Subscribe to this Thread
  1. #376

    day

    day is offline
    Immigrant day's Avatar
    Join Date
    Nov 2, 2010
    Location
    Jakarta Indonesia
    Posts
    128
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Rekomendasi Rumah Sakit Ibu & Anak/Bersalin

    Vote for Kemang Medical Care! saya lahiran bulan Januari 2012, ambil kamar VVIP Lavender, obgyn saya dua, awalnya dengan dr Achmad Mediana, SPOG tapi SCnya akhirnya dengan dr Ridwan, SPOG (yg pas SC didampingi dr Febri, SPOG), karena saat lahiran, dr Achmad lagi cuti panjang. Obgynnya dua-duanya OK, dan saat SC saya pilih dokter anesthesinya dr Christopher (ok banget nyuntik spinalnya, gak kerasa sama sekali nyuntiknya, tau2nya udah baal aja dan dokter ini sangat perhatian dgn pasien. kita ditungguin selama SC dan selama di RS selalu di visit, cakep lagi. #eh Hidden Content ) dan DSAnya dr Endah Citraresmi. Happy banget dengan "team" dokter pilihan saya ini, karena lahiran anak kedua saya jadinya well prepared dan smooth di bandingkan dengan anak pertama.

    Saya yakin anak kedua saya bisa ASI eksklusif dan sampe sekarang 8 bulan masih ASI alhamdullilah, salah satunya karena awal yang bagus di KMC Hidden Content , saya bisa IMD hampir 1 jam walopun SC, rawat gabung dengan bidan/nakes yang selalu standby 24 hour (dan sangat2 helpful, friendly dan gak pernah terlihat jutek), ada konselor laktasi dan tim dokter yg saya pilih juga RUM.

    Cerita yah, anak pertama saya lahir tahun 2007 di RSPI. Saat itu saya ambil kelas VVIP. Pemilihan RSPI waktu itu karena ada di tengah2 rumah mertua dan rumah orangtua.

    Sewaktu hamil anak pertama sebenernya saya sudah baca buku dan beberapa referensi tentang kelahiran normal dan menyusui. Jadi saya sudah sangat niat dan tekad kuat untuk lahir normal dan ASI eksklusif. Sayangnya, saya tidak tahu kalo kesuksesan menyusui itu juga sangat dipengaruhi oleh pemilihan RS dan nakes yang tepat. Maklumlah, tahun 2007 belum ada support group yg banyak & menggurita kaya sekarang ini. (AIMI ASI juga belum ada waktu itu)

    Ndilalah, di tengah2 persalinan normal, obgyn saya (dr Achmad Mediana) memutuskan untuk SC karena persalinan tidak maju (anak besar dan kontraksi sudah 48 jam, bukaan tetap 2), akhirnya saya terpaksa masuk ruang operasi dan saya ketakutan setengah mati karena belum baca banyak informasi tentang persalinan SC, jadi rasanya gak siap. Begitu lahiran, anak saya dipisah lama dari saya, dan ketika saya minta untuk rawat gabung, suster bilang mereka tidak akan bisa siap membantu karena mereka akan sibuk di ruang bayi. Jadi dengan nada mengintimidasi mereka bilang, apa ibu sanggup ngurusi bayi baru lahir sendiri padahal habis SC? ibu kan butuh istirahat, dll. Akhirnya karena masih jadi ibu baru dan baby blues pula (karena gagal normal), saya pasrah anak di taro di ruang bayi.

    Begitu tau puting saya inverted (masuk ke dalam), suster di sana dengan nada keras dan sedikit melecehkan bilang kalo itu akan membuat saya bermasalah dgn menyusui, karena nipple itu faktor signifikan yg menentukan keberhasilan menyusui katanya (info ini totally bull shiat tentunya. excuse my french) -- pas hari ke 2 susternya menyarankan bayi dikasi cairan gula karena katanya takut dehidrasi (another *******at), lalu pas hari ke 3 mereka bilang ASI saya sedikit, bayi nangis terus, dan saya di bujuk untuk tambah susu formula (nanti kalo ASInya udah keluar kan bisa stop formula bu katanya begitu).

    Walaupun ragu, tapi karena pengetahuan tentang ASI saya belum sebagus sekarang, di tambah intimidasi dari RS dan nakes2 yang sangat tidak pro ASI, saya jadi tidak PD, akhirnya anak pertama saya campur sufor selama sebulan setengah. Hidden Content

    Selama saya di rawat di RSPI thn 2007 itu saya nangis terus deh, baby blues dan sedih banget karena ga bisa ASI eksklusif. Beda sekali dengan pengalaman saya 5 tahun kemudian di KMC. Di KMC, meskipun rawat gabung, tapi suster/bidan siap sedia bolak balik ke kamar untuk ganti popok bayi, bantu saya yang habis SC untuk menyusui, bantu merahin payudara saya bahkan menyemangati saya untuk tetap menyusui. Suasana relax dan menenangkan, membuat saya tidak baby blues dan ASI lancar. Karena kehamilan kedua saya ini fully prepared, well informed and well managed Hidden Content , saya tetap tenang walopun hari 1-2 hanya kolostrum yg keluar dan sekali lagi saya kudu berjuang menyusui dgn inverted nipples, hari ke 3 bidan bantu merahin payudara saya dengan tangan dan saya bisa dapat 15cc yg langsung di tampung di cupfeeder dan di minumkan pada bayi, senangnyaa bukan main. Hari ke 4 pas mau check out siangnya, paginya saya pompa dgn minjem breastpump dari KMC, dapat 75cc, wah langsung happy dan PD banget bakal bisa ASI eksklusif.

    Intinya, rumah sakit bersalin pilihan kita sangaat2 menentukan keberhasilan ASI eksklusif. Surveylah dengan cermat dan pilih RS yg tatalaksana bayi baru lahirnya berpihak pada ibu dan bayi. Gpp sedikit jauh dari rumah (asal ga gila banget ya jauhnya kikiki) asal kita yakin RS itu bisa mendukung kita untuk sukses menyusui. Sebenernya RS yg tinggal ngesot dari rumahku sih BWCH, tapi aku lebih milih macet dikit ke Ampera Raya demi awal yang indah Hidden Content , juga karena saya kenal dgn DSA2 RUM kaya dr Wati dan dr Endah di KMC (wlpn skrg dr Wati ga praktek di sana lagi) dan KMC secara umum lebih RUM dibandingin BWCH. (udah punya pengalaman konsul dengan beberapa DSA di BWCH dan diagnosanya sgt2 gak RUM).

    Jadiii pesen banget deh ama ibu2 hamil, survey RSnya beneran deh harus diseriusi, pas observasi jangan hanya cek kamar, observasi juga apa mereka implemen IMD dgn benar (gak hanya lipservice), ada/engga ada ruang bayi sehat, kalo rooming in bidan2 siap bolak balik ke kamar gak utk bantu ibu yang baru lahiran dsb.

    Salam ASI! Hidden Content
    Last edited by day; Sep 30, 2012 at 11:44 PM.

  2. #377
    Beryl dya_widya's Avatar
    Join Date
    Apr 8, 2010
    Location
    jakarta, Indonesia
    Posts
    1,690
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Rekomendasi Rumah Sakit Ibu & Anak/Bersalin

    yup memang awal yg menyenangkan lahiran di kmc..aku lahiran juni 2012 di kmc vvip kamar violet dengan emergency cs krn partus ngga maju. bidan bidan nya supeeerrr sabar dan ada yg ngebimbing ngaji supaya aku kuat, tapi sayangnya sekarang dah ga bisa lagi milih dsa waktu lahiran. tapi ga masalah kok, anak ku tetep imd, bedding in (bukan rooming in lagi), suster yg helpfull 24 jam tanpa wajah jutek. alhamdulilah sekarang masih full asi dengan asip yg melimpah sampe bisa kudonorin karna overload freezer

  3. #378

    day

    day is offline
    Immigrant day's Avatar
    Join Date
    Nov 2, 2010
    Location
    Jakarta Indonesia
    Posts
    128
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Rekomendasi Rumah Sakit Ibu & Anak/Bersalin

    iya aku denger tuh sekarang ga bisa memilih lagi ya. sedih banget, padahal memilih dokter itu adalah hak pasien, di atur di UU kesehatan dan WHO. Pas dulu lahiran, malah tim dokternya aku pilih semua, mulai dari obgyn, anesthesi dan DSA Hidden Content -- karena SCnya elective (krn udah diperkirakan oleh 2 obgyn gak bakal bisa VBAC karena bayi besar bgt dan riwayat cito SC yang pertama)

    tapi syukurlah nakes masih pro ASI ya, mudah2an seterusnya KMC begitu, susah banget sebenernya buat RS bersalin utk tetap idealis support ASI dan RUM, karena gempuran dari bisnis (produsen sufor dan farmasi) yang sangaat besar.
    Last edited by sugarenspice; Dec 6, 2012 at 04:03 PM. Reason: no need to quote recent post

  4. #379
    Beryl chocolick's Avatar
    Join Date
    Jul 18, 2008
    Location
    where my heart belong
    Posts
    1,257
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Rekomendasi Rumah Sakit Ibu & Anak/Bersalin

    Allura aku juga mau lahiran di rs grha kedoya, dpt review bagus dr temenku yg lahiran awal tahun ini disana, dan juga ada review anak FD juga di thread sebelah, bagus juga soal si grha kedoya, pdhl aku belum smpt survey langsung loh, soalnya dsognya praktek juga dkt rmh, hihi.nanti kl smpt mau sih kesana liat2 sendiri, cm uda megang review 2-3 org bagus soal pengalaman melahirkan disana, wlp ambil kamar kelas 3 sekalipun.
    Argan oil, white wooden baby box for sale, PM me for more info :)

  5. #380
    Gold NyKupakupik's Avatar
    Join Date
    Oct 12, 2012
    Posts
    28
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: DSA di Serpong, Tangerang dan sekitarnya

    aku juga kemarin ini lagi cari-cari alternatif dokter karena masih ngerasa kurang cocok sama dokter yang sebelum ini karena kurasa dia kurang kasih info (secara aku ini orangny pengen tau detail, gak mau sampai nanti salah ngetreat si "kakak" malah ntar kenapa-napa lagi.. Hidden Content ) .
    Nah, setelah curhat sama temen ku yang baru aja melaharikan dia saranin dr. Ong Tjandra. Beliau ini sebenarnya dokter Rs. Carolus di Gading Serpong, tapi dia buka praktek juga sendiri nama Kliniknya "KLINIK SEHATI". Sesuai dengan deskripsi temenku.. dokternya baik dan klo menjelaskan detail lho... dan dia juga ngasih nomor Hpnya klo mau konsultasi langsung gitu.. klo kita hubungi walau sesibuk apaun dia pasti di jawab lho... tapi emang antriannya juga lumayan klo gak buru-buru booking, tapi karena kemarin penasaran sama suggestion temenku jadi ku pantengin aja tuh sampai jam 9.30-an gitu...
    oh, dan dr. Tjandra ini pakenya 4D lho USGnya jadi mommy yg dah above 6 six month bisa liat langsung secara jelas perkembangan babynya dan harganya kubilang dengan apa yang kudapat cenderung standart (murah) cuma Rp. 250,000. Dan kenapa dia buka kliknik sendiri sih karena alat yang dia punya lebih canggih daripda tempat lain jadi dia lbh suka pke di situ :P

    oh, klo mau coba ini nomor telpnya Klinik Sehati : 54205365. Alamat : Ruko Veronez, gading serpong (lokasinya agak masuk ke dalam).

    Semoga bermanfaat ya, mommy Hidden Content

  6. #381
    Gold NyKupakupik's Avatar
    Join Date
    Oct 12, 2012
    Posts
    28
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Rekomendasi Rumah Sakit Ibu & Anak/Bersalin

    @kurimalas : ada bu di RS. Bunda Dalima di BSD di menyediakan ILA juga dan klo harga relatif murah juga deh kayanya... hehehe... aku juga lagi persiapan soalnya.. maaf klo belum bisa bantu banyak

  7. #382
    Silver makyan's Avatar
    Join Date
    Oct 17, 2012
    Location
    Jakarta Timur
    Posts
    5
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Rekomendasi Rumah Sakit Ibu & Anak/Bersalin

    Moms, ada yang pernah melahirkan di RS Haji? apakah ruang observasi pas nunggu persalinan itu private ato rame2 ya?

  8. #383

    Join Date
    Apr 24, 2012
    Posts
    6
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Rekomendasi Rumah Sakit Ibu & Anak/Bersalin

    RSIA YPK mandiri, tiap kali kontrol, usg nya menggunakan usg 4d jadi muka anak nya bisa langsung ketahuan,bisa diprint pula

  9. #384

    Join Date
    Aug 9, 2012
    Posts
    5
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default

    Mom ada yg tau ga ya dktr obgyn yg bagus n bsa menenangkan pasiennya terutama utk yg mengalami masalah dgn rahimnya. Tanx ya sebelumnya, coz lg butuh info bgt niey... who knows ** bsa dpt 2nd opinion..

    Oiya dokter obgyn yg ada dijakarta yg sdg ** cari... hihihi td lupa info lokasinyaHidden Content
    Last edited by sugarenspice; Dec 6, 2012 at 04:03 PM. Reason: merge posts

  10. #385
    Elite Citizen jLoved's Avatar
    Join Date
    Jul 24, 2012
    Location
    Jakarta-Tangerang
    Posts
    4,198
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Rekomendasi Rumah Sakit Ibu & Anak/Bersalin

    nzn greece
    Gw lahiran SC di Hermina Daan Mogot, Obgyn dr Binsar RHS, DSA dr Adi Kusumadi. Semua lancar sampe skrg, anak jg sehat. Padahal gw tuh dr awal hamil tuh parnoan, bentar2 ada sedikit ga enak telp RS or Obgyn. Tapi semuanya ramah banget, gw jd tenang banget. Awal mau normal, tapi kontraksi di 8,5 bln, plus plasenta previa, en minus 6, akhirnya mau ga mau SC jg. Suster nya pro Asi. Cuman krn lahirnya termasuk prematur, pas lahir anak gw kudu dioksigen 2jam, jd ga bisa IMD. Padahal obgyn uda langsung ngomong mau IMD pas di ruang SC...
    DSa jg orgnya baik banget, sabar, ga gampang ngasih obat kalo anak sakit, banyakan dgn cara alami aja. Baik obgyn dan DSA sama2 gampang dikontek en sms juga selalu dibalas. Kalo hamil kedua nanti, gw pasti ke RS, OBgyn, en DSA yg sama lg.

  11. #386

    Join Date
    Sep 24, 2012
    Posts
    10
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Rekomendasi Rumah Sakit Ibu & Anak/Bersalin

    mom kursimalas, wah obgyn sama RS kita sama nich Hidden Content km pas lahiran pk epidural n dpt brp jahitan say?

  12. #387
    Newcomer
    Join Date
    Oct 1, 2012
    Location
    bandung
    Posts
    55
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: RSIA Melinda - Bandung

    wuah alhamdulillah ngelahirin di boromeus puas bgt deh. Obgynnya dr. Hani rono, suster2nya para bidan yg luar biasa sabar n s0pan.. Saya terkesan bgt. Pernah dateng lsg ke sant0sa bwt liat ruang, emang bagus siy tp susterny bnyk yg pada fresh graduate jd ya jam terbangny msh dikit ya n pada ga ses0pan b0r0meus, tp ya itu ruang b0r0meus tua siy, tp harga b0r0meus diatas sant0sa loh... Melinda siy ogah deh, rec0mend SC trus...
    Lbh baik cr yg pelayanan baik, dr tukang parkir,suster,ob baik n s0pan semua loh.

  13. #388

    Join Date
    Nov 19, 2012
    Posts
    1
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Rekomendasi Rumah Sakit Ibu & Anak/Bersalin

    Mom, please infonya...
    Aku calon ibu baru dan sekarang hamil 7 bulan. Awalnya aku periksa di RS Eka Hospital ama dokter Baruch Djaja, bagus dan komunikatif dokternya tapi setelah aku cari tahu mengenai pelayanan ketika bersalin kok ibu-ibu di komplekku ngk recommed bukan dokternya tapi pelayanannya ( khususnya dokter anak ) trs sekarang aku coba ke RSIA Arca Medica katanya bagus ke dokter okky tapi bo antreannya panjang...
    Jadi dilema aku, kasih masukkan dunz Moms ...

  14. #389
    Citizen K1tty86's Avatar
    Join Date
    Mar 6, 2009
    Location
    Banana Republic
    Posts
    1,411
    Mentioned
    13 Post(s)

    Default Re: Rekomendasi Rumah Sakit Ibu & Anak/Bersalin

    day

    seneng banget denger ceritamu say, bisa dibisikin gak? kira2 nih berapa ya? kisaran harganya? buat prepared melahirkan anak pertama nanti, soalnya masih takut2 kalo cesar, secara semampai takutnya gak bisa Normal, walapun pingin bgt normal.

    krn ktanya tinggi badan mempengaruhinya, lahir normal atw cesar.

    anyway ada yg pernah coba ke RSIA Mutiara Bunda, ciledug? rekomen gak sih? soalnya katanya bisa USG 4 Dimensi.
    Last edited by sugarenspice; Dec 6, 2012 at 04:04 PM. Reason: no need to quote recent post
    ~*Hidden Content *~ || For Sell Pognae 3 in 1 Organic Blue, Zojirushi Type SL-GF18 BA. PM for Detail ||

  15. #390
    Silver
    Join Date
    Aug 12, 2011
    Posts
    7
    Mentioned
    0 Post(s)

    Default Re: Rekomendasi Rumah Sakit Ibu & Anak/Bersalin

    kalo bisa sih jangan ke mutiara bunda, soalnya setau aku dia ga pro normal dan ga pro ASI...udah gitu tempat antriannya ga enak banget buat nunggu...

    aku pernah sekali kesana, udah ambil nomor antrian tapi ga jadi karena menurut aku tempatnya ga nyaman banget dan sepertinya agak kurang layak disebut RS ya...Hidden Content

    kalo mau USG 4D mending ke RSPP. Aku tadinya cek ke dr. Riyana SPOG di Sari Asih Ciledug, cuma pelayanan rumah sakitnya kacau balau! Ih emosi banget deh kalo inget-inget gimana komunikasi antara bagian pendaftaran sama bagian polikliniknya bener-bener ga bagus, padahal aku waktu itu mau kontrol setelah bedrest di rumah sakit. Padahal dokternya bagus dan komunikatif. Sayang banget deh...

    Akhirnya aku dan suami mutusin untuk pindah ke RSPP dengan dr.Erwinsyah Harahap SPOG. Keputusan kita berdua untuk pindah kesana sangat tepat. Selain pelayanannya yang oke dan suster-susternya yang ramah, RSPP termasuk kedalam Rumah Sakit Sayang Ibu dan Anak, selain itu dokternya pun sangat detail dalam menjelaskan perkembangan dan hasil USG. Fyi, USG di RSPP selalu pake USG 4D dan dr.Erwinsyah itu yang paling jago disana untuk USG 4D. Jangan takut masalah pembayarannya karena dokter ini kalo misalnya kita bayar sendiri (gak pake asuransi) gak akan fully charged untuk biaya USG 4D nya. Kayaknya aku akan terus kontrol ke dr.Erwinsyah. Oiya yang domisili di ciledug dan sekitarnya, dokter ini juga praktek di RSIA Avisena (Bidan Ema).

    Pokoknya te-o-pe banget deh RSPP dan dr.Erwinsyah Harahap SPOG ini Hidden Content Hidden Content Hidden Content
    Last edited by sugarenspice; Dec 6, 2012 at 04:03 PM. Reason: no need to quote recent post

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
Forum Jump