Tabungan anak-anak
Page 1 of 7 1 2 3 ... LastLast
Results 1 to 15 of 101
  1. #1
    Permanent Resident Aryanrod's Avatar
    Join Date
    Sep 14, 2008
    Location
    Bandung
    Posts
    913
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Tabungan anak-anak

    Mommies....
    Mau tanya untuk mommy yg udah ada pengalaman membukakan tabungan anak...
    Maksudnya tabungan yg punya anak kita, untuk mengajarkan anak mengenal mengenai bank, bukan tabungan yg kita simpen untuk anak ya...

    Kalo meng-google, ada beberapa tabungan seperti BTN Junior, BII superkidz, BRI britama junio, CIMB Niaga Junior, junior panin, permata bintang, bni taplus anak dan mighty savers ocbc nisp...
    Apakah ada mommies yg udah ada pengalaman??

    Sedang cari yg tepat untuk anak, secara di sekolah ga bisa juga dikasih uang jajan soalnya ga ada kantin secara makan ada catering sekolahan.

    Terima kasih

  2. #2
    Permanent Resident
    Join Date
    Jun 6, 2010
    Posts
    740
    Mentioned
    7 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tabungan anak-anak

    Kira2 umur brp yah anak2 mulai diajarkan menabung di bank? Kalo kelas 1 SD kira2 udah ngerti blon ya?

  3. #3
    Permanent Resident Aryanrod's Avatar
    Join Date
    Sep 14, 2008
    Location
    Bandung
    Posts
    913
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tabungan anak-anak

    bellezee
    Sama nih, anakku juga kelas 1 SD, sekarang lagi diajarkan mengenal uang...
    Kalau di sekolah ada waktunya market day sih, jadi bisa belajar di sekolah juga.
    Ini juga nanya2 karena butuh, soalnya anak punya uang jumlahnya lumayan, daripada hilang, ya sebaiknya ditabung di bank sih...

  4. #4
    Silver
    Join Date
    Sep 8, 2013
    Posts
    4
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tabungan anak-anak

    Mommi, klo aku usul, klo untuk anak2, yg lokasinya mudah dijangkau dari rumah atau dari sekolah.
    kadang2 ada bank yang pakai mobil bank, yg setiap hari tertentu, parkir di sekolahan.
    mungkin bisa dicari tau ke sekolah, apa ada fasilitas tersebut.
    jadi klo anaknya mudah ke bank, kan otomatis jadi rajin nabungnya.
    apalagi kalau bis dpt hadiah setiap nabung jumlah tertentu. Itu menambah semangat anak.(biasanya ada pada tabungan2 junior).
    dan kalau bareng2 dg teman2 sekolah, anak jadi lebih rajin lagi nabungnya.

  5. #5
    Quartz lupycha's Avatar
    Join Date
    Sep 20, 2010
    Location
    Cikarang Selatan,Jakarta Coret
    Posts
    306
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tabungan anak-anak

    moms, kalo gw sih belom ada pengalaman ttg buatin tabungan anak. tp pernah kerja di bank, nah buat yg tabungan junior, cukup bawa akte lahir anaknya n ktp mom aja kok. dan memang bnyk bgt marchendise yg lucu2 biar nambah semangat anaknya. semua tabungan junior intinya sama aja kok di semua bank.
    nah,tapi kan kita ga tiap hari harus ke bank, jd saran gw sih, beliin celengan transparant dan bisa dibuka dibawahnya buat anaknya (biar keliatan uangnya dan semangat nabungnya), jd setiap hari, minta si anak buat masukin uang yang qt kasih ke celengannya. bs jg kasih saat anak berlaku baik buat reward. kalo udah 1bulan,ajak anak ke bank deh buat nyetorin hasil celengannya Hidden Content

  6. #6
    Newcomer
    Join Date
    Apr 24, 2013
    Posts
    36
    Mentioned
    8 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tabungan anak-anak

    Sharing aja, kemarin sempat bantu kakak.
    berhubung keponakan lebaran yang lalu mendapat salam tempel agak lumayan, kakakku akhirnya membuka tabungan buat anaknya di tabungan bri junior. Ponakanku ini kelas 4 sd. Jadi sudah dapat pelajaran tentang uang dan tabungan. Dia semangat banget ngikutin proses pembukaan rekening. Ada 2 pilihan bank yang dilirik. Junior niaga dan junior bri. Akhirnya dipilih junior bri semata karena pilihan gambar buku tabungan dan atm-nya :-D . Dari bank niaga gambar spongebob kalau dari bri tom &jerry dalam banyak pilihan pose. Buku tabungan bri junior bisa langsung dibawa pulang, sedangkan atm-nya jadi kira2 seminggu sesudahnya.

    Tabungan bri junior n niaga junior bebas admin bulanan. Syarat pembukaan rekening untuk anak cukup ktm ortu dan akte anak/kartu keluarga serta uang 100rb klo ga salah.

    satu lagi. Sepakat dengan saran memilih bank yang dekat rumah atau sekolah. supaya emaknya ga terlalu repot nganterin kalau 'semangat' nabung anak lagi tinggi jd bisa langsung disalurkan :-D

  7. #7
    Resident
    Join Date
    Aug 2, 2013
    Posts
    254
    Mentioned
    13 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tabungan anak-anak

    Hai salam kenal..

    Lupycha aku setuju sama cara nabung di celengan..kebetulan anak ku juga baru 2 taun.untuk tabungan nya sey aku buka yg bank bri junio..tp kalo untuk nabung d bank psti anaku blm ngerti.jd aku beliin celengan bentuk be2k.tiap ada uang receh atau lembaran kecil aku suruh masukin,jd nya kebiasaan tiap ada receh uangnya dy masukin ndri k celengan be2knya.itung2 belajar dr hal kecil Hidden Content )

  8. #8
    Permanent Resident Aryanrod's Avatar
    Join Date
    Sep 14, 2008
    Location
    Bandung
    Posts
    913
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tabungan anak-anak

    moxea8,lupycha, zellescher, naymirna
    Thanks udah kasih masukannya...

    Jadi intinya yg deket rumah aja ya...
    Sebenernya, hampir smua bank yg aku sebutin ada tabungan juniornya itu, deket rumah, or dalam perjalanan rumah-sekolah yg deket juga...
    Secara deket sama kumpulan ruko yg isinya macem2 bank...

    Sepertinya gw bakalan milih permata bintang ajah...
    Karena katanya bisa online banking, debit (tp cuma pake alat permata ajah, katanya di gramedia ada)...
    Dan karakternya princess (kesukaan anak gw) hehehe...
    Sekarang belon buka...
    Nanti kalo udah buka aku sharing disini...

    Untuk nabung di celengan, memang sudah dilakukan, sebenernya butuh dimasukkan bank, krn jumlah tabungannya menurutku sudah cukup besar dimana kalau misalkan hilang, lumayan juga...
    Jadi intinya supaya nggak ilang ajah.

  9. #9
    Silver
    Join Date
    Jul 9, 2013
    Location
    Banten
    Posts
    12
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tabungan anak-anak

    hallo mommies.. ikutan share yah... Saya udah membukakan rekening untuk putra saya, Raffa (2 tahun) di BRI Junio sejak usia 1 tahun, program BRI Junio ini free adm sampai Raffa berusia 17 tahun.. syaratnya bener hanya fotokopi akte kelahiran, KTP, dan KK, selain buat ngajarin Raffa nabung sendiri.. karena dia udah pinter bilang "Bu Uang.. uang.. jajan..", pelan2 saya ajarin.. Uangnya ditabung aja ya Nak... sebelum ditabungkan ke Bank, uangnya dicelengin dulu..
    Saya pilih BRI karena selain dekat dengan rumah, kebetulan saya juga PNS yang penyaluran gajinya melalui Bank tersebut, selain itu ada fasilitas autodebet dr rekening ortu ke rek anak juga, daaannn desain gambar ATM nya yang menarik (langsung jadi pakai nama di hari pembukaan rekening)
    Sooo excited ngajarin anak nabung ya mommies..Hidden Content

  10. #10
    Immigrant vinapurple's Avatar
    Join Date
    Apr 29, 2012
    Location
    BSD City - Tangerang
    Posts
    184
    Mentioned
    6 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tabungan anak-anak

    hai mommies...
    aku juga buka tabungan bri junio utk anakku sejak dia umur 1 tahunan, emang sih sampe sekarang dia belum terlalu ngerti arti uang.. pelan2 kami sbg orang tua kasih pengertian ttg uang.. jadi kalo anakku lagi tertarik sama mainan yang dia pengin beli, aku suruh nabung dulu...hihii...
    skarang kalo nemu uang receh yang berserakan di meja, pasti langsung diambil trus dimasukin ke celengannya di rumah.. habis itu dia bilang : kok uangnya gak penuh penuh ya ma?? hehee
    paling gak dia bisa agak mengerti kalo ingin mendapatkan sesuatu harus ada usaha dulu, karena skarang umurnya sudah 3 taunan..

  11. #11
    Lurker
    Join Date
    Sep 24, 2013
    Posts
    16
    Mentioned
    1 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tabungan anak-anak

    klo anak ku baru umur 3 bulan udah dibukain tabungan BRI junio yang ga ada potongan bulanan
    sekarang sih fungsi nya buat nabung sisa" uang bulanan bunda nya Hidden Content jadi blom terlihat manfaat nya buat si anak

  12. #12
    Permanent Resident
    Join Date
    Feb 20, 2010
    Location
    Jakarta Timur,Indonesia
    Posts
    822
    Mentioned
    44 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tabungan anak-anak

    Hai...mau info..bni anak sekarang atm nya pakai foto si anak lowh...lucu deh..aku baru buat juga soalnya...

  13. #13
    Lurker
    Join Date
    Nov 1, 2013
    Posts
    18
    Mentioned
    3 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tabungan anak-anak

    kalau menurutku kok anak lebih seneng nabung di celengan ya dr pd di bank, cos kan kalau d celengan dia bs lihat wujudnya, trs kasihlah celengan yg lucu2 kaya bentuk atm gt. sedangkan kalau di bank dia ga bs lihat uangnya. kalau di celengan dia jg bs banggain dihadapan sodara2 "aku py celengan lo, dalamnya ada uangnya donk"...

    ---------- Post added at 04:04 PM ---------- Previous post was at 04:01 PM ----------

    trus kalau dicelengan jg bs nabung dikit2 goceng gt misalny jd bs nabung tiap minggu bahkan tiap hari, kalau di bank kan nunggu agak banyakan dl.

  14. #14
    Immigrant aletha's Avatar
    Join Date
    May 13, 2009
    Location
    surakarta, indonesia
    Posts
    105
    Mentioned
    6 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tabungan anak-anak

    Ikutan share ya bunda.. sekarang berhub anak ku sdh SD kelas 4 ak mulai bukain tabungan BNI taplus anak.. Atmnya juga sudah kusuruh pegang sendiri biar punya tanggung jawab toh max pengambilan di atm cm 500ribu.. Waktu dulu nabungnya ya cuma lewat celengan aja bunda.. Malah seneng banget dia.. Cuma setiap penuh dibuka trus dibuat beli mainan wkwk

  15. #15
    Silver
    Join Date
    Nov 25, 2013
    Posts
    5
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tabungan anak-anak

    Share pengalaman ortu ya moms..dulu kita dibikinin tabungan semenjak lahir sama ortu..diisi terus tanpa diambil sampe kita udah ngerti ke bank sendiri..in my case baru dikasih pas SMP gt..kebetulan SMP ** deket sama bank yang bapak bukain rekening..waktu itu lumayan banget nominalnya..sama bapak dikasihin tapi disuruh janji ga bakal diabisin&harus tetap terus diisi..ambil boleh tapi itu berarti ** utang sama tabunganku..bulan depan harus dibalikin plus tabungan ** bulan tersebut..jadi mikir-mikir banget kalo mau ambil duit..ternyata itu sama modelnya kaya kita belanja pake CC ya moms..jadi kebawa ampe sekarang punya 1tabungan "halal" 1tabungan "haram..halaaah bahasanya..hehehehe..maaf OOT..jadi rencana sekarang pun akan bikin tabungan seperti itu buat anakku..diluar asuransi ya moms..tapi mungkin dikenalinnya kalo udah SD kali ya..jadi biar dy belajar tanggungjawab..sekian sharing saya maaaf kalo udah panjang beneerr OOT lagi.. Hidden Content

Page 1 of 7 1 2 3 ... LastLast