Persiapan menyusui sebelum melahirkan - Page 2
Page 2 of 19 FirstFirst 1 2 3 4 12 ... LastLast
Results 16 to 30 of 273
  1. #16
    Citizen
    Join Date
    May 27, 2009
    Location
    Yogyakarta, Indonesia
    Posts
    1,334
    Mentioned
    62 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Persiapan menyusui sebelum melahirkan

    fruit n veg, yap! bayi kuning wajar kok. kan emang ada fase bilirubin naik (kalo gak salah usia 5 sd 7 hari) dan yg bisa bikin normal lg ya ASI terus-menerus sampai bilirubin keluar dari badan bayi lewat poo and pee.

  2. #17
    Resident SugaRush's Avatar
    Join Date
    May 10, 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    435
    Mentioned
    216 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Persiapan menyusui sebelum melahirkan

    Buat yg lg persiapan asi.. mental mommy menurut g paling penting. Siap2 nemuin problem pada baby, alergy, growth sprut, gtm, bingung puting, dll. Problem sama lingkungan sekitar, temen, keluarga, omongan negatif org2. Siap2 ga sempet mandi, pup buru2, makan ky lg lomba olympic, siap2 ga bisa kemana2, dll.

    Dl waktu lagi hamil, g ga da preparation sama skali soal asix. cuma modal kemauan aja pengen kasi asix, itupun ga muluk2, mau sampe 6 bulan for a start. Jd bener2 ga da pijit2, ga da bersih2in puting, ga da baca2 or cari tau soal asix. Pikiran g asix itu gampang, baby laper ya ud netekin.. titik.

    Setelah ngalamin, hahaha nangis darah rasanya, problem banyak and sempet mau nyerah, lucky me dsa pro asi, mami and hubbie dukung g asi, baca2 dr forum sini juga tnyata i'm not alone in this. Jd smangat lagi kasi asix buat baby. Skrg ud stengah jalan.. 3 more months to go to 6 months. Tp kl g sanggup maybe bisa 2 tahun nanti Hidden Content

  3. #18
    Citizen fruit_en_veggie's Avatar
    Join Date
    May 14, 2013
    Location
    Bintaro KW
    Posts
    1,594
    Mentioned
    128 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Persiapan menyusui sebelum melahirkan

    Tadi sore pas lagi bersihin p*ting eh keluar cairan bening, yeaayy kolostrum saya sudah rembes. Walaupun bukan jaminan nantinya proses menyusui bakalan tanpa halangan tapi setidaknya bisa memboosting rasa percaya diri bahwa nanti pasti bisa asix. Ternyata treatment selama ini ada hasilnya juga.

  4. #19
    Immigrant Regina's's Avatar
    Join Date
    Apr 10, 2012
    Location
    Cibubur
    Posts
    245
    Mentioned
    25 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Persiapan menyusui sebelum melahirkan

    Waktu lusa kemarin akhirnya datang jg ke klinik laktasi sama suami untuk belajar tentang ASI.. Dan ternyata di RSIA ini nanti jg menyediakan home care kalau2 nanti ada hambatan di awal2 menyusul, kayanya lumayan membantu deh. Tapi aku waktu itu lupa nanya deh, memang kalau awal2 melahirkan akan mengalami baby blue yah? (Sorry kalau OOT) itu biasanya karena apa ya? Apa karena proses menyusui itu? Gimana ya cara mencegahnya? Soalnya aku lihat, banyak bgt yg mengalami baby blue ini..

  5. #20
    Citizen fruit_en_veggie's Avatar
    Join Date
    May 14, 2013
    Location
    Bintaro KW
    Posts
    1,594
    Mentioned
    128 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Persiapan menyusui sebelum melahirkan

    Regina's
    Baby blues tu sifatnya multifaktor. Proses menyusui yang nggak lancar cuma salah satu pemicunya saja. Banyak faktor lain seperti rasa capek karena hormon tubuh yg belum seimbang hbs lahiran dan kurang tidur, dukungan dari orang-orang di sekitar yang dirasa kurang dll.

    Mencegahnya ya persiapan semaksimal yg kita bisa, pasang aji budeg, minta komitmen dari suami untuk selalu support. Makanya persiapan menyusui ini termasuk salah satu cara untuk mengurangi efek baby blues.

    Kalau pengen tau lebih coba main ke thread "sharing your baby blues moment".
    HTH

  6. #21
    Immigrant sari.amel's Avatar
    Join Date
    Jan 18, 2011
    Location
    Jakarta Barat
    Posts
    177
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Persiapan menyusui sebelum melahirkan

    fruit uk br 25w an ya? Tapi kolostrumnya udah keluar? waaaahh... Semoga itu pertanda stok asi melimpah buat lahiran nanti yaa..

    Btw aku mau tanya deh ada ga sih hubungan big boobs sama keberhasilan IMD? Aduuh sori pertanyaan dangkal. Masih newbie bgt di dunia laktasi..

  7. #22
    Citizen fruit_en_veggie's Avatar
    Join Date
    May 14, 2013
    Location
    Bintaro KW
    Posts
    1,594
    Mentioned
    128 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Persiapan menyusui sebelum melahirkan

    Sari.amel
    Aamiin....bisa rembes krn rajin ditreatment. Dulu pas hamil #1 nggak ngeh sama sekali tentang treatment gini. Jadinya kolostrum keluarnya tersendat-sendat habis lahiran.
    Sepertinya nggak ada deh hubungan big boobs sama IMD. sependek pengetahuan saya yg ditekankankan dr IMD kan skin to skin contact antara ibu dan bayi *cmiiw*. Nanti bayi udah refleks kok nyari PD ibunya mau besar atau kecil he he

  8. #23
    Immigrant sari.amel's Avatar
    Join Date
    Jan 18, 2011
    Location
    Jakarta Barat
    Posts
    177
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Persiapan menyusui sebelum melahirkan

    fruit eh maksudku antara big boobs sama stok asi melimpah jadi pas imd asinya bs keluar gitu..
    Baru mau mulai treatment nih. Langsung cuss beli vco n cotton bud Hidden Content

  9. #24
    Citizen fruit_en_veggie's Avatar
    Join Date
    May 14, 2013
    Location
    Bintaro KW
    Posts
    1,594
    Mentioned
    128 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Persiapan menyusui sebelum melahirkan

    sari.amel
    kalau masalah menyusui "size does not matter". tanki besar tidak menjamin keluarnya langsung lancar atau stok melimpah. yang paling berpengaruh IMO ketelatenan ibunya untuk perawatan dan nyari pengetahuan tentang ASI eksklusif.

  10. #25
    Citizen littledot's Avatar
    Join Date
    Dec 14, 2013
    Posts
    1,061
    Mentioned
    63 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Persiapan menyusui sebelum melahirkan

    bener kata fruit_en_veggie ukuran PD gak jadi patokan sedikit atau banyaknya ASI yg keluar

  11. #26
    Citizen neng_mpie's Avatar
    Join Date
    Jun 3, 2009
    Location
    Bogor
    Posts
    1,443
    Mentioned
    63 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Persiapan menyusui sebelum melahirkan

    Setuju, ukuran pd ga ngaruh sama banyaknya asi.
    Inget jaman pumping dulu, temen mompa Gw ada th yg pdnya kecil, tapi kalo mompa dapetnya 250ml. Mantep kan?
    Kalo Gw sih emang momon alias termasuk geday lah, jadi dapet 250-300ml itu biasa and dianggap wajar krn gentongnya gede.
    Nah ini temen Gw pd nya cilik gitu tapi kapasitas bersaing.
    Ampe temen Gw yg satu lagi bilang sering berasa terintimidasi kalo mompa bareng temen yg itu, abis kecil2 tapi hasilnya mantap... Pdhl dia pd-nya lebih gede gitu maksudnya.

  12. #27
    Permanent Resident mariverika's Avatar
    Join Date
    Oct 2, 2012
    Location
    Pekanbaru
    Posts
    593
    Mentioned
    23 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default

    Yeaaayy berguna banget nih thread!
    Pengen banget bisa imd, kmrn pas survey rs aku nanya2, dia blg sih bs imd. Tapi masih ragu, beneran imd ato cuma syarat aja.
    Nanya dong, pas imd gt dilakukan diruang persalinankah? In case hari itu rame yg lahiran trs ada yg antri, trs gmn tuh? Apa ttp dilakukan disitu/minta dipindah ke ruang lain?
    PD aku keciiill, size cuma 32 hiks. Smoga beneran ga jd penghalang kasih asix. Skrg hamil 29w, PD masih lembek aja, wajarkah?
    Beda ama tm1 yg keraass gt..

  13. #28
    Citizen fruit_en_veggie's Avatar
    Join Date
    May 14, 2013
    Location
    Bintaro KW
    Posts
    1,594
    Mentioned
    128 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Persiapan menyusui sebelum melahirkan

    Mariverika
    Imd yg pernah saya alamin ya dilakuin di ruang persalinan langsung setelah si bayi launching. Tapi karena ruang bersalinnya antri ya cuma dapat imd alakadarnya.
    Teman yg lahiran di bidan malah dapat imd yg sebenar-benarnya. Mungkin harus nyari fasilitas kesehatan yg benar-benar private ya baru bs imd yg beneran.
    Tapi nggak usah khawatir mak. Tanpa imd pun masih banyak yg sukses ngasih asix.
    IMO kuncinya asal 24 jam pertama bayi bisa kita kekep jadi refleks nyusunya nggak hilang, harapan ngasix masih besar banget.

  14. #29
    Permanent Resident lalaSR's Avatar
    Join Date
    Mar 24, 2013
    Location
    Jakarta
    Posts
    613
    Mentioned
    251 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Persiapan menyusui sebelum melahirkan

    Persiapan menyusuiku: setanin suami utk asi asi asi...
    Selain itu, join milis asiforbaby dan cari komunitas pendukung asi, sisanya positive thinking dan keras kepala...

    Nanti modal menyapih pun kurleb sama...

    Happy pregnancy mommies to be....

  15. #30
    Citizen neng_mpie's Avatar
    Join Date
    Jun 3, 2009
    Location
    Bogor
    Posts
    1,443
    Mentioned
    63 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Persiapan menyusui sebelum melahirkan

    Fruit_en_veggie, gw baca diatas Elo udah keluar cairan dari nipple ya?
    Gw 23w and sama nih kmrn ada cairan bening gitu dari PD. Awalnya sih yg ngomong hubby (Well, during intimacy time *blushing). Ga percaya gw, pas mandi aku coba pencet sekitaran aerola ternyata bener keluar air, kiri kanan pula, pdhl ga pernah treatment apa2 nih.
    Itu bener colostrum ya mak? Bukan lain2 yg aneh2 gitu kan?
    *agak worry dikit neh

Page 2 of 19 FirstFirst 1 2 3 4 12 ... LastLast