Thread: Tretinoin

Subscribe to this Thread
  1. #1
    Superstar in Training lizvan's Avatar
    Join Date
    Mar 20, 2010
    Location
    Surabaya, Indonesia
    Posts
    5,693
    Mentioned
    11 Post(s)

    Default Tretinoin

    bu mods ijin buat thread khusus tretinoin y

    Tretinoin merupakan derivat vitamin A yang digunakan secara topikal d kulit. Biasa digunakan untuk pengobatan jerawat n anti aging. Nama dagang yg dkenal d pasaran termasuk RetinA, Vitacid, Stieva A, Renova etc..

    Cara kerja tretinoin adalah dengan meningkatkan turnover kulit, n weakly memicu produksi kolagen.

    Efek samping tretinoin: stinging, redness, peeling, dryness

    Tersedia dalam bentuk cream n gel, dengan konsentrasi mulai 0.01%, 0.025%, 0.05%, 0.1% (recommended to use with low dose)

    Kontra indikasi: yg lagi ttc, ibu hamil

    Yg harus diingat kalo menggunakan tretinoin adalah WAJIB pake sunblock n cuma dpake malem hari

    Tips2 pemakaian:
    1. abis cuci muka tunggu 15-30mins baru pake tretinoin.. tretinoin best use on clean skin, jadi kalo mw pake produk laen (serum, essence, moisturizer) wait for another 30-60mins..
    2. untuk pemula, sbaiknya dmulai bertahap.. dpake tiap 3 hari selama 1/2 minggu, setelah itu tiap 2hr baru ntar tiap hari.. untuk ngurangi resiko purging n iritasi
    3. jangan dpake barengan ama produk yg mengandung benzoyl peroxide (BP) atopun salicylic acid. too irritating ntar
    4. walo uda pake sunblock, sbaiknya hindari sun exposure buat lebih amannya.. sejak pake retinA, aku jadi parno ama matahari Hidden Content

    Oh y sempet ada yg tanya ttg retinA gel.. retinA gel mengandung alkohol jadi kemungkinan iritasi n dryingnya lebih y dari yg cream.. mending pake yg cream menurutku Hidden Content
    Last edited by lizvan; Nov 24, 2010 at 06:28 PM.

  2. #2
    Beryl Lovevy's Avatar
    Join Date
    May 25, 2010
    Location
    Indonesia
    Posts
    1,152
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Tretinoin

    Lizvan.... Asyik akhirnya ada tret khusus tretinoin. Aku udah pake RetinA 0,025 1bln. Dan skarang lagi purging, ada deh skitar 10 biji jrewi tipe pastule & papule menyebar di jidat pipi dan dagu. Sbelum pake tretinoin ini aku dah menyiapkan mental unt purging... Teman2 yg dah pake lama, gimana kah hasil akhirnya? Aku lihat di yutube pada jadi bagus wajahnya...

  3. #3
    Superstar in Training lizvan's Avatar
    Join Date
    Mar 20, 2010
    Location
    Surabaya, Indonesia
    Posts
    5,693
    Mentioned
    11 Post(s)

    Default Re: Tretinoin

    ini lagi kedua kali pake retinA..

    taon lalu pake retinA 0.025%, awal pake g ngerti apa2, g tau kalo bakal purging, g tau kalo mesti pake sunblock.. untungnya uda kebiasaan pake sunblock sejak SMA, hehe.. pas itu aku jrwtannya d sekitar dagu aja, g parah sich, tp ada terus.. mulai pake retinA kok malah jrwtan, tp kuhajar terus.. setelah 10mingguan mukaku mulus.. sampe2 semua obat jrwt laen kusingkirin..

    desember taon lalu mulai jrwtan.. padahal nothing change in my skincare routine.. nasehat dari sodara dsuruh naikin k retinA 0.05%, that's when disaster started.. mukaku full blown, jrwt gede2 n brnanah.. g karuan deh.. mau kluar rumah malu.. sampe akirnya aku sadar kalo awalnya aku jrwten desember itu karena alergi ayam n telor.. kustop pake 0.05%, mulai membaik mukaku (dsertai pake skincare bebas)

    trus juli mulai nakal lagi makan2 kue, jrwten lagi deh.. dsaranin ama senior yg lagi bel spesialis kulit buat pake retinA 0.025% aja.. purging lagi.. skrg baru membaik, much better than before..

    belum ilang total sich jrwtnya, bekas jg masih banyak.. tp tetep nekat nglanjutin retinA

  4. #4
    Quartz naomi-chan's Avatar
    Join Date
    Apr 14, 2010
    Location
    Jakarta, Indonesia
    Posts
    289
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Tretinoin

    Lizvan, selamat ya atas pembukaan thread barunya.... Akhirnya ada juga thread khusus tretinoin... Aku sendiri lagi pake vitacid 0,025% mungkin udah 2 bulanan, masih purging dikit2... Tapi sih kayaknya karena aku sempat brenti vitacid dan coba pake obat buat ilangin bekas... My bad... Akhirnya skrg terusin vitacid lg krn manjur banget buat matengin jerawat...

    Tretinoin ini ada dalam bentuk cair kah?

  5. #5

    Join Date
    Aug 14, 2010
    Location
    Jakarta
    Posts
    99
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Tretinoin

    wah ada pembukaan thread baru!gw masih bingung aja ampe sekarang,kenapa gw ga berhasil pake tretinoin otc..apa karena terlalu keras ya di gw..apa perlu di-dilute ama moisturizer ya..ga ngerti d gw..

  6. #6
    Citizen barcarole's Avatar
    Join Date
    Oct 6, 2010
    Location
    bogor-jakarta
    Posts
    1,227
    Mentioned
    6 Post(s)

    Default Re: Tretinoin

    Wow lizvan buat thread baru khusus tretinoin ^^
    Aku termasuk yg golongan gagal pake Retin-A. Cuma sempet pake bbrp kali aja itu pun engga rutin, dan di totol di pas bagian jerawat aja, berharap si jerewi cepet kering and mengelupas, emang sih jerawat jd merah, cepet mateng tapi di sekitarnya jerawat makin banyak, mungkin krim nya lumer ke area laen dan purging. Ga tahan, karena jerawat nya gede2 sakit nyut2an, akhirnya aku stop, bukan tipe pejuang yah aku hehee jangan di tiru Hidden Content

    Ametis
    Nasib kita sama, pdhl pake yg 0,025% tp koq jd heboh banget yah, mungkin betul harus di racik atau di campur bahan lain karena pernah dulu waktu perawatan di erha aku liat di resep ada retinoic acid 0.025% dan campuran bahan aktif lain, baik2 aja kulit nya, malah jd muyus bebas jerewi...

  7. #7
    Superstar in Training lizvan's Avatar
    Join Date
    Mar 20, 2010
    Location
    Surabaya, Indonesia
    Posts
    5,693
    Mentioned
    11 Post(s)

    Default Re: Tretinoin

    dari idenya lovevy yg nyebut ttg thread khusus tretinoin Hidden Content sekalian supaya kalo pingin tau lebih lanjut g perlu bingung baca d thread jerawat, hehe...

    naomi-chan
    stauku adanya dalam bentuk cream n gel sich.. belum pernah denger kalo ada yg cair.. iy, aku juga suka tretinoin karena dia matengin jrwt, biar tuntas deh.. walo kadang kalo pas banyak yg mateng malu juga ktemu org, hehe..

    ametis
    dulu pake yg kadar brapa %? kulitmu trmasuk sensitif kah? ada generasi ke3nya yg Adapalene ( nama dagang yg kutau Differin), itu lebih mild drpd RetinA, vitacid

    barcarole
    stauku kalo d krim dktr biasanya dcampur ama kortikosteroid juga, jadi itu bisa nahan purgingnya biar g heboh kayak kalo kita pake tretinoin aja.
    aku pake tretinoin soalnya yg laen uda kebal d aku say.. jrwtku nakal Hidden Content

  8. #8
    Emerald
    Join Date
    Sep 4, 2009
    Location
    Jakarta, Indonesia
    Posts
    667
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Tretinoin

    gue pikir tretinoin ini sama dg kapsul isotretinoin yg dulu pernah diresepin ke gue utk ngobatin jerawat....beda yah ternyata?apa obat krim/gel nya sama ampuh dg pilnya, ada yg udah pernah coba 2-2nya....?

  9. #9

    Join Date
    Aug 14, 2010
    Location
    Jakarta
    Posts
    99
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Tretinoin

    lizvan,,jd tretinoin yg dari dokter beneran ada kortikosteroid ya?lah,bukannya steroid ga boleh dipake jangka panjang ya jeung?gw dulu juga mulus pake krim tretinoin dari dokter..tp pas lepas malah break out..huaa..btw,gw pake yg paling rendah aja 0,025 persen

  10. #10
    Superstar in Training lizvan's Avatar
    Join Date
    Mar 20, 2010
    Location
    Surabaya, Indonesia
    Posts
    5,693
    Mentioned
    11 Post(s)

    Default Re: Tretinoin

    jules
    kalo tretinoin topikal ini efek sampingnya d kulit muka aja n butuh waktu lebih lama too achieve the desired effect.. isotretinoin efeknya lebih cepet, tapi efek sampingnya jg bisa dr ujung kepala sampe ujung kaki..

    ametis
    stauku sich gitu say.. kalo mau pastiin tanya langsung k dktrnya.. kortikosteroid sebaiknya tidak dpake jangka panjang karena banyak efek2nya.. salah satunya y breakout kalo pas lepas itu..
    dulu pas pake yg 0.025% kerasnya knp? purging terus ato sampe iritasi?

  11. #11

    Join Date
    Aug 14, 2010
    Location
    Jakarta
    Posts
    99
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Tretinoin

    lizvan,,gw dulu pake krim dari dokter lama..ga ngerti kalo ada steroidnya..hu3..pake vitacid purging,iritasi,jerawat meradang..rempong d

  12. #12
    Emerald
    Join Date
    Sep 4, 2009
    Location
    Jakarta, Indonesia
    Posts
    667
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Tretinoin

    livzan, ohhh baru tau ternyata obat topikal toh...ini dijual bebas ato pake resep dokter?kalo dijual bebas apa ya merek dagangnya, aye tertarik nih hehehe....trus trus (ahhh nanya mulu Hidden Content ) pakenya ditotol2 dijrawat atau macam pake moistrurizer gitu diseluruh muka?
    pertanyaan selanjutnya Hidden Content , bisa buat ngilangin scars jrawat gk yah...?

  13. #13

    Dee

    Dee is offline
    Topaz Dee's Avatar
    Join Date
    Jan 16, 2009
    Location
    Bekasi, Indonesia
    Posts
    3,060
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Tretinoin

    Dulu aku pernah punya masa2 indah dgn retin a. Mukaku mulus, jrewi batu ga pernah muncul lg. Aku pake retin a racikan dokter kulitku. Katanya sih ada kortikosteroidnya sbg anti iritasi. Nah, tiba2 aku disuruh stop ama dokter kulitku krn lg TTC (diberhentiinnya tiba2 ga pake bertahap). Sejak aku 'putus' ama retin a itu lah jrewi2 mulai maen2 di mukaku lg T_T.. Kata dokter kulitku ntar br boleh pake retin a lg kalo udah brojolin baby. Lah.. Hamil aja belom neh -_-"
    I'm just a mom to be, and still good wife in training

  14. #14
    Beryl Lovevy's Avatar
    Join Date
    May 25, 2010
    Location
    Indonesia
    Posts
    1,152
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Tretinoin

    Kalo googel review pemakai tretinoin. Rata2 memang breakout parah dulu ya. Dan memang perubahannya butuh waktu lama, 6 sampe 1 thn unt kelěhatan hasilnya. Btw diaku retin a ini gk bikin kulitku kering, merah2 dan ngelupas. Aku pakenya 30 menit stelah cumuk, dah gitu langsung matiin lampu dan tidur. Katanyakan tretinoin ini rentan banget sama cahaya kan? Trus skincare ku harus yg gk ada alkoholnya biar gk iritasi. Tapi msh bersyukur purgingnya gk sampe yg semuka, bisa ngumpet dikamar mulu :-) tretinoin ini juga bisa memperbaiki pori2 wajah ya? Biar gk terlalu nampak gitu?

  15. #15

    Join Date
    Sep 10, 2010
    Location
    Jakarta
    Posts
    1,812
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Tretinoin

    Aku pemakai tretinoin yg ga setia Hidden Content
    Totol ke jerawat 3 hari, merah2 mateng disenggol perih, nyerah Hidden Content
    Klo kortikosteroid + tretinoin itu jd mirip elocon + vitacid (elocid) dong? Hidden Content

    Oiya, aku berasa pas lg pake vitacid, koq kulit nya jd bnyk komedo item2 ya? (Di sekitar jerawat yg kuoles) ga jd jerawat sih, tp kan nyebelin komedoan.. Apa ini cuma gw doang?

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Forum Jump