Temporomandibular Joint Disorder
Page 1 of 24 1 2 3 11 ... LastLast
Results 1 to 15 of 348
  1. #1
    Resident
    Join Date
    Nov 13, 2008
    Location
    bekasi
    Posts
    252
    Mentioned
    36 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Temporomandibular Joint Disorder

    Gangguan sendi rahang atau biasa sering disebut TMJD/TMD.
    Ada yang pernah ngalamin dan kiat-kiat penyembuhannya?

    Gejala-gejala yang mungkin terjadi pada gangguan sendi rahang, antara lain:

    - Sakit atau nyeri rahang
    - Bunyi klik saat membuka mulut dan pada saat dibuka besar bengkok ke kiri/kanan
    - Sakit telinga
    - Sakit atau nyeri di wajah
    - Kesulitan menggerakkan rahang
    - Sakit kepala
    - Leher, pundak, atau punggung terasa pegal
    - Tidak dapat menemukan gigitan/ bite terasa off

    Penyebab:
    - Kebiasaan mengunyah hanya pada satu sisi
    - Kebiasaan menopang dagu
    - Menjulurkan kepala saat di depan komputer
    - Perawatan gigi seperti kawat gigi, tambalan yang terlalu tinggi
    - Bruxism
    -dll

    Gw bikinin thread baru biar lebih spesifik dibahas soalnya gw liat info & dokter gigi yang berkompeten buat nanganin ini di Indonesia masih sedikit banget sedangkan gw sering baca orang-orang nanya di forum lain (ada juga yg nanya di forum fd) dan yang jawab kebanyakan gak tahu.
    Last edited by illay; Jun 21, 2013 at 04:18 PM.

  2. #2
    Immigrant rizqueen's Avatar
    Join Date
    Nov 24, 2012
    Location
    yogyakarta,indonesia
    Posts
    225
    Mentioned
    13 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tempolar Mandibular Joint Disorders

    Pernah tu kadang bunyi klik2 gtu di rahang kiri.kupikir krna pas makan terlalu semangat ngunyah atau buka mulut tlalu over.kadang smbuh sendiri,tp kl berjam2 ga sembuh cuma q pijit2 dideket telinga smbl drasa2n yg bunyi kl bner ntar ilang ga bunyi lg.hehe blm pnah cek rahang ke dokter sh.

  3. #3
    Citizen nurahurahura's Avatar
    Join Date
    Jun 11, 2013
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,491
    Mentioned
    921 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tempolar Mandibular Joint Disorders

    halo kaka..
    sebenernya sudah byk drg Indonesia yg menangani TMJD.
    TMJD itu sndiri byk penyebab..
    kemungkinan besar krna kebiasaan buruk dan genetik
    kalo kakak mengalami TMJD sbaiknya segera ke drg
    lebih baik lagi ke drg spesialis bedah mulut
    krn ada bagian tulang yg bernama condylus di daerah temporomandibular joint/dkt telinga itu jika sudah berbunyi klik bhkan terolong sring terdengar,
    yg terjadi nantinya condylus ini/bantalannya akan menipis bahkan bs bergeser tempat..
    apa akibatnya?
    paling parah bisa aja rahang kita tertutup dan nggak bs buka lg atau sebaliknya..
    TMJ itu persendian ya kak jd rawan emang..
    kalo ke drg nanti kakak akan diberikan berbagai macam treatment,
    dr yg paling sederhana sampai bs saja operasi utk memperbaiki condylus tersebut..
    kalo kurang paham saya bs bntu nerangin scr teori utk prakteknya lgsg saya belom bs menceritakan ya kak soalnya saya masih semester 8 di fkg dan baru mau masuk dunia klinik..

    jd bs utk share aja kak skalian saya belajar nambah ilmu.. makasiiihh

  4. #4
    Emerald
    Join Date
    Sep 29, 2007
    Location
    central japan
    Posts
    636
    Mentioned
    2 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tempolar Mandibular Joint Disorders

    gue pernah ngalamin waktu masih tinggal di jakarta dulu. awalnya karena ngerasa sakit di bagian telinga, trus gue ke dokter tht, tapi kata dokter gak ada yg salah dgn telinga gue, lalu disaranin konsultasi ke dokter gigi. sampai di dokter gigi, dokternya langsung tau kalo gue TMJD karena susunan gigi atas gue dgn yg bawah gak pas ketemunya. lalu gue disarankan ke dokter khusus TMJD, kalo ga salah ada di daerah kuningan (rasuna said). tapi gue belum sempat ke sana, karena udah keburu pindah ke jepang.

    gue baca2 di situs2 kedokteran di internet, katanya salah satu penyebab tmjd karena sleep bruxism (teeth greending), kebetulan gue memang sleep bruxism. pernah nyoba tidur pake semacam karet yg bentuknya seperti gigi palsu supaya gak teeth greending, tapi guenya malah ga betah .. hihi. akhirnya gue gak apa2in itu tmjd, berbahaya gak sih?

  5. #5
    Citizen nurahurahura's Avatar
    Join Date
    Jun 11, 2013
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,491
    Mentioned
    921 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tempolar Mandibular Joint Disorders

    hahaha sama kak!
    aku jg bruxism
    dan gigi taring aku udah kyk tumpul kebanyakan di grinding haha
    kalo lama-lama di biarin bs bahaya sih kak tp ya gitu biasanya dilihat pemeriksaan rontgen dulu,
    kalo daerah TMJ nya udah termasuk parah ya biasanya bs sampe di operasi ada yg cuma menghilangkan kebiasaan burukk..
    harusnya pemakaian karet biar nggk bruxism efektif kak tp emg nggak ngebetahin hehe..

  6. #6
    Resident
    Join Date
    Nov 13, 2008
    Location
    bekasi
    Posts
    252
    Mentioned
    36 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tempolar Mandibular Joint Disorders

    wah akhirnya mulai ada yang nimbrung hehehe...

    @nurahurahura gw TMJD gara2 behel loh T_T jadi gw inget pas beberapa kunjungan terakhir sebelum behel gw dilepas, pas dokternya suruh gw gigit abis itu buka mulut, gw gak bisa langsung buka. Jadi musti kek gerakin rahangnya dulu baru bisa kebuka. Itu terjadi kl ga salah sekitar 3 kali gt dalam kunjungan yang berbeda. Trus tuh dokter kan emang nyebelin ya, entah dia memang ga tau ato pura2 ga tau, masa dia gak ngomong apa2 sedangkan gw kan waktu itu gak tahu kl itu TMJD. Udah itu tuh dokter memang kek nge buru2in gw buat lepas gt.

    Gw udh rontgen, waktu itu dibilangnya memang kegeser dikit dan ada faktor muscular jg. Gw waktu itu ke dokter khusus TMJ di daerah menteng. Rada kurang sreg ma dokternya abisnya judes. Gara2 udah 6 bulan gak sembuh2 kan gw balik lagi trus gw ceritain deh gejala: susah gerakin rahang gw ke arah kanan, sakit leher & pundak, sakit telinga, bingung gigitan yg mana soalnya berubah2. Abis gw ceritain gt masa dia malah nanya gw kesitu mau ngapain --". Dia bilang biasanya yg datang tuh yg udh parah. Apa kamsudnya coba wakkawkkaw.

    Dia nanya mangnya gw mau pake splint, pas gw tanya harganya... 4,6jeti boo. EMangnya harga splint rata2 segitu ya?
    Akhirnya dia kasih senam rahang dulu. Tapi gw seh ogah ah balik lagi ke tuh dokter. Mending cari yang lain.

    Oh iya mau nanya, sebenarnya dari cetakan gigi bisa ketahuan gak seh gigitan yang bener?
    Last edited by illay; Jun 16, 2013 at 08:33 PM.

  7. #7
    Citizen nurahurahura's Avatar
    Join Date
    Jun 11, 2013
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,491
    Mentioned
    921 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tempolar Mandibular Joint Disorders

    oh gituu,
    iya TMJD bs krn pake behel krn adanya perubahan posisi jd kyk adaptasi kan
    oh harusnya sih dikasih tau ya kak wktu slma perawatan

    gini aja kak coba kakak ke drg spesialis bedah mulut
    krn gejala kakak udah sampai telinga sakit sakit pundak dll itu emg bs berasal bgt dr TMJD

    kemungkinan di splinting itu ada kak
    dan di splinting itu yg salah di"fix"kan
    bs pake wire/kawat atau macem" material
    dan emg nggak murah kak..

    saran aku coba kakak ke drg spesialis bedah mulut jd misal namanya sonia drg., S. BM Hidden Content
    smoga membantu

    oya, senam rahangnya dilanjutin sndiri aja kak karena itu jg ngaruh loh hehhee..
    trus cetakan gigi bisa mengetaui kok kalo gigitan kita salah/bener dan didukung analisis lainnya Hidden Content

    maafkan ya kalo ada yg mgkn salah hihi..
    maklum msih sama-sama belajar Hidden Content

  8. #8
    Resident
    Join Date
    Nov 13, 2008
    Location
    bekasi
    Posts
    252
    Mentioned
    36 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tempolar Mandibular Joint Disorders

    @nurahurahura gw udh pernah ke sp.BM juga. Waktu itu cuma disuruh latihan buka tutup mulut di depan kaca ( harus lurus). Kalau sekarang seh udh bisa lurus, tp tetap aja pas nguap & makan pake gigi depan masih mencong. Hasil perawatan behelnya ga bagus juga tuh, jadi sebelah kanan gw lbh panjang dikit dari kiri. Padahal masangnya di sp.ort loh

  9. #9
    Citizen nurahurahura's Avatar
    Join Date
    Jun 11, 2013
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,491
    Mentioned
    921 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tempolar Mandibular Joint Disorders

    oh gitu..
    brrti cb pindah drg aja deh kak
    prcuma jg ke sp. Ort tapi nggak bs bagus fungsi kunyah sm estetikanya..
    kann fungsi utamanya di orto kan memperbaiki fungsi kunyah baru mikirin estetik
    nah yg kakak buat fungsi kunyahnya aja blom di perbaiki jd cb deh kak cri drg lain lg yg mgkn sring direkomenkan..
    hihi
    aku jg masi belom bener giginya..
    :'

  10. #10
    Permanent Resident Bearbrand's Avatar
    Join Date
    Sep 28, 2012
    Location
    Jakarta
    Posts
    925
    Mentioned
    100 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tempolar Mandibular Joint Disorders

    Waduw, baca tret ini nambah lagi penyakit gw :|
    Gw emang orangnya kurang concern sama tubuh gw, kemaren2 sempet gw gak bisa buka rahang lebar.. Gw juga bruxism, ditambah posisi kasur gw gak simetris jd tidur gw tu kalo miring kaya jeblos gitu karena saking empuknya tu kasur. Akhirnya rahang sakit dan agak susah buka.. Telinga kalo nguap itu suka bunyi ngiiing, apa itu salah satu ciri juga? Gw ada masalah dengan kuping kanan juga, itu tersumbat dan pernah sakit banget gara2 ke tht untuk disedot tapi gak berhasil soalnya kotorannya udah kaya nempel sama kulit dan pas dikerok sampe bedarah.. jd gw gak lanjutin treatmentnya karena gw cemen.hehe Sekarang sih gw udah ganti kasur, udah aga enakan rahangnya gak sakit2 lagi.. Tapi kadang pas gw lg ngunyah makanan ni rahang suka tiba2 kaya kepleset dan akhirnya gigit lidah Hidden Content
    Graham gw ada yang copot giginya, kata temen gw yang drg itu kudu pake gigi palsu ya biar gak ngerubah struktur gigi dan rahang? Tapi gw kok males ya..

    Duh sejak baca fd, ketauan penyakit2 gw..

  11. #11
    Citizen nurahurahura's Avatar
    Join Date
    Jun 11, 2013
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,491
    Mentioned
    921 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tempolar Mandibular Joint Disorders

    bearbrand
    iya kak itu tanda tmj juga kalo telinga bunyi ngiing
    ke drg coba kak biar disuru foto biar keliatan
    iya tmn kakak bener sih aplg kalo belom nenek kan eman ntr struktur gigi berubah gara-gara ada gigi yg ilang..
    agih ke drg coba kak
    biar tetep keceeeee :3

  12. #12
    Silver
    Join Date
    Jun 27, 2013
    Posts
    3
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tempolar Mandibular Joint Disorders

    Nah ini sama yg sekarang lagi gw alami.
    Mulut gw kalo lagi buka tutup mulut selalu bunyi klik klik didepan telinga kiri.
    Pipi kiri gw juga terlihat miring jadi terlihat tidak simetris antara pipi kiri dengan pipi kanan, kalo difoto dari depan jadinya aneh.

    kemarin gw habis konsultasi ke dokter gigi dan disuruh untuk foto rontgen dibagian gigi & hasilnya gigi gw tidak ada masalah.
    apa gw harus foto rontgen bagian yg bunyi klik klik ya?
    Mungkin ini udah pasti gw menderita TMJ, apa gw harus konsultasi dokter spesialis bedah mulut?

    gw sebetulnya menderita ini sudah lama (sudah bertahun tahun), tapi baru gw periksa kemarin kemarin ini .
    memang selama menderita gw tidak merasa sakit / nyeri pada bagian telinga,wajah atau sekitarnya, cuma bunyi klik klik itu yg membuat gw tidak nyaman & asimetrisnya pipi gw :'(

  13. #13
    Resident
    Join Date
    Nov 13, 2008
    Location
    bekasi
    Posts
    252
    Mentioned
    36 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tempolar Mandibular Joint Disorders

    @nungky1 wah bingung jg ya kl cuma klik doank. u coba perhatiin deh pas buka mulut, majuin rahang bawah ke depan, itu lurus ato gak? trus cobain juga u bisa snap rahang bawah ke kanan dan ke kiri ga.

  14. #14
    Citizen nurahurahura's Avatar
    Join Date
    Jun 11, 2013
    Location
    Surabaya
    Posts
    1,491
    Mentioned
    921 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tempolar Mandibular Joint Disorders

    nungky1
    harusnya yg dirontgen bukan giginya tapi TMJ nya
    TMJ itu TEMPORO MANDIBULAR JOINT
    kalo kelainannya namanya TMJD (TEMPORO MANDIBULAR JOINT DISORDER)
    jdi kita sebut TMJD ya,,
    itu yg di foto TMJ kak bukan gigi malahan
    coba blg ke drg ttg klik itu..
    atau lgsg ke lab. utk foto bagian TMJ
    bagian TMJ itu mana? ya yg bunyi klik itu
    coba googling deh buat cari tau dimana posisinya..
    krn memang bs bikin asimetris wajah

    yg saya blg ini masih sjauh yg aku tau sbg mhasiswi ya kak jdi belom bs jelasin scr tindakan yg real atau gmn hehehe..
    hth

  15. #15
    Silver
    Join Date
    Jun 27, 2013
    Posts
    3
    Mentioned
    0 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Tempolar Mandibular Joint Disorders

    untuk memeriksakan kasus spt saya ini sebaiknya didokter spesialis apa?
    spesialis bedah mulut kah?
    untuk daerah surabaya bagusnya dimana ya?

Page 1 of 24 1 2 3 11 ... LastLast