Subscribe to this Thread
  1. #1
    Emerald
    Join Date
    Feb 8, 2010
    Location
    NY, USA
    Posts
    765
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Klaim Candi Borobudur

    Di Twitterland lagi heboh dibahas tentang Candi Borobudur yang di-klaim oleh sebuah lembaga. Ini dia beritanya:

    Candi Borobudur akan digugat ke Mahkamah Konstitusi
    Sekelompok orang yang menamakan dirinya sebagai peneliti muda dari Lembaga Studi Islam dan Kepurbakalaan yang dipimpin oleh KH. Fahmi Basya, dosen Matematika Islam UIN Syarif Hidayatullah, menyatakan akan menggugat hak atas kepemilikan Borobudur. Lembaga ini bernama Dzikrul lil Aalamiin (DLA)

    Mereka menyatakan memiliki bukti kuat bahwa Candi Borobudur adalah bangunan yang didirikan tentara jin dan setan Nabi Sulaiman, dan memiliki hubungan dengan Ratu Boko, dimana Ratu Boko diklaim sebagai Ratu Balqis dan istananya dipindah menjadi bagian teratas Borobudur.
    Sementara patung-patung di Candi Borobudur yang selama ini dikenal sebagai patung Buddha, dikatakan sebagai patung model bidadara surga yang menjadikan Nabi Sulaiman sebagai model.

    Ketika ditelusuri lebih jauh, diakui bahwa penelitian tersebut hanya menggunakan satu metode, yaitu Matematika Islam, sebuah cabang ilmu baru yang diciptakan sendiri oleh KH. Fahmi Basya. Mengenai kebenarannya, susah dikatakan karena baru satu orang yang mejadi ahlinya.

    Adapun metode lainnya adalah dengan menghubung-hubungkan kata. Sleman dipercaya berasal dari kata Sulaiman. Jawa dari kata Jews (Yahudi). Dan menurut Fahmi, satu2nya nabi yang termaktub dalam Alqur’an, yang menggunakan nama depan SU hanya Nabi Sulaiman dan negeri yang beliau wariskan ternyata diperintah oleh keturunannya yang juga bernama depan SU yaitu Sukarno, Suharto, dan Susilo.

    Sedangkan bukti arkeologis yang diajukan adalah lempengan emas yang ditemukandi dekat situs Kraton Boko, yang menurut mereka berarti “Bismillahirrahmaanirrahiim” (Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang). Tetapi tidak dikatakan bentuk tulisan dan bahasa apa yang tertulis, dan bagaimana bunyinya. Sebaliknya, menurut papan petunjuk di Kraton Boko, lempengan emas itu bertuliskan pujian pada dewa Siwa. Menurut seorang sumber, dikatakan relief yang berada di Borobudur juga menceritakan Nabi Daud dan Nabi Sulaiman, walaupun ayat pendukungnya belum ketemu.

    Walaupun bukti-bukti masih kurang dan riset intensif masih dilakukan, publikasi dan promosi mengenai hal ini sudah dilakukan dengan gencar melalui banyak media. Selain itu, promosi juga dilakukan dengan ekspedisi ke Candi Borobudur dan situs Ratu Boko.

    Dalam sebuah kesempatan, KH Fahmi Basya mengatakan, bahwa setelah mengajukan bukti-bukti, pihaknya akan menggugat ke Mahkamah Konstitusi untuk mengklaim Borobudur sebagai milik umat Islam. Sementara semua buku sejarah dan literatur yang berhubungan dengan Borobudur diubah dan dikoreksi. Keyakinan beliau akan teorinya itu dibuktikan dengan memwisuda patung terkenal “The Unfinished Buddha” yang konon dulunya berada di Stupa Utama Borobudur, sebagai “Unfinished Solomon”.

    Bagaimana komentar Bapak Agus Aris Munandar, Dosen dan Arkeolog, dari Departemen Arkeologi FIB UI, yang menjadi narasumber talkshow “Misteri Candi Borobudur” dimana KH Fahmi Basya juga menjadi pembicara? Beliau tidak mengatakan benar atau salah, tetapi memberikan pandangan lain dari sisi sejarah dan arkeologis, yang menurut seorang moderator secara tidak langsung membantah teori Bapak Fahmi.

    DLA sendiri terkesan terburu-buru dalam mengolah bukti dan data untuk diajukan ke MK. Informasi yang didapat mengatakan bahwa mereka sedang berlomba dengan satu kelompok di Forum Kaskus yang terus mencari kelemahan teori “Borobudur adalah peninggalan Nabi Sulaiman”. Mungkin DLA ingin mengambil langkah awal sebelum kelompok Kaskus tersebut mengeluarkan ebook berisi rangkuman kelemahan-kelemahan teori, yang dijanjikan akan selesai dalam waktu dekat.

    Bagaimanakah akhir dari cerita ini? Kita ikuti saja sama-sama


    Berita diambil dari Hidden Content

    Oh my God.. ini bener-bener se-hodob hodob-nya manusia. Aku merasa malu sebagai umat Muslim.
    Last edited by tjah_ayu; Sep 1, 2010 at 12:02 PM.

  2. #2

    Join Date
    Aug 7, 2010
    Location
    Bandung, Indonesia
    Posts
    714
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Klaim Candi Borobudur

    Ya ampoooonnn. Baru gue dengar berita ini.. Kok rasanya, terlalu diada-adakan ya? Hmmm.... Piramid juga bisa diklaim entar, ya? Mirip ceritanya deh, kayaknya... Oia, di kaskus juga ada dengan bantahan Hidden Content .

    *Asli, gue serasa speechless. Bingung mau komentar apa lagi..*
    Last edited by Septebrina; Sep 1, 2010 at 01:21 PM.

  3. #3
    Emerald
    Join Date
    Feb 8, 2010
    Location
    NY, USA
    Posts
    765
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Klaim Candi Borobudur

    Septebrina,
    serasa pingin nangis baca berita ini *halah lebay*. Matematika Islam? apa bedanya sama Matematika? ntar jangan-jangan ada ilmu Biologi Islam, Fisika Islam segala lagi Hidden Content

    haduuuuuh. aku malu se-malu malunya.
    Last edited by tjah_ayu; Sep 1, 2010 at 04:34 PM.

  4. #4
    San San is offline

    Join Date
    Dec 5, 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    7
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Klaim Candi Borobudur

    ck...ck.....kurang kerjaan kali ya mereka? makanya negara lain suka ga respect sama negara kita, di dalemnya aja ga kompak gini, sebenernya kan masih banyak hal2 yg jauh lebih penting untuk diurusin
    tjah_ayu thanks infonyaaa Hidden Content

  5. #5
    Emerald
    Join Date
    Feb 8, 2010
    Location
    NY, USA
    Posts
    765
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Klaim Candi Borobudur

    sama-sama, San
    saking gemesnya, seorang pemeluk agama Budha cerita gini (ini aku co-pas dari tweet @Hidden Content )


    Abad 7 Sriwijaya Kerajaan Buddhist paling maju di Asia. Bahkan pendeta dari Tiongkok dan Tibet dtg berkunjung utk mencari ilmu. Atisha pendeta Tibet berguru ke Dharmakirti, biksu agung Sriwijaya ttg Boddhicitta. Ajaran ini kemudian jadi inti Tibetan Buddhism. Dharmakirti, biksu Sriwijaya ini di jamannya sangat dihormati. Di Tibet ia dipanggil Serlingpa, the master from the Golden Isle.

    Saat itu Sumatra dikenal oleh dunia sebagai Suvarnadvipa, yg artinya The Golden Peninsula, Pulau Emas, karna makmurnya Sriwijaya. Atisha yg berguru ke Dharmakirti, membawa ajaran Bodhicitta ke Tibet. Menjadi core teaching sekte Gelugpa. Sektenya Dalai Lama.

    Untuk bayangkan kemashyuran Sriwijaya, bisa bayangkan baru abad 13 Marco Polo ke Asia. Abad 7 I-tsing sdh ke Sriwijaya dan abad 11 Atisha. Kekuasaan Sriwijaya tdk hanya sekitar Sumatra. Pada masa jayanya mencakup Sri Lanka, Malaysia, Jawa, Sulawesi, Maluku, Kalimantan, Filipina. Candi Borobudur dibangun Raja Sriwijaya, Samaratungga dari Wangsa Syailendra. Wangsa Syailendra melakukan ekspansi ke Jawa. Karena Samaratungga dan Wangsa Syailendra menganut aliran Buddha Mahayana, maka Borobudur pun bercirikan filosofi Buddha Mahayana. Ada dua aliran besar Buddhism: Mahayana (kendaraan besar) dan Hinayana (kendaraan kecil), yg terakhir lebih populer dengan sebutan Theravada. Mereka memilih sebutan Theravada yg artinya Ajaran Tua (Ancient) dirasakan lbh OK drpd disebut Hinayana yg seakan2 lbh kecil dari Mahayana. Yg bedakan Mahayana dg Theravada adalah cita-citanya. Penganut Mahayana bercita2 menjadi Bodhisattva sedangkan Theravada cukup dengan Arahat. Singkat kata Bodhisattva = org suci yg menunda masuk Nirvana sebelum semua makhluk terselamatkan, sedangkan Arahat memilih masuk Nirvana.



    Berikut akan saya tweet ciri2 Borobudur bernafaskan Buddha Mahayana, bukan dengan ilmu Matematika Islam DLA tentunya. #nooffense Hidden Content

    1. #Borobudur kalau dilihat dari atas membentuk Mandala, lambang alam semesta dalam kosmologi Buddha Mahayana. Pengaruh Hindu.
    2. #Borobudur bertingkat 10: 6 bujursangkar, 3 lingkaran, dan 1 stupa utama. Ciri 10 tingkatan kesucian Bodhisattva.
    3. Tingkatan2 #Borobudur dibagi2 u/ melambangkan Kamadhatu (alam nafsu rendah), Rupadhatu (alam berbentuk), dan Arupadhatu (tanpa bentuk).
    4. Relief2 pada #Borobudur diukir sesuai lambang alam tsb. Ada yg berbeda antara relief di tingkatan Kamadhatu dan Rupadhatu dst.
    5. Relief di tingkat Kamadhatu (paling bawah) #Borobudur gambarkan hukum karma, bagaimana perbuatan tercela mendapat hukumannya dll
    6. Di level Rupadhatu #Borobudur, lantai 1 s/d 4 relief tentang riwayat Sang Buddha, termasuk Jataka (kisah2 kehidupan sebelumnya)
    7. Dalam Buddhisme, dikenal konsep kelahiran kembali. Buddha mengalami 555 kelahiran sejak ia bertekad jadi Buddha sampai kelahiran terakhir
    8. Yg pernah ke #Borobudur coba amati relief di lantai 1 s/d 4, akan terlihat gambar hewan. Buddha pernah terlahir sbg hewan.
    9. Jataka adalah kitab yg menceritakan kisah kehidupan sebelumnya Buddha. Dari ia menjadi macam2 hewan, manusia dg berbagai profesi, dst.
    10. Sedikit OOT, dlm Buddhisme dikenal 6 kelompok alam. Dari yg tinggi ke rendah: Alam Deva, Asura, Manusia, Hewan, Peta, Neraka.
    11. Dalam filosofi Buddhist, makhluk hidup berkelana di antara keenam kelompok alam ini sebelum ia mencapai Nirvana/ api kehidupannya padam.
    12. Selain relief ttg Jataka, di #Borobudur juga ada Awadana dan Gandawyuha, cerita tentang kehidupan tokoh2 yg bukan Buddha. Khas Mahayana.
    13. Ada 504 arca Buddha di #Borobudur yg mirip/persis patung2 Buddha di Vihara. DLA hrs kerja keras utk cari 504 nama kalo mau klaim Hidden Content
    14. Arca Buddha di #Borobudur "berpose" dengan tangan membentuk Mudra, khas aliran Buddha Mahayana. Mungkin DLA punya nama utk pose ini? Hidden Content
    15. Tahun 1991 #Borobudur ditetapkan sbg World Heritage oleh UNESCO. Jadi usaha DLA ke Mahkamah Konstitusi pasti akan dapat sorotan dunia.
    Last edited by tjah_ayu; Sep 1, 2010 at 04:31 PM.
    ambling and rambling Hidden Content

  6. #6
    Moderator Citizen disti's Avatar
    Join Date
    Sep 5, 2008
    Location
    above ground level
    Posts
    1,725
    Mentioned
    4 Post(s)

    Default Re: Klaim Candi Borobudur

    aduh berita beginian nih yg bikin malu indonesia. gimana coba kalo ini diberitain di luar2 sana, yang di indonesia aja geleng2 kepala ama statement/klaim gak penting macem begini. guru besar tapi kok dangkal skali pemikirannya yakkk.
    Go easy on abbreviations I beg you. When in doubt, refer to Hidden Content . Thankies~
    -nya ngga sama dengan -x. tulis aja lengkapnya. okeh? sip!
    For easy comparison, Hidden Content are my foundation shades.

  7. #7

    Join Date
    Oct 7, 2007
    Location
    Balikpapan Indonesia
    Posts
    127
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Klaim Candi Borobudur

    Whahahaha, yg bener nihhhh? Ajegileee
    I wonder dampak nya buat hubungan muslim dan buddha apa yah?

  8. #8
    Emerald
    Join Date
    Feb 8, 2010
    Location
    NY, USA
    Posts
    765
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Klaim Candi Borobudur

    disti,
    Iya bener. Hal kayak gini ini yang berdampak negatif bagi Indonesia

    lumier,
    It's not moslem. It's a special kind of moslem named hodob moslem I think

    Jadi ga akan berdampak apa-apa

  9. #9
    San San is offline

    Join Date
    Dec 5, 2008
    Location
    Jakarta
    Posts
    7
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Klaim Candi Borobudur

    tjah_ayu thanks infonya, jadi tau sejarah detailnya Borobudur niy.....

    Personally i agree with you, ulah segelintir orang yang mengatasnamakan agama ga akan punya pengaruh apa2 Hidden Content

  10. #10
    Beryl rere's Avatar
    Join Date
    Jul 4, 2007
    Location
    Drugstore aisles
    Posts
    2,289
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Klaim Candi Borobudur

    Segala kekayaan alam, budaya, keaneka ragaman hayati dan lain2 yang ada di bumi Indonesia adalah milik seluruh rakyat Indonesia. Rakyat Indonesia beraneka ragam, mulai yang Islam, Kristen, Buddha, Hindu, Katolik, Konghucu, penganut kepercayaan, atheis sampai yang tidak peduli agama sekalipun adalah rakyat Indonesia juga. Karena itu Borobudur sebagai kekayaan sejarah dan budaya bangsa kita adalah milik seluruh rakyat Indonesia, bukan milik satu golongan saja.... *prihatin mengelus dada*


  11. #11
    Emerald missasoen's Avatar
    Join Date
    Feb 25, 2010
    Location
    Bandung-ID
    Posts
    608
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Klaim Candi Borobudur

    OMG!speechless. dong-dong!malu, mana bawa2 nama Islam pula!beneran tuh, kudu dibubarin ormas2 ga jelas kaya begini.ormas sepuluh ribuan, dikasih ceban langsung demo sana-sini..rrrgghhh....

  12. #12

    Join Date
    Oct 7, 2007
    Location
    Balikpapan Indonesia
    Posts
    127
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Klaim Candi Borobudur

    Mudah2an kasus ini segera reda yah Hidden Content
    Hidup Indonesiaaa!!

  13. #13
    Moderator Superstar in Training Lena's Avatar
    Join Date
    Aug 28, 2007
    Location
    Indonesia
    Posts
    5,686
    Mentioned
    6 Post(s)

    Default Re: Klaim Candi Borobudur

    aduh kayaknya gak perlu deh dibuat satu thread khusus ya untuk hal bodoh macem gini. ke pos hansip aja ya kalo mau lanjut ya....

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Forum Jump