Subscribe to this Thread
  1. #121
    Emerald chipz's Avatar
    Join Date
    Feb 25, 2011
    Location
    jakarta indonesia
    Posts
    635
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Mata Minus vs Persalinan Normal

    Aiu
    kemarin aku disuruh periksa retina mata sama dokter waktu 25w..tapi setiap dokter biasanya punya kebijakan sendiri3..coba pas cek up berikutnya kamu coba tanya ke dokter kapan harus cek retina mata Hidden Content

  2. #122
    Emerald
    Join Date
    Oct 16, 2011
    Posts
    623
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Mata Minus vs Persalinan Normal

    Mataku sebelum melahirkan normal, ehhh setelah melahirkan minus 1 gara2 aku salah mengejan hahahah harusnya pas mengejan aku liat keperut ini aku malah merem hahahahahaha...

  3. #123
    Gold
    Join Date
    Oct 9, 2012
    Posts
    100
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Mata Minus vs Persalinan Normal

    waduh.. baru tau klo lahiran ada hubungannya sama mata minus...

  4. #124
    Platinum
    Join Date
    Nov 21, 2011
    Posts
    145
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Mata Minus vs Persalinan Normal

    Mataku minus 3.5 dan 3.25. Karena pengen banget lahiran normal, maka aku sempat cek retina dulu pas kandungan 32 week, tnyt ada sedikit peregangan di retina kanan, dan pada 33 week, aku menjalani koreksi retina dgn laser (kayaknya sih waktunya terlalu mepet ama HPL dweh, sebab pemulihannya makan waktu kurleb 3 minggu..). 3 minggu kemudian, kondisi mata dinyatakan oke utk lahiran normal. Tapi pada akhirnya aku tetap SC krn ketuban pecah dini...Hidden Content

  5. #125
    Emerald Mel_D's Avatar
    Join Date
    Apr 17, 2013
    Location
    Yogyakarta
    Posts
    558
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Mata Minus vs Persalinan Normal

    Wkt hamil aku minus 6,5 R&L. Lahiran normal aja. Aku pake softlense udh hampir 10 thn waktu itu. Waktu lahiran juga pake softlense yg ga lepas seharian krn proses lahiran ku lama dari jam 9 pagi kontraksi baru jam 9 pagi besoknya lahiran. Abis lahiran sih baik-baik aja mataku. Baru setahun stelah lahiran minus mataku melonjak jadi R 9 & L 11. Jadi itu abis aku baca buku Tiger Mom seharian dari pagi sampe tengah malem. Tengah malem pas thn baru 2012 mataku n kepala bagian belakang sakit luar biasa seperti ada tekanan sngt besar. Kata dokter ada luka di retina mata jd ga bisa pake softlense lagi. Aku ga nanya sih apa proses kelahiran setahun sebelumnya berpengaruh trhadap kondisi minusku yg melonjak drastis tiba2 dalam semalam hiks hiks

  6. #126

    Aiu

    Aiu is offline
    Quartz Aiu's Avatar
    Join Date
    Sep 26, 2012
    Location
    Prabumulih, SumSel
    Posts
    326
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Mata Minus vs Persalinan Normal

    pas kontrol 25w kemarin disarankan dokter tuk cek retina,,
    aku ka-ki -5 , kalo obgyn bilang harus minta rekomendasi dari dokter mata kalo mau melahirkan normal, karna kalo ada apa2 nanti yang tanggung jawab dokter mata >.< ... suami malemnya langsung bilang, g usah maksain buat normal, SC aja karna resiko yang ada...
    tapi rencana bulan depan tetep mau ke dokter mata dulu...

  7. #127
    Silver
    Join Date
    May 16, 2013
    Posts
    16
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Mata Minus vs Persalinan Normal

    mom periksa retina kisaran berapa, aku minus 7 L/R. Setelah lahiran kacamata kayanya makin nambah minusnya, suka pusing. FYI aku lahiran spontan normal.

  8. #128
    Platinum
    Join Date
    Nov 21, 2011
    Posts
    145
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default

    indriaksa, untuk kasus aku, kmrn periksa retina di RS Mata Aini, kurleb 250 ribuan (diluar obat, kalo ada), trus tindakan lasernya (aku ada peregangan di retina kanan) per mata kurleb 1.2 juta (diluar obat). Nah aku cuma dapet obat tetes mata aja, kurleb seharga 50 ribuan. Jadi aku kmrn total ada 3 kali kunjungan ke Aini, yg pertama utk cek retina, kemudian tindakan laser, dan terakhir kontrol hasil tindakan lasernya.HTH.

  9. #129
    Silver
    Join Date
    Sep 15, 2010
    Location
    makassar
    Posts
    8
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Mata Minus vs Persalinan Normal

    Saya minus 6 dan 7 tapi dulu ngelahirin anak pertama normal dan nga ada masalah, smoga tar ngelarihin anak kedua ini normal dan nga ada masalah pecah pembuluh darah mata

  10. #130
    Gold
    Join Date
    Feb 15, 2012
    Posts
    31
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Mata Minus vs Persalinan Normal

    Aku dari jaman sebelum hamil minus 3 dua2nya. Setelah 2x melahirkan scr normal spontan alhamdulillaah baik2 aja dan ga nambah tuh minusnya. Padahal pas anak kedua ngedennya sempat mejamin mata loh, asli krn lupa (biasanya kan saat ngeden diwanti-wanti supaya ga mejam).

  11. #131
    Gold LittleMissNaughty's Avatar
    Join Date
    Mar 4, 2008
    Location
    by.the.river
    Posts
    77
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Mata Minus vs Persalinan Normal

    Gw.. -6.5, -5.5, silinder 1. *sedih* Kata dr. obgyn sih sebenernya masalah bukan di minus, tapi orang yang matanya minus cenderung punya tekanan bola mata tinggi, jadi waktu itu disaranin untuk cek tekanan bola mata. Emm ini sama aja kali yah dengan cek retina? Prosedurnya sama kayak yg udah disebutin, ditetesin cairan untuk ngelebarin pupil, merem 15 menitan trus baru di-examine, tapi kalo di mata gw gak sakit sama sekali sih si cairan ini. Abis itu penglihatan gak bisa fokus sekitar 1/2-1 jam, jadi kalo bisa sih jangan nyetir yaa.. Gw ceknya di RS Premier Bintaro, hasilnya OK, masih bisa lahiran normal, ehh tapi ujung2nya SC karena kelilit tali pusar :P

  12. #132
    Resident
    Join Date
    Jun 20, 2013
    Posts
    275
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default

    Apa iya ya ada hubungannya? Scra ak lahiran normal 2x tp minusku smpe skrg tetep nambah tuh malah silinder ikutan

  13. #133
    Gold
    Join Date
    Dec 3, 2009
    Location
    jakarta
    Posts
    60
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Mata Minus vs Persalinan Normal

    Waktu 36week apa ya kalo ga salah, aku periksa mata, minus 6 kanan kiri, trus ada silinder 1, retina nya dinyatakan bagus dan boleh lahiran normal, perksa di JEC Menteng, abisnya 600rb ga pake obat2. Eeh tapi akhirnya di SC juga karena udah 41week, baby nya belum masuk ke jalan lahir dan ketuban udah menipis

  14. #134
    Platinum
    Join Date
    Feb 2, 2011
    Location
    Jakarta - Indonesia
    Posts
    106
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Mata Minus vs Persalinan Normal

    Aku smpt takut lahiran normal karena minus mata tinggi (ki -5,5 ka -6,5). Tp dsog aku blg ga ada masalah tuh. Ktnya pernah ada yg -13 lahiran normal fine2 aja. Ternyata bener, aku bisa koq lahiran normal spontan tanpa vakum segala. Cepet lagi, ngeden cuma 3x ga sampe 10 menit uda brojol aje Hidden Content

  15. #135
    Silver fiamoffatt's Avatar
    Join Date
    Sep 10, 2013
    Location
    Bekasi
    Posts
    10
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Mata Minus vs Persalinan Normal

    Hidden Content Originally Posted by Xixi Hidden Content
    ada yang mau ku tanyakan, apakah benar y kalau minus mata nya tinggi, ga boleh lahiran normal ya?
    soalnya saudaraku td nya dah boleh lahiran normal oleh dokternya, pas konsultasi terakhir, disuru dokter caesar dengan alasan minus matanya tinggi (minus 6.5)
    gw sendiri minusnya 7 dan sama juga dilema mengenai lahiran normal atau caesar karena kondisi mata.
    ternyata setelah cek langsung ke obgyn dan spesialis mata, yang menentukan bisa tidaknya lahir normal bukan semata-mata tingginya minus, melainkan kondisi kornea dan syaraf mata. Kalau syarafnya nggak terlalu tipis dan kornea juga oke, possible kok untuk lahiran normal.

    saya juga lulus uji untuk lahiran normal, asalkan tidak boleh terlalu kuat saat ngeden dan matanya ga boleh merem. Hidden Content

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Forum Jump