Page 1 of 3 1 2 3 LastLast
Results 1 to 15 of 41
  1. #1
    Permanent Resident mrs doyi's Avatar
    Join Date
    Jul 30, 2011
    Location
    jakarta
    Posts
    728
    Mentioned
    90 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Pilihanku, Kontrasepsi Jangka Panjang (IUD atau Implan)

    Mommies, setuju donk untuk membentuk keluarga bahagia sejahtera itu perlu perencanaan. Termasuk merencanakan kehamilan dan mengatur jarak lahir anak dengan berkontrasepsi. Nah, thread kali ini khusus membahas pilihan-pilihan metode kontrasepsi jangka panjang seperti IUD dan Implan.

    Kenapa hanya membahas kontrasepsi jangka panjang? Karena metode kontrasepsi jangka panjang, selain lebih praktis dan efisien, metode ini semakin ramai digunakan mengingat efektivitasnya yang tinggi hingga 99%. Dan masa perlindungannya hingga bertahun-tahun, mulai dari 3 tahun hingga 10 tahun.

    Aku sendiri hampir 4tahun pakai IUD. Alasannya karena IUD tidak mengandung hormon, jadi aman buat ibu menyusui seperti aku waktu itu. Plus, IUD ini nyaman banget. Hampir tidak ada keluhan berarti, baik dari badan aku sendiri maupun dari suami ketika berhubungan. Yang aku baca soal Implan juga sama bagusnya, tetap bisa memberikan ASI dan perlindungannya yang optimal.

    Kalau mommies sendiri bagaimana? Sharing di sini yuk, apa saja pilihan-pilihan, pengalaman, rekomendasi atau bahkan keraguan dan pertanyaan seputar metode kontrasepsi jangka panjang.
    please visit my blog and instagram ...

  2. #2
    Lurker
    Join Date
    Feb 9, 2009
    Location
    Tangerang, Indonesia
    Posts
    11
    Mentioned
    4 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Pilihanku, Kontrasepsi Jangka Panjang (IUD atau Implan)

    Belum pernah pakai KB jangka panjang. Pernahnya pakai pil KB aja dulu.
    Soalnya denger-denger proses pasangnya menyakitkan kayak periksa dalam waktu lahiran. Dan wajib diganti secara berkala. Bolak-balik sakit jadinya. Bener ga sih?

  3. #3
    Newcomer miss.iyan's Avatar
    Join Date
    Feb 28, 2015
    Posts
    82
    Mentioned
    60 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Pilihanku, Kontrasepsi Jangka Panjang (IUD atau Implan)

    mama ku sebelum aku nikah kemarin juga nyaranin nya nanti kalau abis melahirkan dan mau pake kontrasepsi baiknya pilih IUD aja, katanya paling mudah dan efektif buat jangka panjang.
    share dong mba kira-kira apa aja sih yang perlu dipersiapkan kalau mau pake spiral ini?

  4. #4
    Permanent Resident mrs doyi's Avatar
    Join Date
    Jul 30, 2011
    Location
    jakarta
    Posts
    728
    Mentioned
    90 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Pilihanku, Kontrasepsi Jangka Panjang (IUD atau Implan)

    @Hidden Content
    proses pasang IUD maksudnya ya. kl menurut pengalaman aku, prosesnya ngga sakit kok. memang agak sedikit ngga nyaman. tapi kl sakit, ngga. Dulu sempet kepikiran prosesnya bakal lama dan ribet. ternyata proses pemasangannya lumayan mudah dan cepet. jauh lebih cepet dari proses mikir-mikirnya Hidden Content

    dan iya betul. kita harus ganti rajin ganti IUD secara berkala. tapi rentang waktu antar pasang-lepas IUD mayan lama, hingga 10tahun. aku sendiri dari pertama pasang (hampir 4tahun lalu) belum lepas lagi. jadi beneran praktis banget dan bebas khawatir.

    @Hidden Content
    sebenernya ngga ada hal khusus yg perlu disiapkan untuk pasang IUD. IUD bisa dipasang kapan aja, dengan syarat tidak sedang hamil. makanya, banyak disarankan pasang IUD saat menstruasi hari ketiga. selain karena pasti sedang ngga hamil, mulut rahim akan terbuka lebih lebar. jadi lebih memudahkan proses pemasangan. HTH yaaa @Hidden Content
    please visit my blog and instagram ...

  5. #5
    Citizen kikurikuri's Avatar
    Join Date
    Nov 23, 2012
    Posts
    1,740
    Mentioned
    937 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Pilihanku, Kontrasepsi Jangka Panjang (IUD atau Implan)

    Ada rencana pasang IUD tp lg nyusui, dok blg nti stlh 40-50h dr melahirkan uda bisa krnkl nunggu mens kan nyusui ga mens tp blom pasang
    Kisaran brp ya harga IUD?
    Kl inplan itu gmn?blom pernah tau

  6. #6
    Lurker
    Join Date
    Feb 17, 2017
    Posts
    15
    Mentioned
    10 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Pilihanku, Kontrasepsi Jangka Panjang (IUD atau Implan)

    Belum pernah KB jangka panjang tapi kemarin sempet nganterin kakak ganti IUDnya apa gimana gitu, ehhh ternyata IUDnya kakaku ga bisa diambil.

    Jadi ceritanya kan waktu itu di klinik dokter langganan dia, pas mau diambil kakaku jejeritan gitu sampe nangis katanya sakit banget. Dokternya ga berani dirujuk kakaku ke RS yang gede buat rongen, ke Prod*a juga buat cek ceki. Ternyata IUDnya masuk ke mulut rahim akunya jadi horor mau pasang itu KB terus katanya pas nananina ga enak ya?

    Sent from my A37f using Tapatalk

  7. #7
    Newcomer miss.iyan's Avatar
    Join Date
    Feb 28, 2015
    Posts
    82
    Mentioned
    60 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Pilihanku, Kontrasepsi Jangka Panjang (IUD atau Implan)

    @Hidden Content oyi oiya malah pas menstruasi ya?
    @Hidden Content mba kok bisa gitu? mungkin kakak mu gak rajin kontrol kali mba, soalnya aku dikasih tau temenku yang bidan kalau udah pasang tetep kudu kontrol rutin sih karena kalau berhubungan atau mens itu suka mungkin geser atau gimana kan jadi perlu dicek rutin.
    aku pengen pasang iud sih karena katanya lebih murah sekali pasang untuk jangka panjang gitu hehehe.. *emak-emak*

  8. #8
    Lurker
    Join Date
    Feb 17, 2017
    Posts
    15
    Mentioned
    10 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Pilihanku, Kontrasepsi Jangka Panjang (IUD atau Implan)

    @Hidden Content kayaknya nggak deh mba, karna kakaku itu termasuk orang yang care banget sama tubuhnya. Dia ngerasa ga enak dikit aja langsung chat dokter keluarga atau sodara yang kebetulan dokter, jadi kayaknya emang kegeser gitu sampe ke situ. Eh maap bukan mulut rahim tapi apa sih yang jalannya telur ke rahim itu namanya apa yaa? Yaa itu pokoknya hehehehe

  9. #9
    Permanent Resident mrs doyi's Avatar
    Join Date
    Jul 30, 2011
    Location
    jakarta
    Posts
    728
    Mentioned
    90 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Pilihanku, Kontrasepsi Jangka Panjang (IUD atau Implan)

    @Hidden Content
    waaahhh... baru lahiran yaaa... selamat yaaaa...Hidden Content Hidden Content Hidden Content
    iya, salah satu keuntungan IUD adl bisa dipasang kapan aja. kl habis lahiran, ngga perlu nunggu menstruasi. aku sendiri dulu pasang menjelang masa nifas selesai. jadi sekitar sebulanan setelah melahirkan. alhamdulillah aman dan nyaman sampe sekarang.

    harga IUD sendiri mulai 15ribu, untuk merk lokal. biaya pemasangan tergantung tenaga medisnya. biasanya kl sama bidan sekitar 250rb. kl sama dsog kira2 sekitar 500rb kali ya. bisa kurang bisa lebih. tergantung tempat juga. imho mayan affordable mengingat masa pakainya bisa sampe 10tahun.

    kl implan, bentuknya berupa tabung tipis sekitar 4cm, yg mengandung hormon progesteron. beda dg IUD yg 'disimpan' di rahim, tabung implan nanti ditanam di dalam kulit lengan dalam. jadi kl misal merasa kurang nyaman dengan pemakaian IUD, alternatifnya bisa pakai implan.

    @Hidden Content
    sebenernya pasang IUD bisa kapan aja. asal pastikan kita dalam kondisi tidak hamil. bahkan langsung habis melahirkan pun bisa. atau pas akhir-akhir masa nifas juga bisa. dan iyaaaa, itungannya muraaaahhh karena sekali pasang bisa untuk bertahun-tahun.

    @Hidden Content
    sorry to hear that...
    gimana kondisi kakak sekarang? ada gejala atau keluhan apa gitu sebelumnya? semoga kondisi kakaknya sekarang baik-baik aja ya @Hidden Content

    oiya, mau review juga soal hubungan suami istri. selama pakai IUD, alhamdulillah suami ngga ada keluhan sama sekali. jadi bener-bener nyaman tanpa khawatir Hidden Content
    please visit my blog and instagram ...

  10. #10
    Citizen kikurikuri's Avatar
    Join Date
    Nov 23, 2012
    Posts
    1,740
    Mentioned
    937 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Pilihanku, Kontrasepsi Jangka Panjang (IUD atau Implan)

    @mrs_doyi thx mak
    Implan kl ditanam dibawak kulit apa ga sakit mak?
    Implan uda umum ya dipake?soalnya jrg dengar

  11. #11
    Lurker
    Join Date
    Feb 17, 2017
    Posts
    15
    Mentioned
    10 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Pilihanku, Kontrasepsi Jangka Panjang (IUD atau Implan)

    @mrs_doyi alhamdulillah udah baik kok mak, cuman keakitan pas mau ambilnya aja. Aku ga tau sih sekarang dia pake apa, soalnya pemeriksaan selanjutnya dia dah sama suaminya hehehehe. Ohh implan kaya ibuk aku berarti, mbekas gitu ga sih? Soalnya ibukku mbekas gitu dilengannya CMIIW

    Sent from my A37f using Tapatalk

  12. #12
    Editor Mommies Daily Resident adiesty's Avatar
    Join Date
    Jan 28, 2013
    Posts
    457
    Mentioned
    20 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Pilihanku, Kontrasepsi Jangka Panjang (IUD atau Implan)

    Sebelum nikah udah cukup tahu soal IUD. Kebetulan, dua kakak perempuan gue memang pakai IUD. Termasuk nyokap. Menurut mereka IUD, KB yang cukup aman dan minim risiko. Plus cocok buat gue, orang yang sering lupaan. Hahahaha... Jd kalau pakai pil KB, risikonya lupa minum. Jadilah nggak lama setelah melahirkan gue langsung pakai. Alhamdulillah juga nggak ngaruh dengan proses ngASI. Jadi ngASI tetep aman dan lancar jaya. Keluhan gue cuma satu, selama mens, kayanya mens-nya itu tambah banjirrrr. Pada begini juga gak sik? Saat proses pemakaian gue juga sama sekali nggak bermasalah, gue rasa sih semua emang tergantung dr diri kita sendiri. Kalau belum apa2 udah tegang, ya, bakal susah. Sama tergantung dokternya juga kali, ya. Beruntung spog gue itu bisa ngalihin dgn ngajak ngobrol. Dalam hitungan menit, eh, tau2 udah kelar ajeee....

  13. #13
    Lurker
    Join Date
    Oct 20, 2016
    Posts
    4
    Mentioned
    4 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Pilihanku, Kontrasepsi Jangka Panjang (IUD atau Implan)

    Hai hai,

    Mau tanya dong, gue punya dua orang teman yang dua-duanya kebobolan hamil lagi padahal mereka sudah memakai IUD. Yang satu kebobolan anak ketiga, dan yang satu kebobolan anak ke LIMA!!! Ini jadi bikin gue parno untuk make IUD. So far gue makenya kondom sih. Pernah nyoba suntik KB yang bulanan, tapi males bolak balik ke dokternya. Mau suntik KB yang sekian bulan, tapi males kalau harus nggak menstruasi, ahahaha, banyak mau ya Hidden Content .

    Pertanyaan kedua adalah, gimana dengan kasus yang spiral nempel di tubuh janin? Itu penyebabnya apa?

    Terimakasih Hidden Content

  14. #14
    Lurker
    Join Date
    Jan 17, 2017
    Posts
    15
    Mentioned
    8 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Pilihanku, Kontrasepsi Jangka Panjang (IUD atau Implan)

    anak pertamaku udah usia 2 tahun, tapi aku masih aja galaaaau pakai kontrasepsi apaa, pernah udah sampe depan obgynnya, mau pasang IUD, trs mundur. Parno sendiri krn denger pengalaman temen yang bilang ngerasa ngilu saat berhubungan dan pendarahan (kata dokternya karena IUDnya geser atau tidak terpasang sempurna. Hidden Content


    @Hidden Content akhirnya kamu udah pakaikah Mba? share dong..
    @mrs_doyi implan ini knp aku bayangin ngilu banget ya ditanam dalam kulit, ada efek sampingnyakah mba kira2, krn ini hormonal kan ya nggak ky IUD?

  15. #15
    Permanent Resident mrs doyi's Avatar
    Join Date
    Jul 30, 2011
    Location
    jakarta
    Posts
    728
    Mentioned
    90 Post(s)
    Tagged
    0 Thread(s)

    Default Re: Pilihanku, Kontrasepsi Jangka Panjang (IUD atau Implan)

    @Hidden Content
    hmmm... aku pribadi sebenernya belum pernah coba. tapi nampaknya ngga sakit, karena proses pemasangannya pake anestesi lokal. salah satu mantan ART aku ada yg pengguna KB implan. katanya rata-rata di tempat dia tinggal, banyak juga yg pake implan. jadi bisa lumayan umum juga ya. dan sama seperti IUD, praktis dan efisien. sekali pasang langsung efektif untuk bertahun-tahun. tinggal masalah preferensi aja.

    @Hidden Content
    alhamdulillah kl kondisi kakaknya baik Hidden Content
    semoga ngga kapok ber-kb jangka panjang yaaa... karena sebenernya pake IUD itu nyaman banget.
    kl implan, iya bisa diraba di lengan dalam. enaknya, pake implan kita bisa self-control dengan meraba posisinya di lengan Hidden Content

    @Hidden Content
    ibu bijak satu ini emang cihuy. uda ga pake galau berarti ya pas mau mutusin pake IUD. soal mens, banjir banget ya bu?? kebetulan aku ngga sampe banjir sih. cuma agak deres aja pas menstruasi hari pertama dan/atau kedua. sama agak lebih lama durasi mensnya. tapi bonusnya ngga banyak jg sih. kl dulu sebelum pake IUD, mens 5hari uda paling lama. sekarang jadi 8hari. 3hari mens ngalir merah, 5hari mens dikit sama flek. btw, ngobrol apa sih waktu itu sama dsognya...?? Hidden Content

    @Hidden Content
    haaaaiiiii....
    pasti kasus temen kebobolan ini bikin dirimu galau yaaa... *pukpuk
    mereka cerita juga tak sebabnya kenapa bisa kebobolan? jadi ikutan penasaran nih kenapanya...
    karena sebenernya, kl IUD dipasang dg tepat, sesuai batas waktu pemakaian, dan rajin kontrol posisi, risiko kebobolannya 'cuma' less than 1% lhoh... Hidden Content

    kl soal IUD yg nempel di janin, sebaiknya langsung dikonsultasikan ke dsog ya Hidden Content supaya dsog bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut, kenapa dan bagaimananya Hidden Content

    @Hidden Content
    i feel yooouuu... serius, dulu pun aku galaaaauuuu... tapi ternyata pas uda pasang IUD, nyaman banget. bebas khawatir banget kl mau berhubungan sama suami. alhamdulillah ngga ada keluhan samsek dari suami. kl ada kasus suami ngilu saat berhubungan, bisa dikonsultasikan langsung ke bidan/dsog. yg sering terjadi keluhan para suami ini disebabkan terkena gesekan benang IUD. kl memang sebabnya karena benang IUD, biasanya, bidan/dsog akan melipat benang untuk menghindari gesekan. but again, kl ada keluhan (baik dari kita atau suami) saat berhubungan dg suami terkait IUD, sebaiknya konsul langsung ke bidan/dsog.

    soal efek samping implan, biasanya tergantung acceptornya. efek samping yg mungkin muncul biasanya pola menstruasi yg tidak teratur, mens jadi lebih sedikit bahkan ngga mens. dan fyi, implan kan melepas hormon sintetis yah. nah, hormon sintetis ini membuat tubuh susah memecah karbohidrat. jadi, ada baiknya perbanyak aktivitas fisik dan rajin olahraga kl nanti jadi pakai implan ya Hidden Content
    please visit my blog and instagram ...

Page 1 of 3 1 2 3 LastLast