui.

    Kalo utk malam hari, wah gw gak bisa bantu, anak gw dua2nya sejak umur 1 tahun udah gak nyusu malam hari, padahal gak pernah gw apa2in. Pokoknya kalo dia kenyang sebelum tidur, ya udah, sampe pagi dari jam 7 malem.

    Good luck!

  14. #14
    Fashionese Daily Crew Superstar in Training dunia_dandan's Avatar
    Join Date
    Jun 9, 2007
    Location
    Greater DC
    Posts
    8,077
    Mentioned
    5 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapi/ weaning....

    Gw mungkin termasuk yg beruntung, gak ada masalah sama sekali dengan weaning.
    Tapi dari masuk umur 2 bulan, gw emang udah sengaja utk gak menyusui payudara melulu, krn gw takut nantinya dia maunya ditetek'i terus.

    Jadi masuk umur 2 bulan, gw kasih ASI tapi dimasukkin di botol. Ganti2an antara toket ama botol, setiap 2 jam. Untungnya dia nerimo aja dikasih botol dan tidak bingung puting, jadi proses ganti2an itu gak pernah ada masalah. Tujuannya supaya dia terbiasa dengan botol juga.

    Dan gw memang maunya ASIX, tapi selama 6 bulan saja sesuai program ASIX. Gw khawatir kalau semakin kelamaan bau tetikadi, ni anak kagak bakalan mau lepas.

    Begitu 6 bulan udah lewat, dia minum susu formula full-time (sampai usia 12 bulan) dan itu gak ada masalah juga.
    Last edited by dunia_dandan; Aug 25, 2008 at 06:18 AM.
    We are not human beings having a spiritual experience.
    We are spiritual beings having a human experience.

    Save your PM and ask your beauty Q's on the forum, please. It's called 'forum' for a reason.

  15. #15
    rima_sakti's Avatar
    Join Date
    Jan 11, 2008
    Location
    Jakarta, Indonesia
    Posts
    915
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tips untuk nyapi/ weaning....

    GUe dulu gak pernah asix sih, jadi gak pernah masalah dengan weaning itu.. Dari awal dah gue campur sama formula, bukan contoh yang baik yaHidden Content Tapi temen gue ada yang susah banget tuh ngelepasin anaknya dari nenen ini, dah dipake segala macam cara2 tapi gak sukses juga.. Akhirnya dibawa ke dukun bayi, baru deh sukses.. HeheHidden Content
    *gak nolong banget ya ceritanya..
    teman2.. klo butuh ruangan buat acara ultah, arisan, reuni, dll, silahkan liat2 disini yaa.. http://dplatinum.multiply.com/

Page 1 of 42 1 2 3 11 ... LastLast

Similar Threads

  1. Investment and Savings Tips
    By Hanzky in forum Money Talks $$
    Replies: 2327
    Last Post: Oct 12, 2018, 03:21 PM
  2. Info: Tips Memanfaatkan Konter Kosmetik
    By dunia_dandan in forum The Beauty School
    Replies: 277
    Last Post: Feb 28, 2018, 05:18 PM
  3. Tips Kecil Untuk Kecantikan
    By Syita in forum Absolute Grooming
    Replies: 589
    Last Post: May 14, 2017, 02:48 PM
  4. Share your tips for a better life!
    By miss_chinoscuro in forum Random Chat
    Replies: 259
    Last Post: Dec 4, 2016, 08:55 PM
  5. Tips for Fresh Graduates who are looking for a job
    By Jully in forum Career & Workplace
    Replies: 677
    Last Post: Jul 23, 2016, 08:09 PM